Home / Redaksi

Selasa, 30 April 2024 - 23:10 WIT

Pemda Halteng Target Tekan Angka Miskin Hingga 5-6%. Di tahun 2024


Foto Pj. Bupati Halmahera Tengah (Ikram M Sangadji)

Foto Pj. Bupati Halmahera Tengah (Ikram M Sangadji)


TERNATE Mahabari.com – Pj, Bupati Halmahera Tengah Ikram M Sangadji, Menanggapi penyataan yang di sampaikan Plt Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara Yasin Hayatudin Mengatakan bahwa Angka Kemiskinan di Halmahera Tengah berada di urutan pertama.

Karena berdasarkan data BPS Halmahera Tengah, untuk data miskin berada di urutan ke dua. Namun yang berada di urutan pertama adalah Halmahera Timur jelasnya

Dirinya menjelaskan, jika dilihat dari angka- angka yang turun di setiap tahunnya maka halteng. memiliki perubahan yang signifikan. Berbeda dengan kabupaten lainnya yang turun hanya nol koma sekian persen. Dibandingkan Halteng yang turun setiap tahunnya adalah 1 persen.

Baca Juga  268 CJH Kota Ternate Yang Akan Di Berangkatkan Terdapat 8 Orang Lansia

Sehingga Pemda Halteng menyediakan 2 program Prioritas yaitu, penurunan angka kemiskinan dan memperkuat ekonomi UMKM singgah dapat membuka lapangan pekerjaan.

Terpisah, Kepala Bappeda Halmahera Tengah Drs. Salim Kamaluddin,M.Si. Berdasarkan data rilis yang dikeluarkan BPS untuk Halmahera Tengah itu tidak termasuk kategori miskin extrem karena di tahun 2021 berada di angka 13,52%, di tahun 2022 berada di angka 12% dan di tahun 2023 itu berada di angka 11,4%.

Namun kesulitan pemerintah daerah Dalam mengatasi angka kemiskinan di Halmahera Tengah adalah persoal demografi dan urbanisasi penduduk yang tidak menetap. Dengan kondisi penduduk yang berpindah-pindah, ungkapnya.

Baca Juga  AMP-HT Ancam Boikot Aktivitas Ilegal Mining Yang Dilakukan PT. FMI

Lanjutnya, Kemudian kebutuhan yang menjadi variabel atau indikator yang berpengaruh terhadap kemiskinan melalui data by name by address. Halmahera tengah telah diberikan akses oleh Bappenas untuk data Maluku Utara khususnya Halmahera Tengah. Sehingga target pemda kedepannya, Angka kemiskinan di tahun 2024. Yang hasilnya di tahun 2025 bisa berkurang hingga 5 sampai 6%

Karena di tahun 2023 pemerintah daerah telah menjalankan program yang menyasar untuk kebutuhan penanganan peningkatan kesejahteraan, penyediaan di bidang sosial,. Dan penyediaan tenaga kerja

Baca Juga  Diduga Curi Suara Di 7 TPS, Tim Hukum Amin Buat Laporan Ke Bawaslu Kota Ternate

Bukan hanya itu pemerintah daerah kabupaten Halmahera Tengah juga akan menyediakan anggaran sebesar 200 miliar untuk OPD terkait dalam rangka melakukan peningkatan kesejahteraan melalui penyediaan layanan air bersi, pembangunan rumahan warga, mesjid, gereja, pemberian bantuan imam dan pendeta selain itu pemberian santunan kepada lansia di atas 60 tahun secara stimulan.

Sehingga dari program tersebut Halmahera Tengah dapat menekan angka kemiskinan untuk tahun 2024 di angka 5 sampai 6 persen perdasarkan program prioritas yang telah dicanangkan di tahun 2023. Harapnya.

 

 

Peliput: Faisal

Editor: Kibo


Baca Juga

Redaksi

Wali Kota Ternate Enggan Komentari SE MenPAN-RB Terkait Pegawai Non ASN

Lokal

Pasar Rawajaya di Tobelo Terbakar

Politik

Hasil Assesmen Pejabat Dilingkup Pemda Haltim Akan di Serahkan ke Bupati

Redaksi

Kadis P3A: Kurangnya Pengawasan Orang Tua, Anak di Kota Ternate Jadi Korban

Ekonomi

Pemkot Ternate Tempatkan Pedagang Pakaian di Lahan Parkiran Pasar Hieginis

Redaksi

Ini Besaran Zakat Fitrah, Zakat Mal, dan Fidyah di Kota Ternate

Lokal

Dispar Kota Ternate Larang Tempat Hiburan dan Hotel Jual Miras

Lokal

Siapa Pengelola Gedung Duafa Center Masih Dipertimbangkan Wali Kota Ternate