Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Redaksi

Rabu, 5 Oktober 2022 - 15:44 WIT

Sri Hatary: Aplikasi Simoreklikbang Dapat Monitor Isu Ekonomi di Malut


Bagikan

MAHABARI, TERNATE- Launching aplikasi Simoreklikbang Provinsi Maluku Utara (Malut) yang digagas Asisten II Gubernur Malut Sri Haryanti Hatary yang berlangsung di Hotel Jati, Rabu (5/10/2022).

Menurut Sri, website dan aplikasi ini buat untuk dapat memonitoring dan koordinasi lingkup ekonomi pembangunan. Aplikasi Simoreklikbang adalah sebuah gagasan dalam bentuk aplikasi website forum koordinasi organisasi perangkat daerah lingkup tugas Asisten ekonomi pembangunan.

Dia juga mengatakan, seperti yang diketahui bersama, birokrasi yang baik menjadi kunci sebuah Pemerintahan yang baik dalam melaksanakan pembangunan. Untuk itulah reformasi birokrasi harus terus dilakukan serta mencakup penerapan prinsip akuntabilitas dalam pengambilan keputusan serta, kultur birokrasi yang berbasis inovasi.

“Sebagai inisiator aplikasi ini, saya berharap koordinasi dan sinergitas Organisai Perangkat Daerah yang bertugas dalam lingkup Ekonomi Pembangunan di Provinsi Malut dapat terjalin lebih baik dan optimal. Selain itu dengan adanya aplikasi ini saya optimis akan mengantarkan kita kepada praktik Pemerintahan yang bersih (clean government) dan tata kelola Pemerintahan yang baik (good governance),” ungkapnya.

Baca Juga  Musdalub PD Tidar Malut Sukses Digelar

Kata dia, aplikasi Simoreklikbang bisa langsung digunakan melalui handphone maupun laptop, dengan membuka aplikasi browser dan membuka alamat: simoreklikbang.malutprov.go.id serta memiliki beberapa fitur unggulan yaitu Forum Koordinasi, Sinergitas Program Berdasarkan Isu Ekonomi, Satu Data Lingkup Ekonomi, serta Berita Melalui fitur Forum Koordinasi Pengguna Aplikasi.

Untuk itu dirinya berharap, dengan adanya program ini sehingga dapat saling berkoordinasi secara real- time, untuk membahas isu- isu ekonomi terkini, serta merumuskan perencanaan dan kebijakan yang tepat sasaran, melalui fitur sinergitas program berdasarkan isu ekonomi, sebab pengguna aplikasi bisa mengetahui kondisi ekonomi terkini dalam format dashboard data, serta memberikan solusi kebijakan untuk mengatasi isu tersebut.

Baca Juga  Daftarkan Bacaleg Golkar Ke KPU Halut, Samsul Bahri : Mari Bung Rebut Kembali

Lanjutnya, melalui fitur satu data lingkup pengguna aplikasi dapat berbagi data pembangunan ekonomi di Malut yang dapat diakses oleh pemangku kebijakan dan stakeholder, serta terbuka untuk pelaku ekonomi lainnya.

Setiap komunikasi dalam forum koordinasi, perubahan dalam tabel sinergitas isu ekonomi, dan tabel satu data perekonomian Malut yang dilakukan, dapat diketahui secara langsung dan dipantau oleh Gubernur, Wakil gubernur, Sekda, serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Malut melalui notifikasi WhatsApp.

Baca Juga  AMP-HT Ancam Boikot Aktivitas Ilegal Mining Yang Dilakukan PT. FMI

Serta melalui fitur berita, pengguna dapat mengakses informasi pelaksanaan program dan kegiatan yang dilakukan organisasi perangkat daerah lingkup ekonomi pembangunan Provinsi Malut dan Fitur ini juga dapat diakses oleh publik, sebagai bentuk keterbukaan informasi pelaksanaan program pembangunan.

Kata Sri, pada masa uji coba sampai dengan saat ini, di aplikasi Simoreklikbang sudah terdapat 21 OPD yang tergabung, 25 master tabel, 34 jenis data ekonomi pembangunan, serta 43 user terdaftar, dan dengan adanya launching aplikasi website Simoreklikbang diharapkan semakin terwujudnya sinergitas, monitoring dan koordinasi yang efektif, efisien dan representatif di lingkungan Pemerintah Provinsi Malut.

Peliput: Faisal
Editor: ZI


Bagikan

Baca Juga

Politik

PAN Malut Akan Dorong Elang dan Kace Pada Pilgub Malut 2024

Lokal

DPRD Kota Ternate Minta Dirut PDAM Ake Gaale Tagih Tunggakan Meter di Kelurahan Sangaji

Redaksi

SeOPMI Haltim Minta Gubernur Malut Cabut Izin IUP PT. CBL dan LG

Redaksi

Komnas Perempuan Uji Coba Program SPPT-PKKTP di Maluku Utara

Lokal

50 Anggota PPK Haltim Resmi Di Lantik

Politik

DPD Partai Gerindra Malut Akan Polisikan Pengurus Partai Yang Merusak Kantor

Lokal

Mediasi Pemerintah Kecamatan Ternate Selatan Dengan Warga Jati Perumnas, “Sultan Soamole Belum Bisa Diganti”
Foto Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Headline

Netralitas Pemilu 2024, Polri Minta Masyarakat Taksebarkan Isu Hoax