Home / Lokal / Redaksi

Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:08 WIT

BPBD Kota Ternate Imbau Agar Masyarakat Lebih Hati- Hati Dengan Cuaca Saat Ini



MAHABARI, TERNATE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ternate menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas diluar rumah agar lebih berhati- hati dengan kondisi cuaca saat ini.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Ternate M. Ihsan Hamzah mengatakan, kondisi cuaca di Kota Ternate pada khususnya sampai di bulan Juni 2022 fluktuatif.

Kata dia, merujuk pada edaran Wali Kota Ternate yang pernah dikeluarkan sebelumnya bahwa Kota Ternate dalam status siaga dikarenakan cuaca ekstrim di wilayah Maluku Utara berdasarkan data yang pernah disampaikan oleh BMKG.

Baca Juga  AKBP Setyo Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Sekaligus Pemberian Reward Kepada Personil Berprestasi

Sehingga, Plt. Kalak BPBD Ternate menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat lebih berhati- hati dalam beraktivitas mengingat di Kota Ternate pernah mengalami banjir sampai mengakibatkan 3 korban jiwa.

Untuk itu, setiap kali hujan lebat diminta agar masyarakat lebih mengawasi anak- anaknya yang bermain di daerah aliran sungai, serta juga masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor selalu berwaspada sehingga tidak ada lagi korban jiwa seperti kejadian sebelumnya.

Baca Juga  Dukung Sail Tidore 2022, TNI AL Lakukan Bakti Kesehatan Surya Baskara Jaya

“Kendala kami dilapangan yaitu alarm peringatan dini yang ada di kelurahan saat ini tidak lagi berfungsi dengan berbagai alasan ada yang rusak dan lain sebagainya, sehingga BPBD berencana akan mengusulkan kembali pada APBD Perubahan 2022 ini,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau agar Nelayan yang hendak melaut agar lebih berhati- hati dan agar lebih memperhatikan kondisi cuaca laut.

“Kami berharap juga agar BMKG bisa memberikan data kondisi cuaca di Kota Ternate beberapa bulan kedepan, sehingga ada langkah antisipasi yang bisa dilakukan BPBD,” kata dia.

Baca Juga  Pemkot Ternate Akan Tertibkan Lapak di Kawasan Reklamasi Mangga Dua

Lanjutnya, walaupun BPBD Kota Ternate sudah menyurat ke BMKG untuk meminta data perkiraan cuaca beberapa bulan kedepan, tetapi baru data perkiraan cuaca bulan Juni 2022 yang diberikan.

“Kami berharap agar data perkiraan cuaca beberapa bulan kedepan bisa disampaikan BMKG sehingga BPBD Kota Ternate bisa bergerak lebih cepat,” pinta Ihsan.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI


Baca Juga

Redaksi

Ini Lima Pimpinan BAZNAS Tidore Periode 2022- 2027

Redaksi

Operasi Pekat Kie Raha I 2024 Berhasil Amankan 5 Sachet Ganja Kering Berat 3,9 Gram

Hukum

Nikah Tanpa Izin, Munira Husen Akan Laporkan JS dan IT

Lokal

Besok, Wali Kota Ternate Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih Untuk Peringati HUT RI

Redaksi

Launching Sail Tidore 2022 Dilakukan di Auditorium Kemendag RI

Headline

Masifikasi Politik Transaksional: Fenomena Pemilu 2024

Politik

Timsel Bawaslu Malut Sebut Dosen Swasta Tidak Perlu Izin Pimpinan

Redaksi

Pemdes Tolonuo Halut Diduga Hapus Sejumlah KK Penerima BLT Tahun 2022