Home / Pendidikan

Kamis, 4 Juli 2024 - 13:38 WIT

Tim PKM FIB dan Siswa Siswi SMAN 2 Ternate Deklarsi Stop Bullying


Kegiatan sosialisasi Cakap Digital, dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Ternate - mahabari.com

Kegiatan sosialisasi Cakap Digital, dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Ternate - mahabari.com


TERNATE Mahabari.com – Salah satu tujuan dari Tri-dharma perguruan tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Untuk itu, melalui kegiatan Sosialisasi Cakap Digital dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, ini dapat memberikan Penyuluhan Pencegahan Bullying terhadap siswa-siswi di sekolah tingkat SMA.

Kegiatan sosialisasi Cakap Digital, dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Ternate pada Jumat, 21 Juni 2024 ini melibatkan 35 siswa kelas XI. Kegiatan yang dilaksanakan Tim PKM FIB ini berjalan dengan lancar.

Sutisno Adam, salah satu dosen pembina dari kegiatan ini mengatakan, Kenapa dipilih Cakap Digital, karena khususnya di media sosial itu ada beberapa penerapan metode yang aktivitasnya seperti survei, permainan hingga penyuluhan.

Baca Juga  TNI Dan Pramuka Kekerjasama Bentuk Generasi Muda Berdedikasi

Sosialisasi Cakap Digital ini melibatkan beberapa dosen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya juga sebagai pelaksana dari kegiatan ini yakni, Dra. Nurprihatina Hasan, M.Hum, Dr. Dra. Farida Maricar, M.Hum. Sartika Putri Sailuddin, S.Pd., M.A. serta satu Fasilitator juga sebagai dosen Prodi Sastra Inggris, Fitriningsih Pratiwi Mahmud, M.Hum.

“kegiatan PKM ini, sasaran peserta yang dipilih siswa-siswi kelas XI SMAN 2 Kota Ternate, yang berada di Kelurahan Ubo-Ubo, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate. Karena dengan latar belakang keilmuan humaniora, Prodi Sastra Inggris menargetkan ada peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui kegiatan pengembangan kesadaran di dunia digital. “Kata Sutisno Adam.

Baca Juga  Milad ke 22 Ilmu Komunikasi, Literasi Media Sosial di Tahun Politik

Terpisah Farida Maricar selaku pelaksana dari kegiatan Cakap Digital ini juga menekankan, ada langkah-langkah pada pencegahan bullying yang akhir-akhir ini semakin marak di kalangan remaja khususnya di media sosial. Karena Ini menjadi tantangan dan juga menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mengatasi atau minimal bisa mengurangi persoalan ini.

Menurutnya, Selain tantangan ada juga peluang besar di media digital. Untuk itu, Tim PKM ini mendorong agar bisa memberdayakan siswa siswi yang bisa mengakses informasi dan juga berkomunikasi secara efektif. Karena sekarang ini, untuk memasuki di dunia kerja harus punya kemampuan terhadap digital dan bisa berpikir secara kritis juga menavigasi lanskap digital secara bertanggung jawab.

Baca Juga  Musyawarah Ke-III, Surandi Terpilih Sebagai Ketua Cabang HPMW-KT Periode 2024-2025

“Dalam akhir kegiatan sosialisasi Cakap Digital, tim PKM bersama-sama dengan Siswa Siswi SMAN 2 Kota Ternate melakukan deklarasi Say No to Bullying atau Katakan Tidak Pada Bullying.”

Semoga melalui kegiatan ini, pihak sekolah dapat membantu mengkampanyekan literasi digital dan melakukan pencegahan Bullying yang terjadi secara masif di sekolah. Ini untuk mengarahkan generasi anak bangsa kita pada kemanfaatan penggunaan teknologi, bukan bermedia sosial yang dipenuhi kebencian, Farida Maricar.

 

Peliput: Un

Editor: Kibo


Baca Juga

Home

Ini Empat Prodi Di UMMU Ternate Yang Paling Diminati Camaba

Pendidikan

Milad ke 22 Ilmu Komunikasi, Literasi Media Sosial di Tahun Politik

Pendidikan

Unkhair Ternate Dapat Hibah Tanah 5 Hektar Dari Pemda Tidore

Pendidikan

SATUPENA MALUKU UTARA GELAR BUKBER DAN TADARUS PUISI

Lokal

DP3A Akan Bentuk Satgas Pencegahan Kekerasan Seksual Di Lingkup Kampus

Pendidikan

UMMU Ternate Kembali Kirim Mahasiswa Pada Program Internasional di Thailand

Pendidikan

6 Guru SMK Maritim Muhammadiyah Haltim Ikut Kunjungan Belajar di PT. PAL Indonesia Surabaya

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru