Home / Headline

Kamis, 3 Agustus 2023 - 11:19 WIT

Kembali Mencuat, Dugaan Pungli Terjadi Di Disdik Kota Ternate


Ilustrasi

Ilustrasi


Mahabari,Ternate— Ada dugaan pungutan liar (pungli) terjadi di Dinas Pendidikan Kota Ternate kembali mencuat ke publik dengan berkedok  partisipasi upacara HUT RI.

Kabar ini terkuak setelah Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani ditunjuk menjadi ketua panitia lokal peringatan HUT Ke-78 RI di tahun 2023.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pungutan jutaan rupiah ini dibebankan kepada seluruh Sekolah tingkat TK, SD dan SMP yang ada di Ternate. Muslim Gani bahkan dikabarkan sudah rapat bersama seluruh kepala-kepala sekolah di ruangannya pada Senin-Selasa kemarin.

Baca Juga  Polres Berhasil Tangkap Pelaku Persetubuhan dan Pencabulan Anak Dibawah Umur

Dalam rapat itu juga, selain membahas metode dan kesepakatan partisipasi, Kadisdik juga menekan setiap sekolah supaya tidak membocorkan hasil rapat ke publik. Informasinya, sudah ada tiga sekolah SMP yang lakukan penyetoran biaya partisipasi tersebut.

Sesuai data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, total TK, SD dan SMP di Kota Ternate berjumlah 239. Jika diakumulasikan Rp1 juta setiap sekolah, maka totalnya ditaksir mencapai Rp239 juta. Angka ini lebih besar menjadi Rp478 juta apabila seluruh sekolah menyetor Rp2 juta.

Salah satu sumber terpercaya di media ini, itu membenarkan dugaan pungli tersebut. Ia juga tak menampik jika Muslim Gani sudah melakukan rapat dengan seluruh kepala-kepala sekolah.

Baca Juga  Kuasa Hukum PT NHM Polisikan Rahim Yasin

“Dia (Muslim Gani) bilang panggil rapat, tapi rapat per gugus. Katanya, kalau panggil semua yang lain akan tidak datang, makanya panggil secara gugus saja,” katanya, Rabu, (02/08/2023).

Sumber yang meminta tidak disebutkan namanya ini menyebutkan, pungutan dengan alasan partisipasi peringatan HUT RI baru kali pertama terjadi. Kata dia, di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada.

“Kalau kurang dari Rp1 juta tara (tidak) mau ambil. Torang (kami) mau tanya tapi takut, jadi cuma diam saja. (pak kadis) juga bilang tidak boleh cerita di luar. Setahu kami hajatan nasional seperti ini sudah ada anggarannya, tapi kenapa dibebankan lagi ke kita pihak sekolah,” ujarnya.

Baca Juga  Rumah Ketua BPD Gura Dilahap Sijago Merah Hingga Ludes Terbakar

Terpisah, Muslim Gani saat dikonfirmasi mengiyakan pungutan yang dimaksud, namun beberapa detik kemudian ia ralat dengan mengalihkan ke jawaban lain sembari menyentil dugaan pungli pada saat PPDB online beberapa waktu lalu.

“Tapi jangan dulu dipublis, tunggu hari Jumat sudah,” singkatnya saat dijumpai awak media di kantornya. (Red/Alun)


Baca Juga

Headline

Forkopimda Halut Dampingi Danrem 152 Baabullah Pantau Pengamanan Natal

Headline

Wadirut NHM Beri Kuliah Umum di UMMU Ternate Ajak Kembangkan Soft Skills

Headline

DPC Demokrat Halut Siap Memenangkan Capres Prabowo di Halut

Headline

Konsisten Jaga Lingkungan, Kodim 1508 Tobelo Gelar Karya Bakti Pembersihan Sungai

Headline

Kodim 1501/Ternate Menyelenggarakan Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Pasar

Headline

Pemda Teken NPHD Anggaran KPU, Bawaslu Polres Halut dan TNI Pada Pemilu 2024

Headline

Ini Pesan Dandim 1508 Tobelo, Saat Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat

Headline

Dirut RSUD Serahkan DLH Halut Take Over Limba B3 Rumah Sakit