Home / Pendidikan

Kamis, 26 September 2024 - 15:42 WIT

Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 Sukses Digelar di Kota Ternate


Tular Nalar 3.0 SMA Negeri 8 Kota Ternate Utara (Foto Un - Mahabari.com)

Tular Nalar 3.0 SMA Negeri 8 Kota Ternate Utara (Foto Un - Mahabari.com)


TERNATE Mahabari.com – Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 bersama Yayasan The Tebings Maluku Utara kembali digelar di Kota Ternate pada, Rabu (25/09/2024). Sebelumnya, di Tahun 2023 tepatnya di 30 November kegiatan yang sama juga sukses dilakukan.

Kegiatan ini diselenggarakan di SMAN 8 Kota Ternate, hal ini atas kerjasama Tular Nalar dengan Yayasan The Tebings Maluku Utara. Kegiatan ini mengangkat tajuk

Ino Rame-Rame Fo Hadapi Pilkada, Capu Se Maku Sihaga Afa” Dalam Bahasa Ternate, mari bersama-sama untuk menghadapi pilkada 2024 tanpa berita hoaks.

Hal ini tentunya kita berupaya mengajak pemilih agar cerdas dan bijak dalam menerima informasi dari isu yang beredar di media sosial serta dapat menangkis segala berita hoaks dan ketahanan psikologis agar senantiasa bertindak positif.

Baca Juga  Tanggal 6 Prabowo Dijadwalkan Ke Ternate "Lebih Dari 40 Ribu Masa Disiapkan"

Pelaksanaan kegiatan ini disambut baik oleh seluruh sivitas akademika SMA Negeri 8 Kota Ternate. Dalam kegiatan ini dihadiri 110 orang peserta, terdiri dari siswa kelas XII, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 33 orang dan siswa Perempuan sebanyak 67 orang.

tentunya sebagian besar secara umur siswa siswi ini sudah masuk kualifikasi untuk berpartisipasi pada pilkada mendatang.

Acara ini dipandu ada 10 orang fasilitator yang memandu 10 kelompok peserta. Pelaksanaan ini semua peserta sangat antusias menyimak materi yang di sajian para fasilitator. Hal ini bisa terlihat dari penyampaian materi yakni perihal pemilu, demokrasi, penginderaan hoaks, dan waspada terhadap sanksi, lalu kemudian disambut dengan pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta.

“Kepala Sekolah SMAN 8 Kota Ternate, Dra. Munira Assagaf, M.Pd, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Tular Nalar 3.0 ini karena telah melaksanakan kegiatan pelatihan Literasi Digital di sekolah kami. Pintu SMAN 8 Ternate selalu terbuka bagi siapapun saja untuk bisa berkolaborasi”.

Baca Juga  Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Lanjut, Munira mengapresiasi tim Tular Nalar, yang telah berupaya menebar hal-hal baik dengan mewadahi anak-anak muda Gen Z untuk sadar berpolitik. Diakhir sambutannya, ia juga berpesan kepada siswa siswi agar supaya belajar dengan baik dan jadilah pemilih cerdas dengan menangkis berita-berita bohong yang kerap beredar di tengah masyarakat.

Terpisah, Muhammad Idhar sebagai peserta juga turut memberikan testimoninya di akhir kegiatan. Dia Mengatakan bahwa selama mengikuti kegiatan Sekolah Kebangsaan ini, Ia banyak mendapatkan pemahaman baru terkait penginderaan hoaks. “Bagi saya, meski bukan sesuatu yang baru lagi, tetapi tim Tular Nalar berhasil mengemasnya dengan cara yang lebih kreatif.” Ucap Duta Literasi Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga  Kadis P3A: Kurangnya Pengawasan Orang Tua, Anak di Kota Ternate Jadi Korban

Penanggungjawab kegiatan Citra Buana Halil dalam kesempatan juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat. Terutama kepada Kepala Sekolah dan seluruh jajaran SMAN 8 Kota Ternate, yang telah dengan suka rela memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Sekolah Kebangsaan tersebut.

Dalam Lanjutan Sambutannya, Citra Buana Halil menjelaskan, “Sekiranya kita perlu berupaya kreatif untuk menghidupkan khasanah politik di Kota Ternate dan umumnya di Maluku Utara. Ini dengan tujuan agar anak muda tidak apatis terhadap kondisi politik sekarang ini. Tentunya, dengan menangkal segala informasi hoaks demi terciptanya alam demokrasi yang cerdas.” Kegiatan ini berjalan lancar dan ditutup dengan sesi foto dan makan siang bersama.


Baca Juga

Pendidikan

LP3M Lepas Mahasiswa KKS UMMU Ternate Angkatan 29 Tahun 2022

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Pendidikan

Calon Wisudawan Fakultas Teknik Demo Terkait Penundaan Wisuda UMMU Ternate
Foto Siswa SMP Dan SMA Di Mobil Pick Up Satpol PP

Hedline

Terciduk Nongkrong Di Cafe, 12 Pelajar Diamankan Satpol PP Kota Ternate

Pendidikan

6 Guru SMK Maritim Muhammadiyah Haltim Ikut Kunjungan Belajar di PT. PAL Indonesia Surabaya

Pendidikan

PC IMM, 7 Bakal Calon Kepala Daerah Tak Bernyali Hadiri Dialog Terbuka
Foto Mustamin Hamzah Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ternate

Hedline

Kepsek SMP-N 1 Ternate Akui 8 Siswanya Bolos Saat Jam Belajar

Lokal

Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Pokjar Kota Tidore Kepulauan, Gelar Bakti Sosial