Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Headline

Jumat, 6 Oktober 2023 - 11:52 WIT

Sejumlah Paket Pekerjaan Terancam Temuan


Bagikan

TOBELO-Mahabari.Com, Sejumlah paket proyek pekerjaan di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), disenyalir terancam temuan. Buktinya sejumlah paket pekerjaan berpotensi tidak selesai, lantaran pembiayaan hanya 50 Persen.

Pasalnya Pemda Halut berinisiasi bersepakat untuk pembiayaan paket pekerjaan Proyek di APBD Halut tahun 2023 dibiayai hanya 50 persen, dan sisanya 50 persen bakal masuk di Peluncuran APBD 2024. Itu bakal menyebabkan sejumlah paket pekerjaan terancam tidak selesai sesuai kontrak tender pekerjaan.

Baca Juga  Saksi Capres No 2, Menduga 856 Suara Raib Dicolong Uknum PPK Dan KPU

Kordinator Gapeknas Halut Iksan Tamodehe mengatakan, Kesepakatan Pemda Halut terkait pembiayaan paket pekerjaan 50 persen itu, bisa menjadi ancaman bagi para pihak ke tiga.

“ kami menolak kesepakatan itu, karena membuat kesepakatan secara sepihak. Sebab pekerjaan paket proyek itu, sesuai nilai kontrak jika, terlambat kami dikena denda, bahak bisa terancam temuan.” Bebernya.

Baca Juga  Proyek Penambahan RKB MI Babullah oleh CV Fayola Abadi Diduga Asal Asalan

Lanjut ia, Pemda Halut harusnya membangun kesepakatan bersapa para pihak ketiga kontraktor. Bahkan dihadirkan Kapolres, dan Kepala Kejaksaan (Kejari) Halut untuk menyaksikan kesepakatan pembiayaan paket pekerjaan proyek.

“ Pemda harus melibatkan semua unsur yang berkepentingan terkait paket pekerjaan, agar tidak menjadi ancaman hukum bagi para pihak ketiga dan Pemda sendiri.” Jelasnya.

Baca Juga  PAD Halut Makin Buruk Tak Ada Kemandirian Fiskal

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Halut, membenarkan bahwa paket pekerjaan dibayarkan 50 persen di APBD 2023 dan 50 persen di peluncuran APBD 2024.

“ Kami akan panggil rapat tatap muka, bersama Dinas yang punya paket pekerjaan dan para pihak ketiga Kontraktor, untuk kesepakatan mekanisme pembayaran,” bebernya.

peliput Kibo

editor Kibo


Bagikan

Baca Juga

Headline

Bawaslu Halut Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu Tahun 2024

Headline

NHM Terima Kasih KPK Kerja Nyata Usut Tuntas Dugaan Suap di Pemprov Malut

Headline

Kemendikbudristek Ajak NHM Kerja Sama Program BIPA

Headline

KPK Sasar Lima Bos Tambang di Malut

Headline

TNI Dan Pramuka Kekerjasama Bentuk Generasi Muda Berdedikasi

Headline

Kedatangan Paslon Capres Cawapres Amin di Malut Tunda Januari 2024

Headline

Bawaslu Gandeng BEM se Halut Jadi Mitra Pengawasan Pemilu 2024

Headline

Kampanye Perdana Ketua DPD PDI-P Malut Di Desa Daeo Disambut Meriah: Ini Kata Ayah Erik