Home / Headline

Jumat, 8 September 2023 - 15:55 WIT

DPRD Halut Bakal Sasar Tambang Tidak Aktif


Foto Ketua DPRD Janlis G Kitong

Foto Ketua DPRD Janlis G Kitong


Janlis : Jika Ada Perusahan Galian C Tak Miliki Izin Siap di Proses Hukum

TOBELO-Mahabari.Com, Sejumlah Perusahan Tambang di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) disenyalir suda tidak aktif beroperasi. Hal itu mendapat perhatian khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halut. Tak lama lagi, DPRD bakal menyasar dengan memanggil seluruh perusahaan yang suda tidak aktif.

Pasalnya tidak beroperasinya sejumlah Perusahan itu, dapat merugikan Pemerintah Daerah (Pemda) Halut. Tak segan segan Ketua DPRD Halut Janlis G Kitong bakal bertindak tegas menyasar sejumlah Perusahan tidak aktif.

Baca Juga  Galian C Bebas Operasi Tanpa Kantongi Izin di Galela Halut

” Kita sudah agendakan, pekan depan memanggil perusahan-perusahan yang ada di Halut,” kata Ketua DPRD Halmagera Utara, Janlis Gihanua Kitong, Jumat (08/09/2023).

Menurut Janlis, pemanggilan itu untuk dimintai keterangan terkait dengan keberadaan perusahan di Halut yang belum beroperasi,” Kami ingin tahu, apakah perusahan tersebut izinnya sudah kadaluarsa atau ada permasalahan lain sehingga sampai saat ini belum juga beroperasi,” ujarnya.

Lanjut Janlis bahwa, Perusahan tidak lagi beroperasi seperti PT. Emeralad Ferrochromium Industry (EFI) yang berlokasi di desa Gulo kecamatan Kao Utara dan PT. Capitol Kasagro (CSO) di Kecamatan Galela, yang dikabarkan telah memberhentikan operasinya. ” Nah Perusahan ini, sudah tidak ada kabar sama sekali, padahal sudah membangun kantor dan melakukan pembebasan lahan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Bawaslu Gandeng BEM se Halut Jadi Mitra Pengawasan Pemilu 2024

Lebih lanjut Janlis, pihaknya juga akan memanggil perusahaan pertambangan galian C yang beroperasi di wilayah Kabupaten Halut yang tidak mengantongi izin,” Semuanya kita panggil, agar mengetahui apakah mereka melaksanakan pertambangan di Halut telah mengantongi izin atau tidak, ” jelasnya.

Janlis mengecam dalam rapat nanti pihaknya juga melibatkan instansi terkait seperti Kejaksaan, dan Kepolisian, agar nanti jika terdapat pelanggaran hukum baik itu perdata maupun pidana, maka akan direkomendasi ke pihak berwajib, ” Kami akan rekomendasikan ke pihak berwajib jika ditemukan dugaan penyalahgunaan izin atau lainnya,” tegasnya.

Baca Juga  Gelar Akreditasi RSUD Tobelo Optimis Dapat Skor Nilai Tinggi

Lebih lanjut Janlis tindakan DPRD itu, untuk kepentingan daerah, sebab menurutnya banyak potensi-potensi daerah yang sudah dikelola, namun hasilnya tidak masuk ke daerah, ” Untuk diketahui, kami DPRD juga mendorong untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), banyak sekali potensi daerah yang belum maksimal di kelola oleh instansi terkait,” Akhirinya.

Peliput Kibo.


Baca Juga

Headline

Puluhan Kades Di Halmahera Utara “Geruduk” Kantor BKAD

Headline

NHM dan Kementrian ESDM Kolaborasi Agreditasi Program Pelatihan

Headline

Lagi-Lagi, Saluran Air Menjadi Target Buruan Tim Slaber Koramil 1508-01 Tobelo

Headline

PLN Diduga Merusak Pohon Hingga Cemari Lingkungan

Headline

Bawaslu Kota Ternate Pentingnya Sosialisasi Mengawas Dan Mengawasi Logistik Pemilu
Irawati Nurman Caleg PBB Terpilih Dapil II Kota Ternate Selatan Dan Moti

Headline

Pasca Pleno KPU Ternate, Irawati Nurman Beri Ucapan Terima Kasih Ke Pendukung

Headline

Miliki 3 Misi Utama, Muhammad Rizki Optimis Menang Di Pileg Morotai

Headline

Bang Onim Pulang Kampung, Solidaritas Pemuda Towara Peduli Palestina Gelar Aksi Penjemputan Dan Doa Bersama