Home / Advetorial / Home

Senin, 7 Oktober 2024 - 17:40 WIT

HUT ke-25 Pemprov Malut, PWPM Malut Tegaskan Tujuh Poin Pinting


jumpa pers untuk menyampaikan tujuh poin penting dalam pernyataan sikap bertema

jumpa pers untuk menyampaikan tujuh poin penting dalam pernyataan sikap bertema "Arah Maluku Utara Maju." (Foto Faisal - Mahabari.com)


TERNATE Mahabari.com – Momentum Hari Ulang Tahun ke-25 Provinsi Maluku Utara, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara menggelar jumpa pers untuk menyampaikan tujuh poin penting dalam pernyataan sikap bertema “Arah Maluku Utara Maju.” Senin, (07/10/2024).

Ketua Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara, Muhammad Fadly, menegaskan bahwa pernyataan ini merupakan refleksi atas berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Maluku Utara dalam mewujudkan kemajuan di berbagai sektor.

Poin pertama yang disampaikan adalah komitmen untuk mendukung Revolusi Budaya Anti-Korupsi. Fadly mendesak agar seluruh aparat pemerintah, khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur, berkomitmen penuh dalam memberantas korupsi.

Menurutnya, kesejahteraan rakyat hanya bisa tercapai jika pejabat publik menjalankan tugas dengan jujur dan akuntabel. Ia juga mengingatkan bahwa upaya pencegahan korupsi harus disertai dengan program-program yang terukur dan berkesinambungan.

Baca Juga  Kapolres Bersama PJU Gelar Patroli Kemanan di Galela Barat

Poin kedua adalah pentingnya pelibatan masyarakat dalam pengawasan anggaran daerah. Fadly menekankan bahwa masyarakat harus dilibatkan secara aktif dalam mengawasi dan mengkritisi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Masyarakat berhak tahu dan memastikan bahwa anggaran yang digunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan untuk kepentingan rakyat,” tegasnya.

Dalam poin ketiga, Fadly mendorong keterbukaan dalam pengelolaan APBD. Ia menekankan bahwa pemerintah provinsi perlu mempublikasikan informasi terkait anggaran secara berkala dan terbuka kepada masyarakat.

“Kami mendesak pemerintah untuk menyediakan akses informasi yang mudah, misalnya melalui situs web resmi yang selalu diperbarui, sehingga masyarakat bisa memantau penggunaan anggaran,” jelasnya.

Fadly juga menyoroti pentingnya  Pengembangan Program Kemandirian Pangan  dalam poin keempat. Pemuda Muhammadiyah mendukung penguatan sektor pertanian lokal dan program transmigrasi guna mengurangi ketergantungan Maluku Utara terhadap pasokan pangan dari luar wilayah.

Baca Juga  PDPM Halsel Mengusung Muhammad Fadly Calon Ketua PWPM Malut

“Program ini harus melibatkan petani lokal agar kemandirian pangan bisa terwujud,” tambahnya.

Penerapan nilai-nilai syariah dalam penegakan hukum juga menjadi sorotan dalam poin kelima. Fadly menyampaikan bahwa Pemuda Muhammadiyah mendukung upaya empat Kesultanan Islam di Maluku Utara untuk menerapkan hukum yang tegas, terutama dalam menangani kasus-kasus pencurian dan korupsi. Hal ini, menurutnya, akan memberikan efek jera sekaligus menjaga integritas hukum di provinsi ini.

Poin keenam menyoroti pentingnya membuka akses lapangan kerja. Fadly menekankan perlunya pameran lapangan kerja yang digelar secara berkala untuk memberikan alternatif pekerjaan bagi masyarakat.

Ia menambahkan bahwa sektor yang ditekankan sebaiknya tidak hanya fokus pada industri ekstraktif, namun juga sektor-sektor lain yang memiliki potensi besar.

Baca Juga  Gapeknas Halut Pertanyakan Pembayaran Proyek Pihak ke Tiga

Terakhir, poin ketujuh menyoroti pentingnya membangun interkonektivitas antar-kabupaten dan kota di Maluku Utara. Menurut Fadly, pembangunan infrastruktur harus disesuaikan dengan potensi alam dan sumber daya yang dimiliki oleh setiap wilayah.

Dengan demikian, setiap kabupaten dapat berkembang sesuai dengan keunggulan masing-masing, baik di sektor pariwisata, pertanian, maupun perikanan.

Pernyataan sikap ini menjadi salah satu wujud komitmen Pemuda Muhammadiyah untuk turut serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Maluku Utara.

Sekedar diketahui dalam Jumpa Pers Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara “Arah Maluku Utara Maju” itu dihadiri Ketua wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Utara Muhammad Fadly, Sekretaris Samsir Hamajen, Bendahara Munawir Muhammad, Akademisi Rahmat Abd Fatah. Dan Pengurus PWPM Malut.

 

Peliput: Faisal

Editor: Faisal


Baca Juga

Hedline

Bakar Sampah Dihalaman, Satu Unti Rumah Sewaan Ludes Dilahap Api

Home

Seorang Siswa SMA Negeri 2 Ternate Dianiaya Oknum Polisi “DP3A Lambat”

Home

Pemprov Malut Tunggak DBH Pemkab Halut Rp. 60 Miliar, DPRD Palang Kantor Samsat

Hedline

Retribusi Parkir Bakal Naik, DPRD Kota Ternate Minta Dishub Maksimalkan Pengawasan
Logo partai PKS

Home

Wacana Koalisi MK-BISA, PKS Itu Baru Klaim Paslon

Home

UT Ternate bersama SMA 10 Ternate gelar Ramadan To School

Home

Gapeknas Halut Pertanyakan Pembayaran Proyek Pihak ke Tiga

Home

Mengenang Dua Tokoh Togale Masuk 100 Tokoh Muhammadiyah Menginspirasi