Home / Hukum / Politik

Sabtu, 1 Juni 2024 - 09:38 WIT

HUT Kabupaten Kepulauan Sula, Mangoli Raya Bakal di Mekarkan


Konverensi Pers Usai HUT Sula Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus

Konverensi Pers Usai HUT Sula Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus


SANANA Mahabari.com – Dalam HUT Kabupaten Kepulauan Sula membawa kado terbaik bagi masyarakat Pulau Mangoli yang dikabarkan akan dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Pasalnya, dokumen sebagai syarat pemekaran Kabupaten Mangoli Raya telah rampung dan hanya menunggu waktu moratorium dibuka.

Momentum bahagia bagi masyarakat Kepulauan Sula, khususnya warga Pulau Mangoli bahwa akan segera di mekarkan, hal ini terkuak saat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara menggelar Konferensi pers di Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, pada Jumat (31/5/2024) kemarin.

Baca Juga  Maju Pikada Halteng Edi Langkara Optimis Dapat Rekomendasi Hanura

Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus dalam acara konferensi pers mengaku bahwa, dokumen yang sebagai syarata untuk melakukan pemekaran kabupaten baru, Kabupaten Mangoli Raya telah siap.

“Kita Provinsi Maluku Utara diurutan nomor 1 yang berkasnya sudah lengkap, disiapkan untuk persiapan Kabupaten baru yaitu Mangoli Raya,” ujar Fifian.

Lanjutnya, Kelengkapan berkas untuk memekarkan kepulauan Mangoli Raya menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak dalam memenuhi dokumen yang sebai syarat penting. Selain itu pemekaran ini juga merupakan Visi-Misi FAM-SAH.

Baca Juga  Resmi Mendaftarkan Bacaleg Ke KPU PKB Kota Ternate Optimis Raih 6 Kursi

“Yang pastinya dari pemerintah daerah. saya, Bupati dan wakil Bupati lah kalau tidak. mungkin ini tidak bisa rampung, karena keinginan besar kami, sesuai visi misi kami juga ingin memekarkan Kabupaten Mangoli Raya,” Tambahnya, saat ini Pemerintah kabupaten Kepulauan Sula hanya menunggu moratorium dibuka. Ucapnya

“Selain itu. Sebagai orang sula sya bersyukur karena memiliki perwakilan di PDR RI, yang berasal dari daerah Sula, Ibu Alien Mus. semoga dengan moratorium dibuka dan presiden dilantik, kita meminta kepada DPR RI Alien Mus agar dapat masukan syarat dokumennya,” harapnya

Baca Juga  Gugatan Nasdem Diterima MK, Satu Kursi Menunggu Putusan

Tempat yang sama, Ketua Tim Kajian Dokumkonfeen Pemekaran Mangoli Raya Prof. Dr. Muhadam Labolo, manyampaikan dokumen persyaratan pemekaran daerah seperti demografi siap disaji.

“Dari empat variabel yaitu demografi ekonomi, kemudian kemampuan daerah dan keuangan dan saya kira dalam laporan sudah terpenuhi semua,” ungkap Prof. Dr. Muhadam.

 

Kontributor: Masri

Editor: Kibo


Baca Juga

Logo partai PKS

Home

Wacana Koalisi MK-BISA, PKS Itu Baru Klaim Paslon
Kantor Pengadilan Negeri Ternate

Hukum

Ketua KPPS Di Vonis 1 Tahun, Masyarakat Sesali Putusan Hakim

Home

DPD Gelora Haltim Optimis Raih 3 Kursi Pada Pemilu 2024

Politik

Nota Kesepakatan Perubahan KUA- PPAS 2022 Kota Tidore Resmi Ditandatangani
Foto 7 Orang Yang Akan Menuju Kursi DPRD Halut Dapil 1 Tobelo Dan Tobelo Utara

Politik

Berikut 7 Nama Yang Diprediksi Menuju Kursi DPRD Dapil 1 Tobelo & Tobelo Utara
Foto Hitung Ulang Surat Suara Yang Terdapat Kesalahan Angka Pada From C Palno

Hedline

PPK Selatan Kejar Deadline, Dua Kelurahan Belum Selesai

Hukum

Gabriel Ola, Pembunuh Sadis Di Hukum Mati, Kuasa Hukum Ajukan Banding

Home

PT. NHM Menunggak Pajak Air Permukaan Rp.5,6 Miliar