Home / Headline

Kamis, 11 Juli 2024 - 15:33 WIT

Eco Bhinneka Soroti Penanganan Sampah di Kota Ternate


Eco Bhinneka Mengadakan Seminar dan Kampanye Asksi Lintas Iman Season II dengan tema Peran Sain dan Teknologi dalam pengelolan Lingkungan Hidup. foto (Usman Mansur) - mahabari.com

Eco Bhinneka Mengadakan Seminar dan Kampanye Asksi Lintas Iman Season II dengan tema Peran Sain dan Teknologi dalam pengelolan Lingkungan Hidup. foto (Usman Mansur) - mahabari.com


TERNATE Mahabari.com – Eco Bhinneka Mengadakan Seminar dan Kampanye Asksi Lintas Iman Season II dengan tema Peran Sain dan Teknologi dalam pengelolan Lingkungan Hidup di Kota Ternate

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Kehutan Provinsi Maluku Utara, Bappeda Kota Ternate, Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Tokoh agama Lintas Iman dan Pemuda dan Perempuan Lintas iman serta Komunitas-Komunitas yang bergerak dalam bidang Kelestarian lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bersama lingkungan merupakan faktor utama dalam keberlangsungan hidup manusia, pengelolaan lingkungan yang tepat akan mampu memberikan manfaat bagi hidup itu sendiri.

Berdasarkan Catatan Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate tahun 2023, volume sampah di tahun 2023 mengalami peningkatan dari 180 ton perhari menjadi 200 ton perhari. DLH Kota Ternate saat ini hanya fokus melakukan pengangkutan dan pemilahan sampah yang hanya berputar pada trans depo dan berakhir pada tempat pembuangan akhir.

Baca Juga  Gegara Lurah Warga Talangame Bastiong Palang Kantor

Kota ternate sebagai kota berkembang yang selalu melakukan pembenahan dalam melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Pembangunan yang dilakukan oleh Kota Ternate tentu tidak terlepas dari pengelolaan lingkungan hidup yang khususnya permasalahan sampah, yang mana jika dikelola secara benar dan tepat akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta terjaminnya kelestarian lingkungan hidup.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan, meningkatkan pengelolaan sampah menggunakan teknologi modern oleh pemerintah dan penetapan aturan penegakan hukum dibidang lingkungan.

Baca Juga  Buah Kelapa Muda Pelengkap Menu Buka Puasa

problem lingkungan di Kota Ternate sangat serius sehingga melibatkan seluruh stakeholder, baik pemuda dan pemuka lintas iman turut serta bersuara dan memberikan solusi dalam problem lingkungan di Kota Ternate.

Dalam menghadapi kemajuan sains dan teknologi Eco-Bhinneka Muhammadiyah turut serta dalam mengikuti perkembangan kemajuannya, maka peningkatan dan penggunaan teknologi yang sangat pesat perlu untuk digunakan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Dalam Penyampaian sambutan Ibnu Khaldun menyampaikan “Bahwa kehidupan kita bergantung dengan lingkungan. sehingga setiap Warga Negara Menikmati Hak dasar salah satu nya Hak Lingkungan Hidup yang sehat yang patu di Lingungi oleh penegakan hokum ini menjadi tanggung Jawab Pemerintah Masyarakt dan Kita semua”.

“Ini fomakati nyiga, sebuah falsafa budaya ternate yang menekankan bahwa harmoni, satu nilai penting yang sampai saat ini dalam kegiatan eco Bhinneka yang kita pengang, bahwa mungkin kita berbeds secara agama, warna kulit atau yang lain-lain yang masih banyak perbedaan kita, tetapi dalam ruang kebaikan dan kemanusiaan kita sama, jadi urusan sampah, urusan krisis iklim, salah satu cara untuk menyatukan kita yang menjadi kekuatan” ungkap Pendeta Donny Toisuta selalu Tokoh Agama Kristen.

Baca Juga  NHM Terima Kasih KPK Kerja Nyata Usut Tuntas Dugaan Suap di Pemprov Malut

Untuk diketahui kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan memupuk rasa toleransi dan mendukung aksi lintas iman di Internal dan Eksternal Organisasi masing-masing, dan menjadi rumusan rekomendasi kepada pemerintah Kota Ternate dalam pengelolaan dan penanganan Sampah.

 

Kontributor

Editor: Kibo


Baca Juga

Headline

686 Kendaraan Pemda Halut Tunggak Pajak Rp 3 Miliar

Headline

Pemuda Lintas Iman se Kota Ternate Bagikan Bibit Pohon di Kelurahan dan Rumah Ibadah

Headline

Ketua DPRD Bantah Tudingan Abner Nones

Headline

Universitas Terbuka Ternate Lakukan Webinar Persiapan Pembelajaran 2023 – 2024 ganjil

Headline

Ribuan Ikan Tewas Diduga Terkena Racun Limba Tahu

Headline

Akhir Tahun 2023, Desa Yayasan Dapat Dua Kado Istimewa: Satu Diantaranya Diberikan Wapres RI

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Headline

PWI Dan Ketua TP. PKK Haltim Salurkan Sembako Untuk Anak Stunting