Home / Headline

Kamis, 30 Mei 2024 - 12:18 WIT

Status Tanggap  Darurat Gunung Ibu di Perpanjang Hingga Empat Belas Hari


Foto Tenda Barag Pengungsi gunung Api Ibu Halmahera Barat

Foto Tenda Barag Pengungsi gunung Api Ibu Halmahera Barat


HALBAR Mahabari.com – Bencana alam yang terjadi pada 13 Mei 2024 di gunung ibu Halmahera Barat sampai saat ini masi mengeluarkan abu vulkanik. sehingga masa tanggap darurat Masih akan di perpanjang.

meskipun status gunung api ibu sudah mulai cenderung turun namun status awas belum bisah di cabut. Sehingga sebagian warga masih berada di lokasi pengungsian.

Baca Juga  Dapat Sinyal Dari 3 Petinggi Partai, Firman Mudaffar Sjah Siap Bertarung Di Pilwako Ternate

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto saat melakukan peninjau langsung di lokasi pengungsian bencana erupsi gunung api ibu,

Mengatakan bahwa, status awas tanggap darurat belum bisa di turunkan.  mengingat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan tingkat aktivitas gunung api ibu dalam level empat atau awas.

Sehingga tanggap darurat atas erupsi gunung api ibu Halmahera Barat di perpanjang sampai dengan empat belas hari kedepan.

Baca Juga  Sebagai Acuan Dasar, Bappeda-Litbang Morotai Gelar Konsultasi Publik.

Selain itu kedatangan Letjen TNI Suharyanto pada kamis tadi (30/05/24), juga untuk memastikan situasi di tenda pengungsian korban bencana erupsi gunung api ibu halmahera barat.

Bukan hanya itu letjen TNI Suharyanto juga menyambangi para warga yang berada di lokasi tenda pengungsian untuk berdialog

Letjen TNI Suharyanto juga membagikan bantuan secara simbolis kepada para pengungsi. bantuan yang di berikan ini  berupa sembako, alas tidur, baby kit, higene kit, dan makanan ringan.

Baca Juga  Bawa Angin Segar, Sahril Abdurrajak Berpeluang di NasDem

Sekedar diketahui saat ini berdasarkan laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa total pengungsi mencapai 2.011 jiwa yang telah dilakukan evakuasi akibat erupsi gunung ibu di kabupaten halmahera barat.

Peliput: Faisal

Editor: Kibo


Baca Juga

Foto Bersama Ketua DPD Gerindra Sahril Taher (kiri), Walikota Ternate M. Tauhid Soleman (tengah), DPRD Provinsi Terpilih Periode 2024-2029 Machmud Esa (kanan), Juga Sebagai Calon Walikota Ternate Dari Partai Gerindra

Headline

Tauhid Soleman Tidak Dilirik, Gerindra Punya Calon Walikota Sendiri

Headline

Ketua DWP Morotai Minta HUT DWP Ke-24 Dijadikan Bahan Evaluasi Dan Intropeksi

Headline

Tiga Kandidat Bakal Berebut Ketua Askab di Konfrensi

Headline

Pemda Teken NPHD Anggaran KPU, Bawaslu Polres Halut dan TNI Pada Pemilu 2024

Headline

Produk Asli Ikan Bubala Jambula Berhasil Tembus Toko Oleh-Oleh Nomor Satu di Ternate

Headline

Akademisi : Pengangkutan Limba B3 DLH Ada Inovatif

Headline

BKD Halut Tunggu Penolakan Resmi DPRD

Headline

Polres Halut Gelar Natal Oikumene Wujudkan Pemilu Damai