Home / Advetorial

Jumat, 16 Juni 2023 - 12:48 WIT

STQH Tingkat Provinsi Malut Ke-XXVII Tahun 2023 Resmi Di Gelar


Pembukaan STQH Tingkat Provinsi Malut Ke-XXVII Tahun 2023.

Pembukaan STQH Tingkat Provinsi Malut Ke-XXVII Tahun 2023.


Mahabari,Haltim– Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Ke XXVII tingkat Provinsi Malut tahun 2023 yang dilaksanakan di Mesjid Agung Iqra Kota Maba Halmahera timur resmi digelar. Gubernur Maluku utara KH Abdul Gani Kasuba dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku utara Samsudin Kadir mengatakan, Kegiatan STQH ini adalah agenda rutin  tahunan, guna menyeleksi,mempersiapkan, membina dan memantapkan kesiapan peserta tingkat Provinsi Maluku utara menuju STQ tingkat Nasional.

“Event ini bukan juga sekedar ajang kompetisi semata, namun hakekatnya rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan ini,menjadi sumber kesadaran bagi peningkatan komitmen umat, khususnya bagi generasi muda kita. Untuk membaca,memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alqur’an” Ujar Samsudin Ketika membacakan sambutan Gubernur. Kamis,15 juni 2023.

Baca Juga  Tak Miliki Etikat Baik "Sebidang Tanah Dan Rumah Akan Di Lelang"

Dikatakan, semua peserta yang telah berjuang beberapa saat lalu di tingkat Kabupaten dan Kota telah siap berlomba dan kali ini akan berusaha memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama masing-masing Daerah perwakilanya.

“ Begitupun, para Dewan hakim telah Bersiap melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai porsinya masing-masing. Pelantikan Dewan Hakim dan Panitera STQ beberapa saat lalu adalah sebua kepercayaan dalam mengembah salah satu kewajiban dan syarat untuk memasuki penyelenggaraan STQ nanti “ Katanya.

Menurutnya, para dewan hakim yang hadir saat ini adalah para dewan hakim hakim yang sudah sering menjadi dewan hakim disetiap lomba namun dalam kesempatan ini penting sekali untuk mengingatkan kembali bahwa dalam melaksanakan penilaian, dewan hakim harus mengacu dan menjunjung tinggi kode etik dewan hakim.

Baca Juga  Jumat Ini Ketua DPD Gerindra Malut Diperiksa KPK 

“ Karena dalam penilaian, dwan hakim sangat penting memegang teguh kode etik dewan hakim sebagaimana sudah tertuang dalam peraturan menteri agama “ Ungkapnya.

Samsuding bilang, STQ ini merupakan syiar agama dalam mengamalkan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh masyarakat Maluku utara khususnya di Kabupaten halmahera timur akan semakin memahami isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan diamalkan di dalam kehidupan sehar-hari.

“ Melalui kegiatan STQ,mari bumikan Al-Qur’an di bumi rempah-rempah ini. Demi mempertebal keimanan dan keislaman kita serta keberkahan dan keselamatan kita bersama “ Tandasnya.

Terpisah, Ketua panitia Provinsi Rahma Hasan mengatakan, dalam STQH ada tiga mata lomba yakni cabang Tilawatil Quran, cabang Hafalan Qur’an dan cabang hafalan Hadist.

“ Dengan peserta dari kota ternate sebanyak 17 peserta, kota tidore sebanyak 18 peserta, halmahera Barat sebanyak 12 peserta, halmahera tengah sebanyak 14 peserta, halmahera timur sebanyak 18 peserta,halmahera utara 11 peserta,halmahera selatan 14 peserta,Pulau morotai sebanyak 10 peserta, Kepulauan sula 10 peserta dan Pulau taliabu sebanyak 8 peserta.” Ungkapnya.

Baca Juga  DPD Gelora Haltim Optimis Raih 3 Kursi Pada Pemilu 2024

Sekedar diketahui, kegiatan pembukaan STQH selain dihadiri Bupati Haltim Ubaid Yakub dan Wakil Bupati Anjas Taher, juga dihadiri oleh unsur muspida Provinsi maupun kabupaten halmahera timur. Serta sejumlah pimpinan SKPD Provinsi maupun Kabupaten halmahrta timur. Selain itu, kegiatan pembukaan  yang dipusatkan Mesjid Agung Iqra kota maba dibuka dengan meriah karena diramaikan oleh musik gambus Alma dan Qorih internasional Ustadz Syamsuri Firdaus.(Red/Ian).

 


Baca Juga

Advetorial

Terciptanya Suasana Aman Dan Damai Forkopimda Ternate Bersilaturahmi Di Gereja

Advetorial

Hasil Cuan Medsos Squad AA Disumbangkan Ke Anak Yatim

Advetorial

Jumat Ini Ketua DPD Gerindra Malut Diperiksa KPK 

Advetorial

Tak Miliki Etikat Baik “Sebidang Tanah Dan Rumah Akan Di Lelang”

Advetorial

Redam Konflik Antar Warga Kodim 1501/Ternate Back Up Polres Ternate Gerak Cepat

Advetorial

Tertibkan APK Langgar Aturan Satpol PP Tunggu Arahan Bawaslu Ternate

Advetorial

Diwakili Korem 152/Baabullah Penandatanganan Naskah Kerja Sama Polda Malut Dengan Kodam XVI/Pattimura 

Advetorial

Tanggal 6 Prabowo Dijadwalkan Ke Ternate “Lebih Dari 40 Ribu Masa Disiapkan”