Home / Headline

Selasa, 19 Desember 2023 - 16:39 WIT

Akhir Tahun 2023, Desa Yayasan Dapat Dua Kado Istimewa: Satu Diantaranya Diberikan Wapres RI


Foto Wapres KH Ma’aruf Amin serahkan Penghargaan ke Kades Yayasan Morotai

Foto Wapres KH Ma’aruf Amin serahkan Penghargaan ke Kades Yayasan Morotai


Morotai-Mahabari.Com, Akhir tahun 2023 nampaknya menjadi momentum paling berharga bagi kepala Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Rasdi Dano Mas’ud bersama Jajarannya serta masyarakat Desa Yayasan.

Bagimana tidak, berkat upaya dan kerja keras, Desa Yayasan diberikan Penghargaan dari Komisi Informasi Publik Republik Indonesia, pada Acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI jakarta pusat, Selasa 19 Desember 2023.

Baca Juga  Amanat Target Lima Kursi di Empat Dapil Halut

Hal tersebut berdasarkan surat keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Nomor. 16/KEP/KIP/IX/2023. Dengan mengacu pada UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.

Keberhasilan Desa Yayasan itu diraih setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan visitasi oleh Tim Penilai KI Pusat, Bappenas, didampingi tim dari Pemprov Maluku Utara beberapa waktu lalu. Dimana dalam pelaksanaannya itu, di Ikuti oleh 116 Pemerintah Desa berdasarkan Wilayah Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur yang terdiri dari 25 Provinsi.

Baca Juga  Polres Ungkap Pelaku Penganiayaan Samuda Galela

Atas upaya dan kerja keras dalam kepatuhan atas kegiatan keterbukaan informasi itu, Desa Yayasan keluar sebagai satu-satunya Desa di Wilayan Provinsi Maluku Utara yang masuk dalam Dominasi mewakili Indonesia Timur sebagai Desa keterbukaan Informasi Publik Desa.

Kepala Desa Yayasan, Rasdi Dano Mas’ud, kepada media ini mengaku, jika hal tersebut tidak akan dicapainya tanpa ada dukungan Pemerintah Daerah, terutama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Pemerintah Kecamatan Morotai Selatan.

“Teristimewah Masyarakat Desa Yayasan, yang telah bekerja sama dalam Pembangunan dan Pemberdayaan di Desa Yayasan,”ucapnya.

Baca Juga  Tauhid Soleman Tidak Dilirik, Gerindra Punya Calon Walikota Sendiri

Ia juga mengaku jika apa yang diperolehnya hari ini adalah bagian dari motivasi dan dorongan rekan-rekan Kepala Desa di Pulau Morotai.

“Sesungguhnya kemauan dan kerja keras itulah yang mendorong kita untuk lebih maju lagi,”pungkasnya.

Untuk diketahui, selain mendapat penganugerahan Desa keterbukaan Informasi publik, Desa Yaysan juga mendapat penghargaan sebagai Desa terbaik Pengelolaan Kinerja Dana Desa tahun 2023, dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara.

Peliput JM


Baca Juga

Foto Bersama Ketua DPD Gerindra Sahril Taher (kiri), Walikota Ternate M. Tauhid Soleman (tengah), DPRD Provinsi Terpilih Periode 2024-2029 Machmud Esa (kanan), Juga Sebagai Calon Walikota Ternate Dari Partai Gerindra

Headline

Tauhid Soleman Tidak Dilirik, Gerindra Punya Calon Walikota Sendiri

Headline

KPK Sasar Lima Bos Tambang di Malut

Headline

Akhir Tahun Dan Sambut Pemilu 2024, Bawaslu Morotai Gelar Bimtek Keuangan

Headline

Satgas TMMD Ke 118 Kodim 1501 Ternate Bangun Jalan Setapak 478 Meter Di Kelurahan Lelewi Batang Dua

Headline

Kampus STIKIP Kie Raha Ternate Kini Beruba Status Dan Penambahan Tiga Program Studi Baru

Headline

Tersangka Kasus Pembacokan Asal Ori Galela Sudah Diserahkan ke Kejari Halut

Headline

Pemkot Ternate Bakal Berikan Lahan Pekuburan 1,6 Heaktar ke Warga Fitu

Headline

Hadiri HUT DWP Ke-24, Pj. Bupati Morotai Tekankan Kesetaraan Gender Jadi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan