Home / Home

Sabtu, 30 September 2023 - 11:08 WIT

Disnakertrans Terima Aduan Akuasisi NHM Newcrest Tunggak Pesangon Kariyawan


Foto Kadisnakertrans Halut Jeffry Rudi Hoata

Foto Kadisnakertrans Halut Jeffry Rudi Hoata


TOBELO-Mahabari.com, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Halmahera Utara (Halut), 18 September 2023 terima laporan aduan perselisihan hak pesangon ke Disnakertrans Halut.

Kadisnakertrans Halut Jeffry Rudi Hoata mengatakan, serikat Pekerja PT.NHM tergabung PUK FPE KSBSI, PUK SP KEP KSPSI dan PB. F GSBM mewakili karyawan telah melaporkan perselisihan hak ke Dinas Tenaga Kerja Halmahera Utara.

Pengaduan yang dilaporkan ke dinas yaitu terkait hak-hak karyawan yang belum diberikan oleh pemilik PT.NHM sebelumnya yaitu Newcrest Mining Limited atau PT.Newcrest Singapore Holding. Menurut Kariyawan  pada saat divestasi, dan akuisisi, Newcrest belum membayar hak – hak berupa pesangon.

Baca Juga  Netralitas Pemilu 2024, Polri Minta Masyarakat Taksebarkan Isu Hoax

Perwakilan Serikat Buruh/ Pekerja Izwan saat di konfirmasi membenarkan, laporan aduan terkait Hak Hak pesangon Kariyawan yang belum dibayarkan oleh Newcrest itu Suda di masukan ke Disnakertrans Halut.

“ Iya benar laporan suda di masukan, ke Disnakertrans Halut,” Ucapnya.

Sementara, Kepala Disnakertrans Halut Jeffry Rudi Hoata juga mengaku telah menerima laporan aduan dari para Pekerja/buruh PT NHM. Bahkan suda di Catatkan untuk perselisihan.

Baca Juga  Calon Anggota Bawaslu Malut Minim Pendaftar Perempuan

“memang benar kami telah menerima pengaduan dan telah kami catatkan untuk perselisihan hak sesuai pasal ayat 2 UU no.2 tahun 2004 tentang Penyelesaian perselisihan hubungan industrial yakni mencatatakan perselisihan pada instansi yg bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan setempat yakni Dinas tenaga kerja Halut.” Bebernya Sabtu (30/09)

Jeffry menjelaskan, bahwa  mediator Sudah memediasi untuk perselisihan terssebut. Meski Dinas suda mediasi, namun pihak Newcrest belum bisa menghadiri. Tetapi penyelesaian ini, sesuai mekanisme hanya memiliki jangka waktu 30 hari setelah laporan aduan di terima pihak Dinas.

Baca Juga  Pemkot Ternate Buka 155 Formasi Penerimaan PPPK Di Tahun 2023

“Jadi kami Suda teliti dan Mediator Disnaker sudah melakukan mediasi pertama yakni tanggal 22 september 2023 namun pihak newcrest belum bisa hadir. Mediator memiliki waktu kerja selama maksimal 30 hari untuk meminta keterangan dari para pihak sebelum mengeluarkan anjuran tertulis.” Bebernya.

Terpisah, Perwakilan PT Newcrest di Indonesia Ayong Susanto, saat di usahakan untuk konfirmasi terkait masaalah aduan dari Serikat Buruh Ke Disnakertrans melalui via seluler berulang kali namun tidak merespon.

Peliput Kibo


Baca Juga

Foto Bersama IPEMI Cabang Ternate Dan Wilayah Maluku Utara

Home

Mempererat Tali Silaturahmi, IPEMI Ternate Gelar Acara Halal Bihalal

Home

“Marlita Puasa” Pejuang Perempuan Menuju Parlemen 

Home

Penemuan Mayat Perempuan Gegerkan Warga Haltim

Headline

Universitas Terbuka Ternate Lakukan Webinar Persiapan Pembelajaran 2023 – 2024 ganjil

Headline

Kadisnakertrans Halut Bantah Tidak Capai Target PAD

Home

Jatah Kouta PPPK Pemda Halut 1.024 Guru Terbanyak
Foto Ketua Panitia Pemilihan (PANLI) Ardan Yusup

Headline

Muswil V Pemuda Muhammadiyah Malut Harus Taat Tartip

Home

Pemda dan DPRD Sitaro Kunker ke DPRD Halut Bahas Pajak dan Retribus