Home / Headline / Nasional

Senin, 27 Mei 2024 - 11:24 WIT

Malut & Pulau Kecil Dapat Perhatian Serius, Dalam Sejarah World Water Forum ke-10,


Foto Humas BWS Maluku Utara Saat Pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali

Foto Humas BWS Maluku Utara Saat Pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali


TERNATE Mahabari.com – Indonesia sebagai negara kepulauan yang indah ternyata menyimpan banyak duka yang dalam, khususnya terkait persoalan akses terhadap air bersih. Persoalan pulau-pulau kecil ini juga diangkat di dalam Forum Air Dunia ke-10 yang dihadiri kurang lebih 9.477 delegasi dari 104 negara.

Dalam High Level Panel (HLP 12) Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Island yang berlangsung di auditorium Medan, Bali International Convention Center.

Sehingga pulau-pulau kecil mendapat sorotan dalam kurang lebih 244 sesi forum WWF di Bali. Masalah ketahanan air di pulau-pulau kecil ini ,mendapat perhatian serius dalam sesi World Water Forum ke-10, Pada Selasa (21/05/24) kemarin.

Baca Juga  Musdalub PD Tidar Malut Sukses Digelar

Selain itu, Center of Excellence (CoE) berhasil dideklarasikan di WWF ke-10 di Bali sebagai Solusi untuk mengatasi masalah perubahaan iklim dan ketahanan air. Deklarasi ini merupakan deklarasi tingkat Menteri pertama sepanjang Sejarah. Indonesia patut berbangga dengan dideklarasikan center of excellence oleh menteri Basuki Hadimuljono dalam pergelaran World Water Forum ke-10 di Bali.

Center of Excellence adalah jawaban dari tantangan iklim dan ketahanan air di Indonesia. Salah satu prioritas dalam deklarasi ini adalah terkait pengelolaan sumber daya air terpadu di pulau-pulau kecil.

Balai Wilayah Sungai Maluku Utara sebagai unit pelaksana teknis dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR merespon deklarasi ini sebagai tonggak awal Maluku Utara untuk lebih memberikan perhatian khusus kepada pulau-pulau kecil yang rentan dengan perubahan iklim dan akses terhadap air bersih.

Baca Juga  Puluhan Ribu Masa Aksi Bela Palestina Padati Kota Ternate

 “Maluku Utara memiliki banyaknya pulau-pulau kecil yang sebagian besarnya masih terkendala akses air bersih. Dengan adanya deklarasi ini, kita berharap pada tahun ini program-program ketahanan air dapat di tingkatkan untuk menjawab persoalan tantangan perubahan iklim dan ketahanan air di pulau-pulau terpencil.” Ungkap Kalpin Nur, Kepala BWS Maluku Utara

Dalam World Water Forum, Kalpin Nur, yang didaulat sebagai Person in Charge (PIC) dalam sesi HLP17 di BNDCC, Bali. Mengatakan bahwa, Menurut data statistik tahun 2023, Provinsi Maluku Utara memiliki pulau sebanyak 1.474 pulau, Dimana terdapat 89 pulau yang dihuni dan 1.385 pulau yang tidak berpenghuni. Sebanyak 89 pulau yang dihuni 87% masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.

Baca Juga  BPIP Dan Mabesad Kunjungi Kampung Pancasila Desa Talaga Paca

Perhelatan World Water Forum ke-10 di Bali ini menjadi ajang Indonesia untuk tampil ke dunia internasional untuk membahas sekaligus merumuskan kebijakan tata kelola air dan isu-isu air secara global serta menjadikan Indonesia sebagai Center of Excellence of Water.

Sehingga ini harus menjadi perhatian agar 89 pulau atau sebanyak 87% yang berpenghuni di Maluku Utara mendapatkan akses Air bersih yang selama ini masih mengalami kesulitan.

Pemberian ini di rilis dari editor Humas Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara pada Senin (27/05/24)

Peliput: Faisal

Editor: Kibo


Baca Juga

Headline

Universitas Terbuka Ternate Lakukan Webinar Persiapan Pembelajaran 2023 – 2024 ganjil

Nasional

Kuker di Pulau Maitara, Menteri Desa PDTT RI Didampingi Wali Kota Tidore
Serikat Pekerja PT. Antam Saat Memberikan Bantuan Atas Korban Kebakaran Di Pasar Fadeldela Buli Halmahera Timur

Headline

Serikat Pekerja PT. Antam (SEPAKAT), Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Headline

Kuasa Hukum PT NHM Polisikan Rahim Yasin

Headline

Bawaslu Halut Temukan Surat Suara Rusak

Headline

Ini Aturan Kampanye 2024 Yang Bisa Dan Tidak Boleh Dilakukan

Headline

32 Tahun Hari Air Dunia, BWS Malut Lakukan Kegiatan SDA Goes To School SD 36

Headline

HMI Ternate, Tauhid Soleman Gagal Total! Sebagai Walikota