Home / Headline

Selasa, 16 April 2024 - 19:27 WIT

UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan Selama Ramadhan 1445 H/2024 M


UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan, Halmahera Selatan

UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan, Halmahera Selatan


HALSEL Mahabari.com – Kegiatan mubaligh hijrah Ramadhan menjadi agenda tahunan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Agenda tahunan ini juga sebagai realisasi visi misi universitas dengan falsafah dasar dakwah berbasis kepulauan.

Pada agenda mubaligh hijrah Ramadhan kali ini UMMU kembali mengirim dai /daiyahnya berjumlah 10 orang terdiri dari 8 orang mahasiswa dan 2 orang Ustdz pendamping yang dikomandoi langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Dr. La Ode Ilman, Lc. M. Pd.

Baca Juga  Wakapolda Malut: Anggota Polri Harus Netral di Pemilu 2024

Pada sambutan yang diutarakan saat acara serah terima dai/daiyah tanggal 10 Maret 2024, Pak Dekan menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Prof. Dr. Saiful Deni, S. Ag, M. Si dan juga kepada Kepala Desa Fluk Ibu Rita Mahmud atas dukungan yang luar biasa sehingga program dakwah berjalan lancar dan semua dai/daiyah terdistribusi sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui, semua tenaga dai yang ikut serta dalam program tersebut disebar di tiga masjid dan berada pada lokasi yang berbeda dibanding dengan mubaligh hijrah pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga  Sengketa Enam Desa Halut - Halbar Masih Polemik

Pada tahun ini agenda dakwah selama Ramadhan difokuskan di Desa Fluk, Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan. Fluk sebagai lokasi yang dipilih tergolong paling jauh semenjak program mubaligh hijrah UMMU digulirkan, pasalnya untuk sampai ke tujuan tersebut perjalanan ditempuh selama dua hari tiga malam menggunakan armada laut dengan menyambangi banyak pulau mulai dari Ternate-Bacan-Madopolo-Jikotamo-Kawasi-Soligi-Waya Luar-Oci-Gambaru dan Fluk.

Jarak yang jauh ternyata tak menyurutkan semangat para dai/daiyah untuk menjalankan program -program dakwah mubaligh hijrah selama Ramadhan . Adapun program unggulan yang dilaksanakan oleh para dai adalah majelis taklim, khutbah jumat, imam rawatib, imam taraweh, kuktum Ramadhan, pembelajaran Tahfizh dan tahsin Qur’an kepada anak-anak TPQ dan pembelajaran ilmu tajwid khusus ibu ibu majelis taklim desa Fluk.

Baca Juga  Kekerasan Dan Penganiayaan Wartawan Malut, PWI Pusat Siap Presur Ke Dewan Pers

Program mubaligh hijrah Ramadhan akan berakhir dengan penarikan mahasiswa atau dai/daiyah pada hari Selasa tanggal 17 April 2024 M. Pada acara tersebut juga turut dihadiri langsung oleh kaprodi komunikasi penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Bapak Fauji Ilyas, S. I. Kom, M. I. Kom.

 

(Kru)


Baca Juga

Headline

Thoriq Dan Nazlatun Terancam Pidana Satu Tahun

Headline

Tutup Tournamen Banteng Cup I, Ketua PBVSI Malut Optimis Kembangkan Cabor Volly Di Malut

Headline

KNTI Dan Nelayan Di Kecamatan Mortim Gelar Diskusi Perunahan Iklim Pesisir

Headline

Bawaslu Kota Ternate Pentingnya Sosialisasi Mengawas Dan Mengawasi Logistik Pemilu

Headline

Jelang Natal Tahun Baru Harga Cabe Rawit Dan Keriting Melambung Tinggi

Headline

Samsul Bahri Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Halut

Headline

GMKI Tobelo Ketemu Sekda Hering Bahas Tuntutan Aksi

Headline

Wakil Ketua DPRD Halut Kecam Kepala UPTD Samsat