Home / Headline

Senin, 18 Desember 2023 - 22:03 WIT

Hadiri HUT DWP Ke-24, Pj. Bupati Morotai Tekankan Kesetaraan Gender Jadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


Foto Suasa Pj Bupati Morotai Sambutan di HUT DWP

Foto Suasa Pj Bupati Morotai Sambutan di HUT DWP


 

Morotai-Mahabri.com, Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Muhammad Umar Ali, hadiri puncak peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan yang Ke-24 tingkat Kabupaten Pulau Morotai tahun 2023, di Morotak Islamic Center, Senin 18 Desember 2023.

Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-24 itu mengusung tema “Peran Strategis Perempuan dalam pembangunan berkelanjutan”.

Turut hadir dalam acara Ketua TP PKK Pulau Morotai, Nurlela Muhammad Umar Ali, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pulau Morotai, Nursina Rajak Lotar, Ketua Persit KCK Cab. XLII/Kodim 1514/ Morotai Ny. Widia Akmal, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 8/Daerah III, Siska Tubagus Hasan, Ketua Cab. 3 Korcab XIV DJA III Ny. Lucya Mukawat Kamarudin, Ketua IAD Daerah Kepulauan Morotai Fitri Indra. Para Forkopimda, Pimpinan OPD, dan Para Camat.

Baca Juga  PT NHM dan PT Sarbi ML Abaikan Proyek Reboisasi DAS di Galela

Pj. Bupati Pulau Morotai, M.Umar Ali, dalam sambutannya menyampaikan jika tema HUT DWP tahun ini mengingatkan kita untuk terus menjaga semangat kesetaraan gender, bahwa perempuan memiliki peran strategis dalam pembangunan.

Karena, M. Umar Ali bilang, DWP merupakan bagian integral dari keluarga besar ASN yang sudah menunjukkan posisinya sebagai katalisator dalam mendorong dan mendukung kinerja pemerintahan..

Baca Juga  Kehadiran Anas Urbaningrum di Malut, Tambah Spirit Kemenangan PKN di Malut

“Kemajuan perempuan dalam berbagai tingkatkan kesempatan, baik di lingkungan sosial, ekonomi, dan politik telah berdampak luas terhadapa tatanan sosial kemasyarakatan,”ucapnya.

Menurutnya, Perempuan sudah menunjukkan komitmennya dalam berbagai agenda besar pemerintah sejak pertama kali mewarisi tanggungjawab sebagai perempuan.

Diantara semua tanggungjawab perempuan, lanjut dia, diantaranya penurunan Stunting, pencegahan prevalensi penyakit menular, penurunan kemiskinan ekstrim, dan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga serta pelecehan seksual.

“Kami tekankan bahwa kesetaraan gender menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGS), karena menurut data BPS, indeks pembangunan gender (IPG) di Morotai terus mengalami kenaikan dalam 5 tahun terakhir mulai dari angka 68,7 di tahun 2017, naik di angka 70,85 pada tahun 2022,”akunya.

Baca Juga  Prabowo-Gibran Masa Depan Pembangunan dan Kemajuan Malut

Meski begitu, tambah dia, kita masih perlu meningkatkan IPG untuk mencapai angka yang lebih baik. Untuk itu, ia meminta semua perempuan yang tergabung dalam DWP dan organisasi perempuan untuk terus meningkatkan partisipasi dalam setiap kesempatan,

“Mari kita bersama-sama kita menghapus stigma dan diskriminasi terhadap perempuan, karena perempuan juga mampu, perempuan juga hebat, perempuan juga dapat duduk setara dalam gender.”pungkasnya.


Baca Juga

Headline

Polres Ungkap Pelaku Penganiayaan Satu Masih DPO

Headline

Pengalihan CV Karunia Quardon Perkasa Tidak Miliki Izin Galian C di Kelurahan Sulamadaha

Headline

Samsul Bahri Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Halut

Headline

Kampanye Perdana Ketua DPD PDI-P Malut Di Desa Daeo Disambut Meriah: Ini Kata Ayah Erik

Headline

Anggaran Rp.1,9 Miliar Di Siapkan Untuk Renovasi Mesjid DPRD Kota Ternate
Sekretaris DESK PILIKADA PKB Kota Ternate. Mubail M Nur Bailusy

Headline

PKB Buka Ruang Koalisi Menuju Pilwako Ternate

Headline

Kehadiran Anas Urbaningrum di Malut, Tambah Spirit Kemenangan PKN di Malut

Headline

Karyawan Selenggarakan Ibadah Natal di Gereja POG & Manajemen NHM Hadiri Natal Pemda