Home / Redaksi

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:23 WIT

Tim TPID Gelar Rapat Triwulan Untuk Jaga Keseimbangan Inflasi Jelang Idul Adha



MAHABARI, TIDORE- Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, melalui Bagian Ekonomi menggelar rapat triwulan Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan dipimpin oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Halil Achmad, di ruang rapat Sekda Kota Tidore.

Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Halil Achmad mengatakan bahwa kegiatan TPID ini menjadi evaluasi rutin setiap triwulan yang harus dievaluasi.

“Sehingga kita bisa mengetahui komoditi atau bahan pokok yang mengalami inflansi,” kata Halil.

Halil menambahkan, terkait dengan pengendalian inflansi Pemerintah Daerah memiliki peran penting agar harus intens berkoordinasi dengan Bank Indonesia maupun dari Badan Pusat Statistik terkait dengan data.

Baca Juga  Sebanyak 149 Pegawai Honorer Pemkot Ternate Akan Ikut Tes PPPK

Halil Achmad juga berharap agar Pemerintah Daerah bersama stakeholder terkait bahu membahu untuk berkolaborasi dalam mencegah inflansi yang ada di Kota Tidore.

Sementara, perwakilan Bank Indonesia M Rizki Basri memaparkan perkembangan inflansi Maluku Utara pada April 2022 mengalami inflasi sebesar 0,82% (mtm), sejalan dengan nasional yang juga mengalami inflasi sebesar 0,95% (mtm). Ditinjau secara tahunan Inflasi Maluku Utara pada April 2022 bernilai 1,82% (yoy).

Baca Juga  Cawagub Basri Salama Menyalurkan Hewan Qurban

M Rizki Basri menambahkan, meskipun kondisi saat ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Maluku Utara cukup tinggi dengan tingkat inflasi yang relatif rendah, namun risiko tekanan inflasi kedepan tetap tinggi.

“Dengan kondisi Maluku Utara yang saat ini masih defisit komoditas pangan, dan menjelang hari raya Idul Adha maka perlu diperkuat Peningkatan sinergitas antar TPID Kota Tidore untuk dapat memitigasi risiko distribusi, pertukaran informasi mengenai ketersediaan pasokan serta secara berkala TPID Kota Tidore harus memantau kerjasama yang telah berjalan, untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi permasalahan yang ada dengan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut,” ungkap Rizki.

Baca Juga  Idul Adha Bawa Keuntungan Bagi Motor Kayu Pengangkut Sapi Korban

Senada juga disampaikan, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam M Nasir A. Rahman mengatakan, rapat TPID ini dilaksanakan agar dapat menjaga keseimbangan inflansi yang ada di Kota Tidore.

“Apalagi menjelang lebaran Idul Adha ini khusus untuk beberapa komuditas tertentu yang mengalami inflansi sehingga segera bisa kita atasi,” kata M Nasir.

Peliput: Kru
Editor: ZI


Baca Juga

Lokal

Dispar Halut Hanya Kelola Dua Destinasi Wisata

Politik

BK DPRD Ternate: Nurlela Syarif Tetap Dapat Panggilan Klarifikasi

Redaksi

Ini 12 Nama Calon Anggota Bawaslu Malut Yang Lolos Tes Tertulis dan Psikologi

Redaksi

IMM Sula Angkat Bicara Terkait Penanganan Pemerintah Paska Banjir Desa Baleha

Lokal

Bupati Lantik 17 Pejabat Eselon II dan III di Lingkup Pemkab Halut

Redaksi

Sultan Tidore Terima Kunjungan Silaturahmi Dari Wakajagung RI

Redaksi

Wali Kota Tidore Jadi Pembicara di Media Podcast DPD RI

Lokal

Jemput STQ Tahun 2023, Pemda Haltim Mulai Siapkan Tempat Tinggal Kontingen