Home / Headline

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:56 WIT

Gelar Akreditasi RSUD Tobelo Optimis Dapat Skor Nilai Tinggi



TOBELO-Mahabari.Com, RSUD Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Rabu (25/10) gelar penilaian akteditasi. Agenda itu dinilai lansung Tim penilai Kareditasi selama dua hari 25  hingga 26 Oktober 2023. RSUD Optimis bisa meraih skor nilai tinggi usai hasil penilaian.

Agenda pembukaan peniliaian Akreditasi yang dinilai oleh LARS-DHP, dibuka lansung oleh Bupati Halut Ir Frans Manery, dihadiri Asisten II Setda Halut Bidang Administrasi Umum, dr. Devi Bitjoli, Tim Survei Re-Akreditasi, dr. Yusran Antonius, dr. Hesina Johanna Huliselan, seluruh dokter dan pegawai RSUD Tobelo serta para asesor Interal.

“Harapan kami secara institut RSUD tobelo dapat memperoleh akreditas paripurna,sesuai SOP RSUD suda terakreditasi. kami bakal  mempertahankan akreditas peripurna tahun ini.” Ujar Dirut RSUD Tobelo dr Janta.

“RSUD Tobelo kini sudah lulus di tingkat perdana sesuai dengan adanya survei akreditas, yang telah dilaksanakan pada tahun 2016, pada Tahun 2023 ini, kami akan mempertahankan kareditasi paripurna.” Katanya.

Baca Juga  Hore 310 P3K Guru Se Halut Bakal Terima SK

Direktur RSUD Tobelo dr Janta Bony mengatakan,  bahwa status akreditasi adalah wajib sesuai disyaratkan perundang-undangan atas status sebuah Rumah Sakit.

Akreditasi ini, terdapat banyak hal dinilai oleh tim penilaian akreditasi. Seperti  pelayanan, hak dan keselamatan pasien, sarana dan prasarana pendukung Rumah sakit. Termasuk kenyamanan pasien dan pekerja serta kepatuhan terhadap aturan.

“Kami tetap optimis perolehan Akreditasi Paripurna dapat kita raih. Seperti apa standar operasional prosedur (SOP) sebagai RSUD yang terakreditasi. Dan kami targetkan, RSUD tetap mempertahankan Akreditasi Paripurna,” harapnya.

Sementara Ketua tim Akreditasi Interal RSUD Tobelo, drg Suharyanto, mengatakan, kegiatan penilaian akreditas pada tahun 2023 ini, menjadi salah satu program pemerintah untuk pihak rumah sakit sebagai mutu  meningkatkan maupun keselamatan bagi masyarakat atau pasien.

Baca Juga  Seleksi Calon Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten Resmi Dibuka

“Penilaian yang di laksanakan pada tahun 2016 dan 2019, RSUD tobelo sudah mendapatkan penilaian akreditas paripurna bintang 5 dari KARS.”Cetusnya.

Lanjut Ia, Sebelum berjalanya kegaiatan , pihak LARS-DHP mempersiapan dari jau hari sejak 21 Oktober 2023 untuk menjadi penilaian akreditas. tim surveyor RSUD tobelo telah mempersiapkan dengan baik dari segi dokumen.

“pada tangal 25 oktober dapat melaksanakan penilaian secara luring maupun secara langsung,dan di siapkan beberapa Dokumen untuk menjadi penilaian apakah sesuai atau tidak,” Kantanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Proses akteditasi ini, terdapat dalam tiga bidang,  segi menejerial, kemudian dari segi medis dan Keperawatan.

“kegiatan ini harapan kita bahwa RSUD Tobelo mendapatkan status paripurna dengan baik dan hal yang paling terpenting dan diutamakan adalah pelayanan terhadap masyarakat.” Jelasnya.

Sementara Bupati Halut Frans Manery mengatakan bahwa ,harapan besar RSUD tobelo dapat memiliki level yang lebih baik, dan dapat meningkatkan akreditas dengan baik.

Baca Juga  UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan Selama Ramadhan 1445 H/2024 M

“ Selaku Pemda Halut, tetap menjadikan RSUD sebagai tempat   untuk pelayanan terhadap masyarakat.” Ujarnya

Lanjut ia, Frans mengaku sejak tahun 2015, RSUD Tobelo belum mempunyai status, nanti di tahun 2016 dilakukan penilaian perdana, dan pada tahun 2019 dilakukan penilaian akreditasi sehingga memperoleh status paripurna bintang 5, Tipe C. RSUD Tobelo, sekarang ini menjadi rumah sakit rujukan dari kabupaten terdekat, seperti Morotai, Haltim,maupun Halteng.

” harapan besar  juga untuk RSUD Tobelo lebih khsusnya pada desain mengenai dengan infrastruktur yang lebih baik dan beberapa perlatan RSUD tobelo maupun manajemen yang lebih baik,agar dapat melayani masyarakat denga baik”katanya Bupati.

Peliput Vikri

Editor Jumar


Baca Juga

Headline

Rajawali FC Optimis Bantai Karang Taruna 5-0 Rebut Tiket Semi Djordan Kusame Cup

Headline

Satnarkoba Polres Ternate Kembali Amankan 10 Sachet Ganja Dari Seorang Pria Berinisial RA

Headline

Dukung Ternate Kota Inklusif Dan Keamanan Untuk Penyandang Disabilitas

Headline

Rabu Warga Muhammadiyah Halut Pawai Ta’aruf

Headline

Sambangi Pedagang Di Pasar CBD, Rusli Sibua Di Sambut Bak Bupati Terpilih

Headline

Bawaslu Beri Pemahaman Pemilu ke Pemilih Disabilitas

Headline

Gegara Lurah Warga Talangame Bastiong Palang Kantor
Foto bersama DP2KB Sula, Bhayangkari, Persit Citra Kirana, Dinkes, DWP Sula Dalam Pelayanan KB Gratis

Headline

DP2KB Sula, Gandeng Bhayangkari, Persit Citra Kirana, Dinkes, DWP Sula Dalam Pelayanan KB