Home / Pendidikan

Senin, 11 April 2022 - 20:06 WIT

902 Siswa SMA DAN SMK Sederajat Di Halmahera Timur Ikuti Ujian Sekolah


Kepala Cabang Dinas Pendidikan Halmahera Timur melakukan pemantauan Ujian Sekolah di SMAN 2 Halmahera Timur Kec. Wasile Desa Batu Raja

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Halmahera Timur melakukan pemantauan Ujian Sekolah di SMAN 2 Halmahera Timur Kec. Wasile Desa Batu Raja


MAHABARI, HALTIM – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) diselenggarakan di Maluku Utara. Tak terkecuali sejumlah sekolah SMA/SMK/Sederajat di Kabupaten Halmahera Timur, yang menyelenggarakan US pada Senin 11 April 2022. kegiatan ujian diselenggarakan serantak selama 7 (tujuh) hari, mulai dari tanggal 11 – 20 April 2022.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Timur, Muhammad Zufriyadi, S.Si.,M.Si menyampaikan bahwa sebanyak 16 SMA, 8 SMK, dan 2 SLB melaksanakan ujian sekolah mulai hari ini, dengan jumlah siswa yang mengikuti ujian 902 peserta ujian.

Baca Juga  Cabup Haltim, Farel Incar Rekomendasi Golkar

“US dilaksanakan dengan model CBT atau USBK (ujian sekolah berbasis komputer) bagi sekolah yang memiliki sarana TIK dengan jaringan internet yang memadai, sedangkan sekolah yang tidak memiliki sarana TIK masih menggunakan model USKP (ujian sekolah berbasis kertas pensil), ujar yadi.

Yadi menambahkan dari 26 sekolah SMA, terdapat 5 sekolah masih menggunakan model USKP yaitu SMAS Mafuturu Fayaul, SMAS Taman Siswa, SMAS Cyrus Haltim, SMAN 11 Haltim, dan SMAN 9 Haltim.

Baca Juga  Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan di Haltim

Terkait dengan pemeriksaan hasil ujian sekolah, untuk ujian sistem CBT pilihan ganda (PG) bisa langsung terlihat hasilnya, sehingga guru tidak perlu memeriksa. Namun untuk soal uraian, peserta didik masih mengisi dengan kertas pensil sehingga mengharuskan guru memeriksa, ujar Yadi.

“Hasil US dan nilai raport menjadi penentu kelulusan. Seperti yang kita ketahui Ujian Nasional (UN) sudah diganti, maka instrumen kelulusan yang dipakai adalah US dan nilai Raport, tutur Kacabdis.

Baca Juga  Bupati Haltim Buka Pelaksanaan MTQ Ke-11 Tingkat Kabupaten

Kacabdis berharap ujian berjalan dengan lancar, aman dan tertip serta tidak ada kendala dengan jaringan listrik. jika ujian menggunakan USBK maka komputer server menyimpan soal ujian tidak bisa mati. namun jika terdapat kendala atau siswa berhalangan mengikuti, maka ada ujian susulan yang dilaksanakan pada 20 – 27 April 2022, tuturnya.

Penulis : J. Wahyu
Editor : Kadi


Baca Juga

Pendidikan

UMMU Ternate Kembali Kirim Mahasiswa Pada Program Internasional di Thailand

Headline

TNI Dan Pramuka Kekerjasama Bentuk Generasi Muda Berdedikasi

Lokal

DP3A Akan Bentuk Satgas Pencegahan Kekerasan Seksual Di Lingkup Kampus

Pendidikan

Ini Jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Semester di UT Ternate

Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan di Haltim

Budaya

Prodi Bahasa dan Sastra Unkhair Ternate Akan Pentaskan Drama Sendra Tari di Sofifi

Budaya

Ikatan Alumni Univeritas Terbuka Beri Bantuan Suku Togutil

Pendidikan

Rektor Tidak Izinkan Lagi Dosen UMMU Berkarir Diluar