Home / Headline

Rabu, 20 September 2023 - 15:11 WIT

Pemkot Ternate Bakal Berikan Lahan Pekuburan 1,6 Heaktar ke Warga Fitu


Foto Walikota Ternate M Tauhid Soleman

Foto Walikota Ternate M Tauhid Soleman


TERNATE mahabari.com, Jerih payah masyarakat Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate selatan, akhirnya terjawab. Itu setelah Pemerintah kota (Pemkot) Kota Ternate bakal berikan Lahan kurang lebih 1,6 hektar kepada warga Fitu. Lahan tersebut untuk dijadikan tempat perkuburan warga.

Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman mengatakan, terkait lahan perkuburan warga, sudah selesai di bicarakan pada minggu malam, bersama perwakilan dari masyarakat kelurah Fitu. Bertempat di Kediaman Wali Kota Ternate.

lahan milik pemkot ternate itu, tetap diberikan kepada warga Fitu, untuk dijadikan lahan pekuburan masyarakat. Bahkan pembicaraan itu, suda disepakati, Pemkot tetap menepati janji memberikan lahan pekuburan kepada warga.

Baca Juga  Galian C Bebas Operasi Tanpa Kantongi Izin di Galela Halut

“Lahan perkuburan itu sangatlah penting dan menjadi kebutuhan buat masyarakat yang ada di kelurahan fitu, “kata mantan Sekertaris Daerah Kota Ternate ini.

Lanjut Dia, lahan milik Pemkot Ternate yang berada di Kelurahan Fitu itu, bukan berstatus Hiba, tetapi dijadikan sebagai bagian dari fasilitas umum dalam bentuk lahan pekuburan.

“Tidak ada sintem pinjam pakai lahan itu, yang ada lahan tersebut di peruntukan untuk pekuburan buat masyarakat yang ada di Kelurahan Fitu,”pungkasnya.

Sementara di tempat berbeda, Sekertaris Lebaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Kelurahan Fitu, M.Fadlan Ismail mengatakan, sebelum bertemu dengan Wali Kota Ternate, pihaknya sudah lebih dulu didatangi Disperkim Kota Ternate untuk membicarakan soal lahan perkuburan.

Baca Juga  Siltap Tertunggak Enam Bulan Para Kades Ancam Lumpuhkan Pelayanan di Desa

Dalam pertemuan bersama masyarakat dan Disperkim Kota Ternate di Kantor Kelurahan Fitu, ada  titik terang yang di dapatkan terkait lahan perkuburan ini.

“Ada beberapa opsi yang di tawarkan itu, pertama lahan kubur akan direalisasikan di tahun 2024 dan kedua, lahan 1,6 milik Pemkot Ternate yang ada di Kelurahan Fitu bisa dialifungsikan sebagai lahan perkuburan,”tutur Sekertaris LPM Fitu.

M.Fadlan menjelaskan, menindaklajuti dari hasil pertemuan itu, malamnya LPM Kelurahan Fitu langsung bertandang ke kediaman Wali Kota Ternate. Saat bertemu pihak LPM langsung membahas soal lahan milik pemkot, mau di peruntukan buat lahan perkuburan. Alhasil Walikota juga sepkat lahan tersebut, dijadikan tempat perkuburan warga.

Baca Juga  Tim Resmob Polres Ternate Ringkus Pelaku Pencurian di Pasar Barito Ternate

“Masyarakat sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada Pemkot Ternate, yang mau merespon baik soal lahan perkuburan. Juga berterima kasih pada teman teman mahasiswa GMNI Terntate yang ikut berjuang soal lahan pekuburan. Hal ini salah satu problem yang paling krusial buat masyarakat Fitu.” Jelasnya

Peliput Fahrun


Baca Juga

Stick Cone

Headline

Ketua LBH Ansor Minta Tauhid Soleman Mengevaluasi Kadishub Ternate

Headline

Wartawan Dipersulit Liput Paripurna DPRD

Headline

Gegara Lurah Warga Talangame Bastiong Palang Kantor

Headline

Nelayan Berkah Kayu Merah Ternate Minta Armada Sampa Laut

Headline

Galian C Bebas Operasi Tanpa Kantongi Izin di Galela Halut

Headline

Thoriq Dan Nazlatun Terancam Pidana Satu Tahun

Headline

Disnakertrans Apresiasi PT NHM Tidak PHK Karyawan

Headline

Bupati Haltim Lantik Kades PAW Desa Sidomulyo