Home / Ekonomi

Kamis, 4 Juli 2024 - 11:10 WIT

Menekan Inflasi, Pemda Halteng Bagi Bibit Cabai dan Tomat ke Petani


Pj. Bupati Halmahera Tengah Ikram Sangadji, Sosialisasi Dengan Penyuluh dalam Pembagian Bibit Untuk 10 Kecamatan (foto Radarmalut.com)

Pj. Bupati Halmahera Tengah Ikram Sangadji, Sosialisasi Dengan Penyuluh dalam Pembagian Bibit Untuk 10 Kecamatan (foto Radarmalut.com)


HALTENG Mahabari.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Dinas Pertanian menggelar pertemuan dengan penyuluh di 10 kecamatan untuk diberikan bantuan bibit cabai dan tomat secara langsung sebagai bentuk dalam penanganan inflasi. Selain itu untuk berbagi informasi terkait pengembangan sektor pertanian kepada penyuluh.

Melalui Dinas Pertaian bahwa di tahun ini akan bekerja ekstra untuk meningkatkan produksi pertanian. Penyuluh bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan terkait bantuan Yeng telah diberikan seperti benih maupun alat dan mesin pertanian. Ucap Kadis Pertanian Usmar Ohorellah

Baca Juga  Kedepannya Komoditi Jagung, Kedelai Dan Lahan Tani Akan Menjadi Prioritas

Kepala dinas pertanian “Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk terus mengajak petani dalam melakukan aktivitas bertani sehingga meningkatkan kemandirian petani. Alsintan yang telah diberikan agar menunjang proses bertani,” Rabu (03/07/2024).

Selain itu, dalam pengembangan serta peningkatan dalam sektor pertanian, hal itu merupakan strategi dan kebijakan Dinas Pertanian dalam melakukan pembinaan, guna optimalisasi lahan pangan (sawah) seluas 500 Ha dengan target produksi 2100 ton per tahun. Jelas Pj Bupati Halmahera Tengah Ikram Sangadji

Lanjutnya, karena itu Kami memberikan tanggung jawab kepada seluruh penyuluh agar dapat mendukung sepenuhnya program Dinas Pertanian terkait pengembangan lahan sawah, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Tambahnya

Baca Juga  Maju Pikada Halteng Edi Langkara Optimis Dapat Rekomendasi Hanura

Sehingga Dalam peningkatan produksi itu dapat meningkatkan inflasi. Maka Ikram pun memberikan semangat kepada penyuluh untuk terus berbagi informasi berupa peningkatan data produksi. Selain itu, Ia katakan, bakal menjamin nasib para tenaga penyuluh khususnya pegawai tidak tetap (PTT).

“Penyuluh untuk terus memberikan informasi terkait peningkatan dan pengembangan pertanian di lokasi penyuluhan masing-masing. Saya akan memastikan bahwa penyuluh PTT akan terus di kontrak sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” paparnya.

Baca Juga  Tim TPID Gelar Rapat Triwulan Untuk Jaga Keseimbangan Inflasi Jelang Idul Adha

Untuk diketahui, pada minggu kedua bulan Juli 2024 mendatang, Dinas Pertanian bersama tenaga penyuluh dan petani akan melakukan pembersihan lahan sawah untuk kegiatan penanaman padi besar-besaran dibeberapa Desa.

Yakni, di Desa Lembah Asri, Wairoro Indah dan Sumber Sari di Kecamatan Weda Selatan dan juga di lahan sawah Desa Persiapan Era Fagogoru (SP 1 Trans Waleh) di Kecamatan Weda Selatan.

 

Peliput: Faisal

Editor: Kibo


Baca Juga

Budaya

Ternate Darurat Lahan Parkir

Ekonomi

Mulai Besok, Tarif Angkutan Umum di Kota Ternate Naik

Ekonomi

OKP Cipayung Kecewa Wali Kota Ternate di Luar Daerah

Ekonomi

Sejak Pertama Ramadan, Ikan Asap Di Pasar Barito Harga Berfariasi

Ekonomi

Wali Kota Ternate Berharap Dengan MoU Bisa Akhiri Dialog BBM

Ekonomi

Pertamax Melambung Tinggi, Stok Pertalite Terbatas, Supir Angkot dan Ojek Menjerit

Ekonomi

Tim Satgas Masih Tunggu Penentuan Harga BBM Eceran Dari Pertamina

Ekonomi

“Selain OTT” AGK Juga Tercatat Mengobral 54 Izin IUP Di Maluku Utara