Home / Pendidikan

Rabu, 24 Juli 2024 - 00:39 WIT

Milad ke 22 Ilmu Komunikasi, Literasi Media Sosial di Tahun Politik


Milad ke 22 dan Ivent Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. (Foto Panitia Ivent) mahabari.com

Milad ke 22 dan Ivent Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. (Foto Panitia Ivent) mahabari.com


TERNATE Mahabari.com – Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate Menggelar Milad yang ke 22, Tahun 2024. Dengan tema “Literasi Media Sosial di Tahun Politik”.

Dalam kegiatan ini dihadiri tiga narasumber yakni, Wahyuni Bailussy selaku Dosen Ilmu Komunikasi UMMU Ternate, Rusly Saraha Komisioner Bawaslu Malut, dan Aji Deni Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UMMU Ternate.

Milad ini sering digelar di setiap angkatan mahasiswa ilmu komunikasi universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Yang kali ini di gelar di, Hotel Bukit Pelangi, Kelurahan Ubo-ubo, Kecamatan Ternate Selatan, pukul 8.30 WIT Selasa, (23/7/2024).

Milad ke 22 dan Ivent Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. (Foto Panitia Ivent) mahabari.com

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungan mereka dalam bentuk apa pun, untuk kegiatan ini sudah menjadi kewajiban dan budaya Mahasiswa Ilmu Komunikasi di setiap angkatan untuk merayakannya,” ucap Nurul Mahmud, Ketua Panitia Milad dan Ivent Komunikasi ke 22 Tahun.

Nurul mengatakan, terkait dengan Tema yang diangkat itu merupakan bentuk upaya agar bisa menjadikan ruang pembelajaran kepada Pemilih Pemula di momentum Tahun Politik kali ini.

Baca Juga  Terciduk Nongkrong Di Cafe, 12 Pelajar Diamankan Satpol PP Kota Ternate

“Jadi alasan tema yang diangkat ini adalah Literasi Media Sosial di Tahun Politik agar bisa menambah pemahaman dan pengetahuan bagi seluruh pemilih yang baru ikut serta dalam momentum Tahun Politik kali ini dan menambah pemahaman tentang pengguna media sosial yang lebih bijak,” tandasnya.

Bukan hanya itu, dalam kegiatan Milad dan Event Komunikasi ke 22 Tahun ini juga dirangkaikan dengan Talk show. setelah pembukaan dan Video Napak tilas, Podcast serta yang terakhir Pemotongan tumpeng.

“Semoga melalui Milad dan Event ini, semangat kebersamaan dalam menjaga Ilmu Komunikasi di era digital semakin mengakar dan memperkaya kehidupan kita semua. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan yang luar biasa,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Aji Deni selaku Dekan Fisip UMMU Ternate kepada awak media mengatakan bahwa, program seperti ini mestinya dilakukan secara berkala. sehingga dapat membuka ruang didik untuk pemilih pemula dalam penggunaan media sosial dengan baik di tahun politik saat ini.

Lanjut Aji Deni terkait dengan makna dan tujuan dibalik tema yang diangkat. Merupakan bagian dari memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat baik itu pemilih pemula maupun yang belum mendapatkan hak pilih. Dapat berkomunikasi dengan media sosial dengan baik dan bijak.

Baca Juga  Disebut Serobot Lahan, Ketua Komite SMA Negeri 8 Halut Berang

“Karena rata-rata mereka sebagian besar adalah pengguna media sosial, pasti informasi ini kan tidak bisa di tolak ketika kita berteman dengan seseorang yang melalui informasi itu maka kita pasti akan membaca juga informasi tersebut, maka dari itu harus bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak dan positif,” jelasnya.

Karena saat ini lanjut, Aji Deni maraknya pengguna Media sosial menjadi tempat untuk mengutarakan ujaran kebencian dan isu Hoax menggunakan akun palsu.

“Jadi kalau boleh jangan menggunakan akun-akun palsu apalagi akun palsu yang bertujuan untuk menyerang atau memfitnah maupun menyebarkan informasi hoax tentang politik. Sehingga dengan tema kegiatan semoga bisa memberikan edukasi yang baik dan bijak kepada pengguna media sosial,”

Sehingga yang menjadi harapannya. Media sosial menjadi tempat dalam membagikan informasi secara demokrasi, informasi yang mendidik, informasi yang tidak bersifat hoax, informasi yang tidak fiktif,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Suyatno Kahar mengatakan Milad Program Studi Ilmu Komunikasi yang ke- 22 ini bertepatan dengan momentum Tahun Politik yakni Pilkada Tahun 2024.

“Sehingga ini menjadi salah satu momentum yang pas dan cocok untuk kemudian dilakukan sebuah gerakan Literasi Media Sosial untuk pemilukada yang damai dan berkualitas,” tambahnya.

Baca Juga  Seorang Mahasiswa IAIN Ternate Dipukul Oknum Security Kampus

Tak hanya itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMMU Ternate menyampaikan, sesuai dengan bidang keilmuannya Wahyuni Bailussy selaku pakar Ilmu Komunikasi bisa mampu melihat konstalasi politik yang saat ini banyak memanfaatkan media sebagai sarana untuk saling menjatuhkan.

Sehingga Dirinya sependapat dengan Pakar Ilmu Komunikasi (Wahyuni Bailussy) bahwa media sosial adalah salah satu sarana untuk kemudian dijadikan saluran politik yang damai dan demokratis.

“Lalu ada juga pak Dr Aji Deni selaku pemateri kedua tentang Pelaku Politik, aktor-aktor politik yang mana tidak mengedepankan etika-etika politik yang memang melakukan kampanye kampanye politik melalui media massa itu sendiri,” tuturnya.

Bahkan kata Suyatno, selain menghadirkan dua narasumber dengan predikat keilmuannya yang baik dan sangat bijak, Milad dan Event tersebut juga menghadirkan salah satu anggota Komisioner Bawaslu Malut yakni Rusly Saraha.

“Beliau tentu menyampaikan dalam konteks politik praktis dalam hal regulasi politik yang telah di praktekan serta di laksanakan oleh pihak penyelenggara itu sendiri. Harapan kita, Program Studi Ilmu Komunikasi dengan momentum Milad di Tahun politik ini. kita tetap berperan penting dalam konteks edukasi, literasi kepada mahasiswa dan kepada pemilih pemula di tingkat SMA agar mereka cerdas memilih,” tutupnya.

 

Peliput: Faisal

Editor: Kibo


Baca Juga

Pendidikan

PC IMM, 7 Bakal Calon Kepala Daerah Tak Bernyali Hadiri Dialog Terbuka

Pendidikan

Prodi Ilmu Pemerintahan UMMU Ternate Gelar Kuliah Birokrasi di Era 4.0

Pendidikan

Dorong Pengembangan Penelitian dan SDM, UT Ternate Jalin Kerjasama BALITBANGDA Maluku Utara

Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan di Haltim

Pendidikan

Mapala UMMU Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dengan Menanam Pohon

Pendidikan

UMMU Ternate Kembali Kirim Mahasiswa Pada Program Internasional di Thailand

Pendidikan

SHM Dan Saiber To Mesjid, Strategi Dakwah Kaum Milenial

Home

Mendapat Kendala Lahan, Rektor Unkhair Ternate, Keluhkan Ke Wakil Ketua MPR