Home / Ekonomi / Nasional

Senin, 5 Agustus 2024 - 18:53 WIT

Waspada! Uang Palsu Ditemukan Beredar di Ternate


Ditemukan Satu lembar Uang Palsu Pecahan RP 100 Ribu Rupiah di Counter Sandi Cell Kelurahan Mangga Dua Utara.

Ditemukan Satu lembar Uang Palsu Pecahan RP 100 Ribu Rupiah di Counter Sandi Cell Kelurahan Mangga Dua Utara.


TERNATE Mahabari.com – Meningkatnya perputaran uang di kota Ternate yang cukup tinggi. sehingga masyarakat diminta waspada dalam melakukan transaksi tunai. Agar terhindar dari peredaran uang palsu saat ini

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Kehumasan Bank Indonesia M. Malik Ibrahim saat di temui awak media di ruang kerjanya Senin (05/08/2024).

Dirinya mengatakan bahwa dari pihak bank sendiri selalu melakukan sosialisasi dalam membedakan ciri-ciri Uang palsu melalui program Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP-Rupiah) kepada masyarakat hingga ke sekolah dasar agar terhindar dari peredaran uang palsu, seperti yang terjadi saat ini.

Baca Juga  Kuker di Pulau Maitara, Menteri Desa PDTT RI Didampingi Wali Kota Tidore

Selain itu dirinya juga meminta kepada masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transaksi tunai.

Menurutnya jika ditemukan Uang palsu Masyarakat diminta Membawa uang tersebut Ke bank Indonesia untuk diperiksa jenis kepalsuannya seperti apa agar ditindaklanjuti.

Staf Kehumasan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Fauji Wijaya juga  menambahkan, di awal tahun 2024 ini pihaknya juga telah menemukan peredaran uang palsu.

Seperti yang terjadi Counter Sandi Cell Ternate Selatan kelurahan Mangga dua utara. Yang saat ini telah menjadi korban peredaran uang palsu dengan Pecahan RP 100 rupiah

Baca Juga  Eco Bhinneka Soroti Penanganan Sampah di Kota Ternate

Menurut salah seorang karyawan yang ditemui awak Media enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa, selembar uang kertas dengan pecahan Rp 100 ribu itu tidak terdeteksi secara kasat mata.

Hal itu karena uang tersebut terlihat sangat mirip dengan uang asli yang di keluarkan Bank Indonesia.” Kalau dilihat saja pasti tidak di ketahui.” Ucapnya

Namun saat dirinya bersama rekanan yang lain melakukan penyetor ke boss pemilik counter usai bekerja sekitar 3 bulan yang lalu. Namun saat itu tidak diketahui terdapat uang palsu di dalamnya.

Baca Juga  Cabup Haltim, Farel Incar Rekomendasi Golkar

Uang palsu itu ditemukan saat dimasukan ke dalam mesin hitung uang (Money Counter) Barulah diketahui terdapat satu lembar uang palsu karena mesin tersebut mengeluarkan alarm. Tuturnya.

Untuk diketahui uang Palsu tersebut menggunakan dua lapis kertas yang menjadi satu, jika di terawang tidak terdapat watermark. Selain itu juga garis pita atau benang dibuat semirip mungkin seperti uang pecahan Rp 100 ribu rupiah. Namun benang tersebut terlihat menggumpal.

 

Peliput: Faisal

Editor: Faisal


Baca Juga

Home

Tercatat LHKPN Segini Harta Kekayaan Gubernur Maluku Utara

Nasional

Ini Lima Nama Timsel Bawaslu Malut Yang Lolos

Ekonomi

Jelang Arus Mudik, Antrian Panjang Pembelian Tiket Kapal di Pelabuhan Ternate

Ekonomi

Mulai Besok, Tarif Angkutan Umum di Kota Ternate Naik

Ekonomi

Pasar Tidak Aktif, Fahmi Musa Nilai Disperindag Halut Miskin Kreativitas

Ekonomi

ISSAP; Edaran Wali Kota Tentang Pengendalian Harga BBM Hanya Pembodohan Publik

Ekonomi

OKP Cipayung Kecewa Wali Kota Ternate di Luar Daerah

Nasional

Irene Hadirkan Menteri PUPR di Lokasi Banjir Bandang Rua, Warga Dapat 50 Rumah dan Fasilitas Lainnya