Home / Headline

Kamis, 9 November 2023 - 18:34 WIT

Dugaan Pelanggaran Kampanye Anak Kandung Gubernur Sudah Tahap Penyelidikan



TOBELO-Mahabari.Com, Dugaan pelanggaran kampanye oleh Caleg DPR RI Muhammad Tharia Kasuba dan Adiknya Caleg DPRD Provinsi Dapil Halut – Morotai dari Partai Gerindra sudah masuk tahap penyelidikan Sentra Gakumdu Bawaslu Halut.

Pasalnya dugaan pelanggaran kampanye itu, terjadi di Desa Gulo Kecamatan Kao Utara melibatkan Anak Kandung Gubernur Malut. Bukti Vidio kampanye dua anak kandung Gubernur itu, sudah tersebar di Publik, dan dikantongi Bawaslu Halut.

Baca Juga  Lagi-Lagi, Saluran Air Menjadi Target Buruan Tim Slaber Koramil 1508-01 Tobelo

Komisioner Bawaslu Halut Jenfanher Lahi, mengatakan, bahwa kasus tersebut merupakan proses temuan. Sehingga saat ini, pihak Bawaslu sudah menaikan kasus tersebut dan sudah dibahas. Pasalnya kasus tersebut, bisa masuk pada kasus tindak pidana sesuai dengan Undang Undang Pemilu.

“Saat ini bahwa pihak panwascam tidak punya kewenangan, sehinga dapat di tindak lanjuti ke Bawaslu kabupaten dan tingkat nya hinga ke sentral Gakumdu untuk diprosss, kasus tersebut telah dibahas dan masuk pada tahapan penyelidikan”kata Jenfangker Kamis (09/11).

Baca Juga  Polres Berhasil Tangkap Pelaku Persetubuhan dan Pencabulan Anak Dibawah Umur

Lanjut ia, pihak penyidik melakukan penyilidikan di kantor Bawaslu untuk meminta keterangan atau mengklarifikasi kasus pelangaran kampanye yang di lakukan oleh Thariq dan adiknya.

“mengenai dengan saksi tersebut tergantung pada proses pengkajian , sanksi apa yang nantinya diberikan, masih dalam tahapan proses yang belum ada putusan.” Bebernya.

Baca Juga  NHM Sambangi TPQ Al Istiqoma Igobula Galela Selata

“setelah pertemuan antara pihak jaksa dan kepolisian maupun Bawaslu, kini pihak Jaksa dan kepolisian menemukan titik terang, bahwa dengan berdasarkan bukti dari keterangan awal yang sudah di minta, bahwa kasus ini akan dinaikan ke tahap satu,” Akhirinya.

Peliput Vikri/Jazman


Baca Juga

Headline

Polres Ungkap Pelaku Penganiayaan Satu Masih DPO

Headline

Kasman Lantik Pengurus Orda ICMI Halut

Headline

Seleksi Calon Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten Resmi Dibuka

Headline

Rancangan KUA-PPAS Pemda Morotai Masuk Ke DPRD

Headline

CV TJK Diduga Kurangi Volume Pekerjaan Jalan Lingkar Desa Seki Galela Selatan

Headline

Muhaimin Syarif Murung Usai Diperiksa KPK

Headline

AGK Tidak Yakin Sofifi Jadi Mekar Ibu Kota Provinsi

Headline

Maulid Nabi “Memperdalam Rasa Cinta pada Rasulullah SAW Dengan Meneladani Sifatnya Dalam Kehidupan