Home / Redaksi

Selasa, 12 Juli 2022 - 13:33 WIT

Disdukcapil Akan Rilis Data Jumlah Penduduk Kota Ternate Tahun 2022


Kepala Disdukcapil Kota Ternate Rukmini A. Rahman

Kepala Disdukcapil Kota Ternate Rukmini A. Rahman


MAHABARI, TERNATE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ternate akan merilis data jumlah penduduk Kota Ternate tahun 2022 di bulan Juli ini.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Ternate Rukmini A. Rahman kepada media Mahabari.com, Selasa (12/7/2022) mengatakan, Disdukcapil akan rilis data jumlah penduduk nanti pada semester I tahun 2022 di bulan Juli ini, sebelum dirilis Disdukcapil belum bisa membuka ke publik.

Kata Rukmini, untuk pendataan itu tidak ada di Disdukcapil lagi, tetapi pendataan itu saat ini ada di KPU, Disdukcapil hanya mengikuti data registrasi yang ada saja.

Baca Juga  Kadis P3A: Kurangnya Pengawasan Orang Tua, Anak di Kota Ternate Jadi Korban

“Yang jelas kita sampai saat ini belum bisa sampaikan rilis jumlah data penduduk semester I untuk tahun 2022 ini, karena Daftar Penduduk Potensial Pemilih DP4 dari Kemendagri RI belum mengeluarkan,” ucap Rukmini.

Dalam setahun, akan ada dua kali rilis data jumlah penduduk, yaitu semester I di bulan Juli dan semester II di bulan Desember, dan untuk data tahun 2021 semester II Kota Ternate sudah 100 persen penduduk yang melakukan perekaman, dan untuk tahun 2022 nanti dilihat karena ada penambahan penduduk usia 17 tahun yang belum dilakukan perekaman.

Baca Juga  DPW RSI Malut, Berbagi Takjil Dan Paket Sembako, Di LPKA Kalas II Ternate Dan LPP Klas III Ternate

Untuk data jumlah penduduk usia 17 tahun, kegiatan perekamannya memang belum maksimal dan diupayakan untuk segera perekaman di kantor Disdukcapil Kota Ternate sebab saat ini masih kekurangan alat perekaman.

Memang, data ini masih ada penambahan atau pengurangan, sebab yang meninggal datanya masih ada dan belum dilaporkan untuk dibuatkan akta kematian, ini juga dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat.

Baca Juga  Sukses Gelar Bimtek, PPK Selatan Gunakan SIDALIH dan E-Coklit Untuk Pemutahiran Data Pemilih

“Data base yang meninggal bisa hilang jika sudah dibuatkan akta kematian penduduk, karena jika tidak ada laporan pembuatan akta kematian, maka Disdukcapil Kota Ternate tidak bisa menghapus data, harus ada dasar untuk lakukan penghapusan data,” ungkapnya.

Sehingga, ditahun 2022 ini, Disdukcapil Kota Ternate membuat program percepatan cakupan akta kematian, agar data bisa segera dibersihkan.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI


Baca Juga

Redaksi

Ini Besaran Zakat Fitrah, Zakat Mal, dan Fidyah di Kota Ternate

Hukum

AKBP Setyo Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Sekaligus Pemberian Reward Kepada Personil Berprestasi

Redaksi

Plt. Kadisperindag: Selama Ini Petugas Penagihan Retribusi Lapak Yang Salah

Redaksi

Sebanyak 149 Pegawai Honorer Pemkot Ternate Akan Ikut Tes PPPK

Budaya

Pencak Silat Jadi Tradisi Masyarakat Desa Baleha di Hari Raya Idul Fitri

Redaksi

Pekan Depan, Calon Jamaah Haji Kota Ternate Diberangkatkan

Redaksi

Muhibah Budaya Jalur Rempah Tiba di Ternate Dengan KRI Dewaruci

Lokal

Tim Saber Pungli Minta Kadishub Kota Ternate Agar Kontrol Petugas di Lapangan