Home / Hukum

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:59 WIT

Dugaan Kasus Tipikor Kades Lekokadai Dilimpahkan Diam- Diam ke Inspektorat Sula



MAHABARI, SANANA- Dugaan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepala Desa Lekokadai yang ditangani Polres Kepulauan Sula sejak 2021 sampai saat ini masih mandek di meja penyidik.

Kuasa Hukum Kades Lekokadai Adha Buamona menyayangkan sikap tidak objektif penyidik Tipikor Polres Kepulauan Sula yang menangani kasus kliennya terkesan hanya jalan ditempat.

Pasalnya, proses penanganan kasus tersebut hingga kini tidak ada kemajuan, padahal sudah tiga orang diperiksa dan termasuk dua orang saksi, tetapi kasusnya malam tidak ada kejelasan.

Baca Juga  Ditresnarkoba Polda Malut Tangkap Tiga Pengedar Narkoba

“Tetapi diwaktu yang bersamaan, saya pun kaget ketika Penyidik Polres Kabupaten Kepulauan Sula diam-diam telah melimpahkan berkas kasus dugaan Tipikor kepala Desa Lekokadai ke Inspektorat Sula,” cecar Adha.

Menurut dia, kliennya justru sangat siap memberi keterangan jika dimintai, namun penyidik Tipikor Polres Sula malah menyampaikan bahwa kasus tersebut sudah diserahkan ke Inspektorat, hal ini yang sudah menyalahi prosedur hukum.

Kata dia, sesuai hasil audit Inpektorat Kepulauan Sula dan melakukan penelusun tetapi tidak ada temuan, seharusnya ada rekomendasi secara lembaga baru diperiksa unit Tipikor Polres Sula.

Baca Juga  Polisi Didesak Segera Tuntaskan Dugaan Korupsi Di KPU Haltim

Sebab dalam peraturan Kapolri nomor 12 tahun 2009 tentang pengawasan dan pengendalian penanganan perkara pidana dilingkungan kepolisian negara repoblik indonesia, bagian empat pengendalian penyelidikan, pasal 29 Poin E menyatakan dalam melaksanakan penyelidikan, penyidik dilarang melakukan penyelidikan untuk kepentingan pribadi secara melawan hukum.

Sementara, Kapolres Kepulauan Sula, AKBP Cahyo Widyatmoko, saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, terkait aduan kasus dugaan Tipikor Kades Lekokadai AMR, akan dikroscek lebih detail apakah memenuhi syarat pidana atau tidak.

Baca Juga  Dugaan Penggelapan Dana oleh Oknum PPK Morotai Timur Berinisial (AL)

“Selanjutnya barulah akan digelar perkara jika memenuhi unsur dan syarat hukum,”singkat Cahyo.

Cahyo menegaskan, untuk masalah Penyidik yang melimpahkan dugaan kasus Tipikor secara diam- diam dirinya akan berkoordinasi dengan Kanit Tipikor dan mengevaluasi kinerjanya.

Peliput : Prabowo Sibela
Editor: ZI


Baca Juga

Home

DLH Kota Ternate Tidak Tau Izin Galian C CV Karunia Quardon Perkasa

Home

Tercatat LHKPN Segini Harta Kekayaan Gubernur Maluku Utara

Ekonomi

OKP Cipayung Kecewa Wali Kota Ternate di Luar Daerah

Hukum

16 Saksi Sudah Di Periksa Dalam Kasus Pembunuhan Warga Desa Gotowasi

Hukum

Diduga Aniaya Anak 15 Tahun UPTD PPA Ternate Harap Ada Atensi Kapolda Malut Terhadap Oknum Polisi

Home

Polda Malut Kembali Berhasil Amankan Pelaku Kasus Judi, Miras dan BBM

Hukum

Kapolsek Wasile Selatan Ipda Nurmala Ismail bersama personil pada saat melakukan Razia Miras Di Kebun Warga Desa Minamin.

Hukum

Tegas Bawaslu Malut, Bakal Periksa KPU Dan Bawaslu Halsel