Home / Ekonomi

Minggu, 16 Juli 2023 - 15:31 WIT

Kelompok Tani Bedato Mandiri Kelurahan Jati Panen Ratusan Kilogram Tomat


Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly (Kaos Merah) Saat Ikut Memanen Tomat Kelompok Tani Bedato Mandiri

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly (Kaos Merah) Saat Ikut Memanen Tomat Kelompok Tani Bedato Mandiri


Mahabari,Ternate- Kelompok tani Bedato Mandiri di Rt 3 Kelurahan Jati, Kecamatan Ternate selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku utara melakukan panen raya tomat, panen kali ini ditaksir hingga ratusan kilogram. Sabtu,15 juli 2023.

Kelompok Tani Bedato Mandiri ini diketahui, merupakan salah satu dari ratusan Kelompok tani binaan Dinas  Pertanian Kota Ternate yang belum lama ini dibentuk.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly saat diwawancara mahabari.com mengatakan, Panen yang dilakukan hari ini sudah masuk panen ke tiga sejak lahan milik Daeng Barang ini digarap warga sekitar. Dulunya lahan ini dipenuhi tumpukan sampa.

Dikatakan, Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian akan selalu memberikan support. Selain itu, pihaknya berharap semua kelurahan di Kota Ternate bisa menanam seperti ini. Tahun ini kelompok Bedato Mandiri bakal dapat bantuan sarana produksi dan fasilitas pendukung lainya.

Baca Juga  ISSAP; Edaran Wali Kota Tentang Pengendalian Harga BBM Hanya Pembodohan Publik

” Kita bisa lihat sendiri kelompok yang dibentuk ini alhamdulilah ada hasilnya. Jadi, dari Distan memberikan apresiasi karena pertanian itu bisa mengahsilkan menghasilkan uang. Saya berharap semua kelurahan di Kota Ternate bisa menanam seperti ini karena ini sangat  penting dalam menunjang perekonomian.“ Kata Thamrin.

Dengan adanya Kelompok tani ini lanjut Thamrin, bisa membantu masyarakat dalam ketersediaan stok dan cadangan pangan. “ dan alhamdulillah  cukup  luar biasa Pemkot ternate dalam hal ini Distan akan selalu memberikan support.Semua ini kan ada bantuaann-bantuan dari pemerintah, jadi kalau apa-apa pasti akan di  bantu “ ucapnnya.

Ratusan Kilogram Tomat Yang di Panen

Mantan Kadis Kominfo ini menuturkan, kelompok ini juga nanti menjadi titik urban farming yang di gagas Distan saat ini. Sekarang Kota ternate mempunyai 148 kelompok tani aktif yanng didorong menanam tomat.

Baca Juga  Pemkot Ternate Akan Tertibkan Lapak di Kawasan Reklamasi Mangga Dua

“ Tomat itu alhamdulillah sudah bisa mencapai target pemerintah, tinggal  sekarang nanti berkut di fokuskan cabe dan bawang. Karena paling tidak  pertanian bisa membantu ekonomi masyarakat itu yang paling penting.” Pintanya.

Thamrin bilang, soal pasar pasca panen petani di kota ternate ini berbeda dengan  petani di luar Kota ternate. Petani di luar Kota ternate harus membutuhkan akses, tetapi jika disini  tinnggal dijual ke masyarakkat dan pedagang yang ambil sehingga petani  di ternate diminta untuk tidak ragu dalam menanam.

“ saya mengajak kepada masyarakat Kota Ternate mari ramai-ramai menanam. Ternate tidak perlu untuk menjual jauh hasil  panen petani stok  lokal saja  sudah cukup. Kita punya penduduk 200 jiwa lebih dann itu sudah cukup. nanti tahun depan kita  akan dorong menjadi  sentral cabe , nanti kita kasih cultivator sebagai penunjang supaya  mereka tidak repot lagi  buat garap  lahan untuk menanam.” Imbuhnya.

Baca Juga  Sopir Angkot di Ternate Keluhkan Rencana Kenaikan BBM Subsidi

Terpisah, Kepala Kelurahan Jati Jaim S.IP menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pemilik lahan yang sudah mengijinkan warga sekitar untuk menanam di lahan ini, sehinngga Lahan dengan status pinjam pakai ini bisa dimanfaatkan kelompok Bedato Mandiri.

“ Kedepan kelompok Bedato Mandiri akan mencoba untuk memanfaatkan lahan kuburan, karena lahan itu masih luas kemarin sudah di cek. Saya juga  berharap kedepan bisa lebih di kembangkan lagi.” Pungkasnya. (Red/Alun)

 

 


Baca Juga

Ekonomi

Direlokasi di Lokasi Benteng Oranje, Sejumlah Pedagang Pilih Tidak Berjualan

Ekonomi

Kain Tenun Tidore Berpotensi Dikembangkan Pada Level Nasional

Ekonomi

Pasar Tidak Aktif, Fahmi Musa Nilai Disperindag Halut Miskin Kreativitas

Ekonomi

Pemkot Ternate Tempatkan Pedagang Pakaian di Lahan Parkiran Pasar Hieginis

Ekonomi

Rencana Kenaikan Harga BBM Akan Berdampak Pada Daya Beli Masyarakat

Ekonomi

ISSAP; Edaran Wali Kota Tentang Pengendalian Harga BBM Hanya Pembodohan Publik

Ekonomi

Dinsos Mulai Salurkan BLT BBM di Empat Kelurahan di Kota Ternate

Ekonomi

Mulai Besok, Tarif Angkutan Umum di Kota Ternate Naik