Home / Redaksi

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 17:21 WIT

Kemendes PDTT RI Berikan Penghargaan Ke Desa Balbar Kota Tidore



MAHABARI, TIDORE- Desa Balbar Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan meraih penghargaan Desa Mandiri, Maju dan Berkembang dari Kementerian Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia ditandai dengan penyematan lencana desa mandiri, dan penyerahan piagam penghargaan secara langsung oleh Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa Balbar Amir Abdullah yang disaksikan Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim di Pelataran Sentra Promosi IKM, Jalan Pantai Tugulufa.

Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, pada dua tahun yang lalu masih banyak Desa yang berstatus sangat tertinggal dan tertinggal berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kota Tidore Kepulauan.

“Namun, pada hari ini di depan Pak Menteri dengan bangga kami sampaikan bahwa Kota Tidore Kepulauan tidak lagi memiliki Desa yang berstatus sangat tertinggal dan hanya tersisa 4 Desa yang berstatus tertinggal, bahkan di tahun ini Kota Tidore Kepulauan memiliki 1 Desa yang berstatus Desa Mandiri yaitu Desa Balbar di Kecamatan Oba Utara,” ungkapnya.

Baca Juga  Pembangunan Proyek Anjungan Makassar Timur Minta Tambahan Anggaran

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan juga akan memberikan apresiasi dan Penghargaan kepada Desa yang berstatus Mandiri dengan Alokasi Kinerja melalui Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD, dan Perlu juga dilaporkan bahwa pada tahun 2022 ini terdapat beberapa bantuan yang diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kota Tidore Kepulauan yakni pada pengembangan Desa Wisata di Pulau Maitara, Pembangunan Pasar Desa di Bale, dan bantuan Pengembangan BUMDES untuk 3 Desa di Kota Tidore Kepulauan.

Baca Juga  Komisi II DPRD Kota Ternate Minta Agar Gedung Duafa Center Dikelola BAZNAS

“Tentunya bantuan ini sangat berarti bagi kami, terutama dalam meningkatkan ekonomi Desa dan masyarakatnya yang tentunya bertumpuh pada peningkatan kesejahteraan dan mengentasan kemiskinan di Desa,” lanjut Ali.

Sementara itu, usai penyematan lencana dan penyerahan penghargaan, Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Kepala Desa Balbar atas diraihnya penghargaan status Desa Mandiri.

Dia berharap, dengan penghargaan ini bisa menjadi contoh bagi Desa- desa lainnya di Kota Tidore Kepulauan dalam pengembangan pembangunan di Desa.

“Tentunya masih banyak lencana-lencana yang disiapkan bagi kepala- kepala Desa yang berprestasi, ini sebagai bentuk apresiasi dari Kemendes kepada Kepala Desa, agar setiap prestasi bisa diketahui oleh masyarakat, dengan apa yang diraih dan apresiasi yang diberikan. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Wali Kota Tidore Kepulauan yang telah bersama- sama dengan Kepala Desa untuk terus berupaya mempercepat pembangunan Desa,” ucap Abdul Halim.

Baca Juga  Samurai Malut Kembali Datangi DPRD Ternate Terkait Kenaikan Harga BBM

Selain penyematan lencana dan penyerahan piagam penghargaan, Menteri Desa (PDTT) Abdul Halim Iskandar juga menyerahkan bantuan dari Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, berupa pengadaan alat kesenian qasida sebanyak 1 paket di tahun 2022 dan pembangunan tembok tepi jalan sepanjang 1,3 KM pada tahun 2023 secara simbolis dan diterima langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

Peliput: Kru
Editor: ZI


Baca Juga

Pendidikan

SATUPENA MALUKU UTARA GELAR BUKBER DAN TADARUS PUISI

Ekonomi

Jelang Arus Mudik, Antrian Panjang Pembelian Tiket Kapal di Pelabuhan Ternate

Redaksi

Dishub Ternate Minta Motoris Speedboat Patuhi Imbauan Cuaca Buruk Dari BMKG

Redaksi

Kodim 1508/Tobelo Lakukan Pembinaan Lingkungan Hidup di Pantai Tanjung Pilawang

Hiburan

Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus SatuPena Maluku Utara Sukses digelar

Redaksi

Ini Syarat Pendaftaran Calon Anggota Baznas Kota Tidore

Redaksi

Peringati Hari Pangan Sedunia Dengan Pencanangan Gerakan GEMAR MENYAPA

Redaksi

Diduga Kosleting Motor, Seorang Ibu dan Anak di Sanana Nyaris Terbakar