Home / Pendidikan

Senin, 27 Juni 2022 - 19:13 WIT

Tuduhan Pungli di SMA Negeri 5 Ternate Tidak Benar, Itu Inisiatif Wali Kelas Yang Minta Partisipasi



MAHABARI, TERNATE– Tuduhan yang disematkan ke Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 5 Kota Ternate terkait dugaan adanya Pungutan Liar (Pungli) kepada siswa yang diminta untuk membayar Ijazah itu tidak benar adanya.

Kepsek SMA Negeri 5 Kota Ternate Difa Fara kepada media Mahabari.com, Senin (27/6/2022) mengatakan, terkait adanya permintaan membayar Ijazah bagi siswa itu tidak benar, sebab pada saat rapat dewan guru tidak pernah ada penyampaian atau hasil keputusan yang mengharuskan siswa yang mengambil ijazah harus membayar.

Baca Juga  Kembali Mencuat, Dugaan Pungli Terjadi Di Disdik Kota Ternate

“Saya tidak tahu terkait pungutan yang dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Ternate ini, apalagi saat ini dirinya justru yang dituduhkan melakukan pungli, dengan memberikan perintah ke Wali Kelas untuk melakukan pungutan ke siswa,” ungkapnya.

Hal ini akan diselidiki untuk diketahui dengan jelas permasalahan yang ada, sekali lagi dirinya tegaskan tidak memberikan perintah kepada Wali Kelas untuk lakukan pungutan pembayaran ijazah siswa.

Sementara, Wali kelas XII SMA Negeri 5 Kota Ternate Rahmi menjelaskan, terkait pungutan ini bukan perintah dari Kepsek SMA Negeri 5 Kota Ternate, tetapi ini inisiatif Wali Kelas saja, karena saat kelulusan banyak siswa yang ingin membuat acara perpisahan bersama dengan guru sekolah.

Baca Juga  LP3M Lepas Mahasiswa KKS UMMU Ternate Angkatan 29 Tahun 2022

“Makanya ini inisiatif Wali Kelas di SMA Negeri 5 Kota Ternate untuk memutuskan dengan meminta partisipasi dari siswa sesuai kemampuan pada saat lulus ujian, sehingga angkatan lulusan ini bisa membuat sesuatu untuk sekolah melalui partisipasi siswa tadi,” ungkapnya.

Kepsek tidak memberi perintah untuk pungutan pembayaran ijazah, namun ini inisiatif Wali Kelas SMA Negeri 5 Kota Ternate untuk meminta ke siswa sebagai biaya partisipasi dan itu terserah mau memberi berapapun tidak masalah, dan sampai saat ini tidak ada orang tua murid yang komplain, walaupun Wali Kelas belum melakukan rapat bersama orang tua untuk diberi tahu sebelumnya.

Baca Juga  SATUPENA MALUKU UTARA GELAR BUKBER DAN TADARUS PUISI

“Jadi ini memang inisiatif dari Wali Kelas di SMA Negeri 5 Kota Ternate, bukan perintah dari Kepsek, walaupun sejauh ini sudah ada yang memberikan biaya partisipasi tersebut secara bervariasi sesuai kemampuan dan tidak dipaksa harus nilainya berapa,” jelas Rahmi.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI


Baca Juga

Pendidikan

Ini Jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Semester di UT Ternate

Pendidikan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unkhair Ternate Gelar Bincang Puisi
Foto Usai Rapat Senat Universitas Hei Namotemo Halmahera Utara

Pendidikan

UNHENA Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Keunggulan Prodi Bimbingan Konseling 

Pendidikan

Rektor UMMU Lepas 10 Mahasiswa KKS dan Magang Internasional

Pendidikan

Rektor UMMU Ternate Lepas 68 Mahasiswa Magang Fikes

Home

Ini Empat Prodi Di UMMU Ternate Yang Paling Diminati Camaba

Pendidikan

Calon Wisudawan Fakultas Teknik Demo Terkait Penundaan Wisuda UMMU Ternate

Pendidikan

Pilkada Damai Berbasis Teknologi. Berasas UUD 1945