Home / Pendidikan

Selasa, 21 November 2023 - 05:32 WIT

Pendampingan EDM eRKAM Kemenag Malut Masih Terdapat Kendala


Foto Kegiatan Pendampingan eRKAM Kemenag Malut, di Hottel Muara Ternate.

Foto Kegiatan Pendampingan eRKAM Kemenag Malut, di Hottel Muara Ternate.


TERNATE-Mahabari.com, Kegiatan Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara (Malut) terkait Pendampingan penggunaan laporan Oleh Tim Inti Provinsi (TIP), dan Evaluasi Diri Madrasyah (EDM), Rencana Kerja Anggaran Madrasyah Berbasis Elektronik (eRKAM) dinilai masih ada kendala.

Dalam Menganalisis laporan keuangan madrasyah oleh TIP dan EDM eRKAM  provinsi Maluku Utara, disgelar pada Senin (20/11/2023). Bertempat Muara Hottel Ternate.

Kepala Bidang Pendis Abdurahman M Ali saat di temui awak media mahabari.com mengatakan, bahwa pendampingan penggunaan aplikasi eRKAM ini, wajib di ikuti oleh seluruh madrasah di Maluku Utara.

Baca Juga  Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

“Karena kegiatan ini adalah kelanjutan dari bimtek kemarin untuk dilakukan evaluasi dalam penggunaan EDM eRKAM.”Ujar Abdurrahman.

Menurut Ia, Jika penggunaan aplikasi EDM eRKAM oleh Madrsyah tidak sesuai, berupa tidak dapat di imput, maka bisa berdampak besar terhadap Madrasa itu sendiri.

“ Saya berharap agar program ini dapat ditindaklanjuti dan apa saja kendala dalam pengimputan data tersebut sehingga bantuan langsung dari bank dunia itu bisa dimiliki oleh setiap madrasyah” Ujarnya

Baca Juga  Pemilihan Ketua OSIS SMK Tarakani Galela Berlangsung Demokratis.

Terpisah Kepala Kanwil Kemenag Malut, Amar Manaf mengatakan, bahwa TIP dan EDM eRKAM telah menindaklanjuti hasil bimtek, rupanya masih banyak yang belum melakukan pengimputan data.

“Tijuana kegiatan ini, agar kabupaten yang belum melakukan pengimputan, segera dilakukan pengimputan, Sebab program ini, Kerja sama Kemenag bersama dengan Bank Dunia (World Bank). kegiatan ini membahas tentang tata cara pendampingan dan upload laporan hasil pendampingan di aplikasi,”tegasnya

Baca Juga  Pemilihan Ketua OSIS SMK Tarakani Galela Berlangsung Demokratis.

Ia menegaskan, Seluruh madrasyah di Maluku Utara bisa mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan.

“bantuan langsung  melalui bank dunia langsung ke rekening madrasah tidak lagi mampir ke Kemenag Maluku Utara, Karena ini berdasarkan kerjasama antara kementerian agama Republik Indonesia dan World Bank” ujar

Peliput M Faisal


Baca Juga

Pendidikan

Pemilihan Ketua OSIS SMK Tarakani Galela Berlangsung Demokratis.

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru