Home / Home

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:40 WIT

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka Untuk Pengambangan UMKM


Foto penyerahan bantuan barang PkM yang diserahkan langsung ketua PkM Mohbir Umasugi

Foto penyerahan bantuan barang PkM yang diserahkan langsung ketua PkM Mohbir Umasugi


MAHABARI Ternate- Pengembangan UMKM masih menjadi prioritas Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Dosen Universitas Terbuka Ternate, seperti yang di lakukan oleh Mohbir  dan Tim yang memfokuskan pada minuman dari olahan daging buah pala. Senin (28/08/2023)

Mohbir mengatakan ada 3 tahapan kegiatan dalam pelaksanaan PkM, yang pertama dimulai dari tahapan sosialisasi bertujuan untuk menyampaikan maksud dari kegiatan kepada mitra dalam hal ini UMKM Ne Gam Macahaya dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan PkM Ucapnya

setelah itu kami menyerahkan bantuan barang yang menjadi kebutuhan dari UMKM Ne Gam Macahaya untuk lebih berkembang dalam menjalankan usaha yang memanfaatkan hasil dari sumber daya alam untuk di kelolah menjadi suatu prodak,

Baca Juga  LPKA Ternate Belum Terima Surat Remisi 17 Agustus

Bantuan barang yang diserahkan merupakan kebutuhan UMKM Ne Gam Macahaya seperti botol dan stiker 250 ml untuk kemas sari buah pala, botol dan stiker 300 ml untuk kemas sirup pala, dan juga kemasan dus untuk sirup pala 300 ml.

Kedua, tim PkM yang terdiri Dosen Universitas Terbuka Ternate, perwakilan dari Universitas Terbuka Pusat, dan mahasiswa akhir dari program studi managemen melihat langsung proses pembuatan daging buah pala menjadi prodak sirup pala serta sari buah pala yang dilakukan oleh UMKM Ne Gam Macahaya.

Ketiga, hasil kegiatan ini akan di seminarkan pada pelaksanaan seminar nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 23 September mendatang, tandasnya.

Baca Juga  Tiga Kabupaten Yang Masuk Indikator Termiskin Di Malut

Dalam kegiatan ini tim pelaksana PkM akan presentasi kegiatan yang telah dilakukan sekaligus ikut promosikan prodak dari UMKM Ne Gam Macahaya pada kegiatan nasional Universitas Terbuka.

Terpisah melalui sambungan via telepon, Lisda Ariani Simabur selaku anggota pelaksana PkM yang sementara melanjutkan studi S3 di Universitas Hasanuddin Makassar menjelaskan bahwa kegiatan PkM ini merupakan salah satu kewajiban dosen setiap tahun dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang meliputi dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Manfaat dari pelaksanaan PkM berefek langsung kepada masyarakat sekitar, terutama UMKM Ne Gam Macahaya di Kelurahan Marikurubu. Kegiatan PkM ini sudah dilaksanakan mulai dari bulan April sampai dengan Agustus ini.

Baca Juga  Terciptanya Suasana Aman Dan Damai Forkopimda Ternate Bersilaturahmi Di Gereja

Muhammad Darsan Hi Adam menambahkan secara umum kegiatan PkM bertujuan untuk mempromosikan narasi rempah Maluku Utara. Inspirasi dari UMKM dihadirkan melalui produk turunan dari olahan daging buah pala menghasilkan minuman sari buah pala dan sirup pala yang merupakan hasil inovasi UMKM Ne Gam Macahaya.

Sasaran PkM Universitas Terbuka Ternate kepada UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi karena UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Kemampuan UMKM bertahan pada krisis 1998 dan masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 s/d 2022 harus di apresiasi oleh barbagai pihak karena UMKM secara ihlas bertahan dan menyusun ulang pazel ekonomi pasca setuasi tidak terduga yang melanda negeri ini tutupnya.


Baca Juga

Headline

Kadisnakertrans Halut Bantah Tidak Capai Target PAD

Home

Kordinator JATAM Minta KPK Periksa PT Trimega Bangun Persada tbk

Home

Calon Anggota Bawaslu Malut Minim Pendaftar Perempuan

Advetorial

Redam Konflik Antar Warga Kodim 1501/Ternate Back Up Polres Ternate Gerak Cepat

Headline

Musdalub PD Tidar Malut Sukses Digelar

Hedline

Saksi OTT Gubernur Maluku Utara Nyaris Bunuh Diri Di Toilet KPK

Hedline

Walikota Ternate Minta Hentikan Pekerjaan Pemerataan CV Dragon

Headline

Abner DPRD Keliru dan Salah Hitung Tolak Penerimaan PPPK