Home / Pendidikan

Senin, 23 Oktober 2023 - 19:40 WIT

Pemilihan Ketua OSIS SMK Tarakani Galela Berlangsung Demokratis.


foto prosesi pemilihan ketua Osis SMK Tarakani Galela

foto prosesi pemilihan ketua Osis SMK Tarakani Galela


 

TOBELO-Mahabari.Com, Dalam rangka edukasi politik, dan demokrasi melalui pengalaman praktis pada peserta didik, SMK Tarakani Galela, Senin (23/10), menggelar Pemilihan ketua OSIS (PILKETOS) periode 2023-2024. Pemilihan ini. dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh Siswa – siswi SMK yang bertempat di aula sekolah.

Pilketos yang di mulai pukul 08.00 WIT ini berlangsung dengan tertib dan lancar, hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta didik, saat pemilihan berlangsung. Peserta didik tetap mengikuti proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Pilketos SMK Tarakani Galela ini diikuti oleh 4 (empat) pasangan calon yaitu Tiara Nihaya Katuju dan Najwa Kayla Hamaya sebagai Paslon nomor 1, Asrul Laahi dan Nurmila Djauhar sebagai paslon nomor 2,  Almira Azzahra Pulotiga dan Nur Alfil Laili Silim sebagai paslon nomor 3, serta Naysila A. Hamid dan M. Rizki Djafar sebagai paslon nomor 4. Keempat paslon ini selain melakukan konsolidasi, mereka juga dengan penuh semangat hingga keseluruhan proses pemilihan selesai. Proses pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 11.00 WIT dilanjutkan dengan rekapitulasi suara.

Baca Juga  Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Berdasarkan hasil rekapitulasi, dari 272 pemilih diperoleh 169 suara sah dan 5 suara dinyatakan tidak sah serta 98 memilih golput. Paslon nomor urut satu memperoleh 3 suara, paslon nomor urut dua memperoleh 31 suara, paslon nomor urut tiga memperoleh 8 suara, dan paslon nomor urut empat memperoleh 122 suara. Dengan demikian, paslon nomor empat Naysila A. Hamid dan M. Rizky Djafar secara demokratis terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Tarakani Galela masa bakti 2023-2024.

Foto Prosesi Pemilihan Ketua Osos

Hasim Abdul Salam, SE selaku Kepala Sekolah SMK Tarakani Galela menandaskan bahwa Pilketos sebagai bentuk edukasi politik dan pembelajaran demokrasi.

Baca Juga  Pendampingan EDM eRKAM Kemenag Malut Masih Terdapat Kendala

“Pemilihan Ketos ini adalah bentuk edukasi politik dan pembelajaran demokrasi sejak dini kepada siswa siswi serta belajar menjadi pemimpin untuk rekan-rekan sesama warga SMK Tarakani Galela. Pemimpin yang terpilih harus memiliki 3 kriteria, yaitu bertanggung jawab, peduli, dan berdedikasi. Semoga Ketua OSIS yang terpilih bisa menjadi contoh bagi SMA/SMK di Halut dalam hal mengelola dan memajukan organisasi siswa.” Tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa pembiayaan program OSIS sudah tertuang dalam pembiayaan renstra sekolah.

Baca Juga  Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

“Ada beberapa program kolaborasi yang sudah dicanangkan dan tertuang dalam renstra sekolah, yakni koperasi OSIS dan Teaching Factory. Hal tersebut sebagai pembelajaran kepada siswa siswa untuk bisa mengelola sesuatu hal menjadi bernilai ekonomi, hal ini juga sesuai dengan visi misi SMK karena teaching factory merupakan sebuah jaminan bagi siswa siswi agar kedepannya bisa berkolaborasi di tengah masyarakat.” Ujarnya

Rangkaian kegiatan PILKETOS SMK Tarakani Galela sudah dilaksanakan sejak 11 Oktober 2023 diawali dengan proses penjaringan, seleksi calon, penyampaian visi misi, debat kandidat calon ketua OSIS, dan puncaknya adalah pemilihan Ketua OSIS. Komite Pemilihan Umum (KPU) OSIS SMK Tarakani Galela menyelenggarakan PILKETOS dengan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil.

Peliput Jazman

Editor Jumar


Baca Juga

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Pendidikan

Pendampingan EDM eRKAM Kemenag Malut Masih Terdapat Kendala