Home / Pendidikan

Jumat, 24 Juni 2022 - 14:07 WIT

Unkhair Ternate Buka 4.711 Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022



MAHABARI, TERNATE – Universitas Khairun (Unkhair) Ternate mulai membuka kuota kursi penerimaan calon mahasiswa baru sebanyak 4.711 kuota secara keseluruhan di tahun 2022.

Hal ini disampaikan, Humas Unkhair Ternate Suratin Hasan, Jumat (24/06/2022) mengatakan, dari 4711 kuota yang ada, ini dibagi dalam tiga jalur seleksi, pertama itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sudah dilaksanakan dan kuota yang di sediakan 1.414 kursi dan yang mendaftar itu cuma sebanyak 870 orang, otomatis di jalur undangan ini masih tersisa 544 kursi yang kosong.

Selanjutnya, dibuka seleksi tahap dua, yaitu Seleksi Bersama Masuk Pergurun Tinggi Negeri (SBMPTN) bersama dengan seluruh Universitas Negeri se- Indonesia, dan kalau tahap pertama hanya seleksi rapor terakhir, sedangkan kalau di Tahap kedua, seleksi menggunakan tes komputer, soal dan semua persyaratan secara nasional.

Baca Juga  Gelar Seminar Nasional Ekonomi Kreatif, UT Ternate Dapat Apresiasi dari Sandiaga Uno

Untuk seleksi tahap dua kemarin, yang mendaftar di Unkhair itu sebanyak 1.885 orang, namun dalam perjalanannya, saat seleksi di bulan Mei 2022 kemarin itu hanya sekitar 1.722 orang yang ikut tes, jadi ada sekitar 163 orang yang tidak mengikuti tes, otomatis tidak lagi lulus.

Seleksi kedua SBMPTN, secara serentak seluruh indonesia akan diumumkan hasil tesnya, jadi mulai angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang sudah ikut tes silahkan cek di website pengumuman ltmpt.ac.id, tinggal masukan nomor tes dan tanggal lahir.

Baca Juga  Unkhair Ternate Dapat Hibah Tanah 5 Hektar Dari Pemda Tidore

Sementara, untuk tahap ketiga itu seleksi mandiri yang akan dibuka sampai 27 juni 2022, kalau ada yang tidak lulus seleksi di tahap dua, maka bisa ikut di tahap tiga jalur mandiri, karena jalur mandiri ini hanya di sediakan 1.412 kursi sementara yang mendaftar itu sudah 1840 orang sampai hari ini.

Jalur mandiri ini awalnya cuma di sediakan 1.412 saja, tapi karena di tahap 1 ada 544 kursi dan di tahap 2 ada 163 kursi, maka semua sisa kuota kursi itu akan di geser ke jalur mandiri jadi akan bertamba menjadi 2.119 kursi.

Baca Juga  Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Pokjar Kota Tidore Kepulauan, Gelar Bakti Sosial

Perbedaan dari ketiga sistem ini di antaranya, jalur nasional pertama SNMPTN itu khusus yang lulusan tahun 2022 saja, sementara jalur kedua SBMPTN khusus siswa yang lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 sementara tahap ketiga jalur mandiri itu khusus siswa yang lulusan tahun 2019, 2020, 2021 dan 2022.

Selain ketiga jalur ini, Unkhair Ternate juga menerima jalur berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik, seperti prestasi olahraga, tari, hafidz qur’an dan lainnya, yang di buktikan dengan sertifikat tingkat nasional dan internasiona dari bidang-bidang tersebut dan itu bebas tes.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI


Baca Juga

Foto Usai Rapat Senat Universitas Hei Namotemo Halmahera Utara

Pendidikan

UNHENA Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Keunggulan Prodi Bimbingan Konseling 

Ekonomi

OKP Cipayung Kecewa Wali Kota Ternate di Luar Daerah

Pendidikan

Tuduhan Pungli di SMA Negeri 5 Ternate Tidak Benar, Itu Inisiatif Wali Kelas Yang Minta Partisipasi

Pendidikan

Disebut Serobot Lahan, Ketua Komite SMA Negeri 8 Halut Berang

Pendidikan

Seorang Mahasiswa IAIN Ternate Dipukul Oknum Security Kampus

Lokal

Orang Tua Murid dan Guru Madrasah Protes Surat Edaran Dari Disdikbud Halut

Lokal

Dinas Pendidikan Kota Ternate Evaluasi Sejumlah Program

Home

UT Ternate bersama SMA 10 Ternate gelar Ramadan To School