Home / Headline

Senin, 25 September 2023 - 09:05 WIT

Sengketa Enam Desa Halut – Halbar Masih Polemik


Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi


Pemrov Jadikan  Enam Desa Lumbung Sengketa Pemilu

 

TOBELO-Mahabari.Com, Sengketa batas wilayah enam Desa Halmahera Utara dan Halmahera Barat masih jadi polemik kedua Kabupaten. Lantaran Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) tidak jalan Permendagri 60 tentang titik koordinat batas wilayah.

Pasalnya, polemik sengketa batas wilayah dua Kabupaten di Enam Desa Kecamatan Kao Teluk suda memasuki 20 tahun, namun tidak kunjung tuntas. Mirisnya status warga Enam Desa pun sangat memperhatinkan.

Baca Juga  Tim Sepeda Halut Siap Berlaga di Porprov Ke- IV Malut 2022

Ironisnya, Pemrov Malut dalam penyelesaian sengketa enam desa itu, bukan menjadi solusi tetapi malah memperkeruh konflik. Buktinya hingga saat ini, Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba (AGK), tidak menyelesaikan problem sengketa di enam desa. Kondisi ini, membuat Pemda Halut dan Halbar dengan keadan tidak berdaya karena sikap acuh Pemrov Malut.

Baca Juga  DPMD Halut tak Berdaya Hadapi Kades Toweka

Pantauan media ini, kondisi Enam Desa Halut berdasarkan amanat UU bahwa Enam Desa tersebut masuk Kecamatan Kao Teluk Kabupaten Halut. Namun pihak Pemda Halbar malah bertindak melawan hukum dengan membentuk Kecamatan Jailolo Timur dengan status belum jelas. Enam Desa tersebut sengaja dipelihara Pemrov Malut sebagai lumbung sengketa pemilu.

Wabup Halut Muchlis Tapi Tapi mengatakan,  bahwa problem yang saat ini terjadi di Halut, masi terus menjadi pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai. Bahkan dengan tidak adanya ketegasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut melihat penyelesaian sengketa 6 desa, justru akan memperpanjang polemik dan selalu menjadi imunitas.

Baca Juga  Tiga Kandidat Bakal Berebut Ketua Askab di Konfrensi

“Kami melihat kewenangan provinsi menyelesaikan sengketa 6 desa masih belum ada, sehingga akan memunculkan gejolak ketika pemilu yang akan datang,” ungkapnya.

peliput Jasman

editor Kibo


Baca Juga

Headline

Dirut RSUD Serahkan DLH Halut Take Over Limba B3 Rumah Sakit

Headline

Bawaslu Halut Temukan Surat Suara Rusak

Headline

Nelayan Berkah Kayu Merah Ternate Minta Armada Sampa Laut

Headline

Dugaan Pelanggaran Kampanye Anak Kandung Gubernur Sudah Tahap Penyelidikan

Headline

Muhaimin Syarif Dicopot Dari Ketua Harian TKD Prabowo Gibran Maluku Utara
BNNP Maluku Utara Ungkap Kasus Pengedar Narkoba Antar Provinsi di Indonesia hingga Pegawai dan Napi Lapas Klas IIA Ternate

Headline

Seorang Sipir Lapas Kelas IIA Ternate, Terlibat Peredaran Narkotika Di Malut

Headline

TKD Pastikan Prabowo Gibran Raup Suara 70 Persen di Malut

Headline

DPRD Diminta Tidak Campur Penerimaan PPPK Pemda Halut