Home / Politik / Redaksi

Minggu, 12 Maret 2023 - 09:31 WIT

Hadirnya Satgas Dana Desa Dinilai “Menguras” APBD dan Berbau “Politik”


Aktivis Muda Halmahera Timur Arjun Onga

Aktivis Muda Halmahera Timur Arjun Onga


MAHABARI, HALTIM-Langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mewujudkan misi Reformasi Birokrasi dan Tata Kelolah Pemerintahan melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Faduli dinilai tepat. Mengingat hal ini sejalan dengan rumusan RPJMD yang bertujuan mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam partisipasi pembangunan demi terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Dalam Mou tersebut, Telah disepakati bahwa disamping melakukan pendampingan hukum LBH juga melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh para Kepala Desa.

Baca Juga  Sopir Angkot di Ternate Keluhkan Rencana Kenaikan BBM Subsidi

Akan tetapi, disisi lain, dengan tujuan yang sama Pemda turut membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa. Dimana dalam pelaksanaan tugasnya baik LBH maupun Satgas menggunakan instrumen penganggaran yang bersumber dari APBD. Pada posisi ini lah, langkah pemerintah Ubaid- Anjas dinilai “Menguras “ anggaran daerah. Hal Ini disampaikan Aktivis muda Halmahera timur Arjun Onga kepada Mahabari.com. Sabtu 11 maret 2023.

Baca Juga  Pilbup 2024, Nama Bupati Kepulauan Sula Tidak Masuk Rekomendasi PDIP

Menurut Arjun, Bupati Ubaid harusnya lebih mengefisiensi anggaran daerah dalam mengeksekusi program kegiatan yang merupakan penjabaran dari visi misi.

“Pada prinsipnya kami mendukung Langkah Bupati dalam penandatanganan MoU dengan LBH Faduli demi terselenggaranya pemerintahan yang baik sebagai wujud dari mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam pembangunan peningkatan pelayanan publik. “ Ungkap Arjun.

Arjun menduga, hadirnya tim satgas memiliki afiliasi politik menjelang pilkada 2024. Sebab hal itu tidak tertuang dalam RPJMD dan dibentuk pada akhir masa periode.

Baca Juga  Tiga Program Strategi Firman Mudaffar Sjah, Calon Walikota Ternate

Dikatakan, Bupati mestinya lebih fokus pada program kegiatan yang dicanangkan dalam RPJMD karena itu akan berimplikasi positif di akhir periode.

“ Bupati fokus saja pada MoU dengan LBH Faduli karena hadirnya satgas menjelang tahun politik akan berimplikasi buruk pada citra pemerintahan saat ini.” Pungkasnya.

Peliput: Rian


Baca Juga

Redaksi

Wali Kota Ternate Enggan Komentari SE MenPAN-RB Terkait Pegawai Non ASN

Redaksi

SEPAKAT PT. Antam UBPN Sultra dan Malut Bagi Takjil Ramadhan

Redaksi

Cuaca Buruk Diperairan Halsel, KM. Imelda 03 Tidak Diizinkan Berangkat

Ekonomi

GMNI dan Organda Lakukan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Subsidi di Halut

Olahraga

Logo dan Maskot Porprov Ke- IV 2022 Resmi di Launching Gubernur Malut

Redaksi

Wali Kota; Sail Tidore 2022 Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Redaksi

USAID dan MPKU PP Muhammadiyah Ajak Semua Elemen Masyarakat Untuk Vaksin

Redaksi

Bekas galian perbaikan pipa air jalan raya jati perumnas dapat menyebabkan kecelakaan