Home / Pendidikan

Senin, 6 Juni 2022 - 17:39 WIT

LLDIKTI Wilayah XII Buat Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian di UMMU Ternate



MAHABARI, TERNATE- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII membuat pelatihan pendampingan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se- Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 – 7 Juni 2022 di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate dan menghadirkan Pemateri Prof. Apriana Toding, ST., MEngSE., PhD dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

Apriana Toding saat dikonfirmasi mahabari.com mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan animo dari para dosen dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII untuk mengajukan proposal.

Baca Juga  UT Ternate bersama SMA 10 Ternate gelar Ramadan To School

“Memang di tahun ini, para dosen banyak mengajukan proposal tetapi banyak yang tidak lolos, sehingga kita berharap dengan ada pendampingan ini semua proposal yang tidak lolos, bisa menjadi lolos di tahun depan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dosen yang telah mengikuti kegiatan pada hari ini, bisa menyusun proposal yang baik dan benar dengan mengikuti tahapan dalam pengisian subtansi, sehingga dapat terbiasa melakukan penelitian.

Baca Juga  Dari Cara Pandangmu, Menentukan Kualitas Hidupmu

Kata Apriana, dalam pengajuan kali ini masih sedikit yang masuk Klaster Madya dan lebih banyak yang Binaan, artinya bahwa di Maluku Utara ini peluang untuk mengajukan penelitian dosen pemula itu banyak.

Sehingga dana stimulus dari pemerintah itu bisa diambil semua oleh dosen yang memang mengajukan penelitian sebagai dosen pemula.

“Karena dana untuk dosen pemula itu stimulus, karena bagi dosen yang mau belajar untuk melakukan penelitian, skema penelitian dasar dosen pemula, ini yang bisa diajukan dan itu juga bisa menghasilkan luaran publikasi nantinya,” ungkap dia.

Baca Juga  Rektor UMMU Lepas 10 Mahasiswa KKS dan Magang Internasional

Lanjutnya, jika sudah menghasilkan luaran publikasi, berarti persiapan dosen untuk mendapatkan dana hibah yang lebih besar dari Dikti, sebab targetnya adalah dana dari Riset Dikti yang namanya DRTPM.

Kalau dosen dapat melakukan penelitian, maka itu sudah secara langsung melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, artinya bahwa telah melakukan pengajaran, penelitian, pengabdian dan itu memang yang harus di lakukan oleh para dosen, ungkapnya.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI


Baca Juga

Foto Usai Rapat Senat Universitas Hei Namotemo Halmahera Utara

Pendidikan

UNHENA Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Keunggulan Prodi Bimbingan Konseling 

Lokal

Orang Tua Murid dan Guru Madrasah Protes Surat Edaran Dari Disdikbud Halut

Budaya

Ikatan Alumni Univeritas Terbuka Beri Bantuan Suku Togutil

Pendidikan

Pemilu 2024 Akademisi UMMU Minta KPU Dan Bawaslu Harus Netral

Pendidikan

Tuduhan Pungli di SMA Negeri 5 Ternate Tidak Benar, Itu Inisiatif Wali Kelas Yang Minta Partisipasi

Pendidikan

HMTI UMMU Ternate Gelar Milad Ke- 19 Bersama Alumni

Home

UT Ternate bersama SMA 10 Ternate gelar Ramadan To School

Pendidikan

Pilkada Damai Berbasis Teknologi. Berasas UUD 1945