Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Headline

Rabu, 31 Januari 2024 - 16:02 WIT

Proyek Dishub Halut Rp 11,4 Miliar Diduga Bermasaalah


Foto Kondisi Proyek Dishub di Pelabuhan Fery Gorua Tobelo

Foto Kondisi Proyek Dishub di Pelabuhan Fery Gorua Tobelo

Bagikan

Polres Halut Mulai Lidik Dishub Halut

TOBELO-Mahabari.com, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dibawah komando Muhammad Asri Tapi Tapi menyisahkan Problem. Buktinya disenyalir ada Dugaan Proyek Miliki Dishub Halut senilai Rp 11,4 Miliar bermasaalah, berpotensi merugikan keuangan Negara.

Dugaan Proyek menelan miliaran rupiah itu, Sudah menjadi Perhatian Kepolisian Resort (Polres) Halut. Penegak Hukum lansung mulai mengusut sejumlah proyek milik Dishub Halut tahun 2022.

Kapolres Halmahera Utara, AKBP Moh. Zulfilar Iskandar SIK melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Halmahera Utara, IPTU M. Thoha Alhadar membenarkan bahwa, pihaknya tengah melakukan penyeledikikan sejumlah proyek milik Dishub Halut yang diduga bermasalah, ” Iya benar, kami sudah memanggil pihak-pihak terkait di Dinas Perhubungan Halmahera Utara, untuk kepentingan penyelelidikan,” Kata Kasat Reskrim Polres Halmahera Utara, IPTU M. Thoha Alhadar, Rabu (30/01/2024).

Baca Juga  Muhammadiyah Haltim Galang Dana Bagi Warga Palestina

Menurut IPTU Thoha, proyek yang sementara di Lidik itu, berlokasi di Pelabuhan Fery Tobelo  kecamatan Tobelo Utara tahun 2022.

Baca Juga  Wakapolda Malut: Anggota Polri Harus Netral di Pemilu 2024

Diketahui proyek yang dikerjakan CV. Multi Bangun Persada yakni Rehabilitasi Causeway (Fasilitas Perairan) yang bernomor kontrak 04.c/SP.PPK/RD/Dishub-HU/2022 dengan nilai kontrak Rp. 1.865.288.000.

Kemudian proyek rehabilitasi jalan lingkungan dan area parkir (Fasilitas Darat) bernomor kontrak 04.e/SP.PPK/RD/Dishub-HU/2022 dengan nilai kontrak Rp. 7.877.210.000,-.

Sementara CV. Ifthi Anugerah yang memenangkan tender proyek Rehabilitasi Dermaga bernomor kontrak 4.a/SP.PPK/RC/Dishub-HU dengan nilai kontrak Rp. 1.663.039.181,- Seperti kerab terjadi Plafon ruang tunggu pelabuhan tersebut sudah dua kali ambruk meski telah di perbaiki.

Baca Juga  Kodim 1508 Tobelo Rehab Rumah Warga

Pekerjaan proyek fisik yang diketahui dikerjakan oleh dua perusahan yakni CV. Multi Bangun Persada dan CV. Ifthi Anugerah yang menelan anggaran sekitar Rp. 11,4 Miliar diduga bermasalah.

Proyek tersebut dikerjakan pada 2022 lalu. Dan progresnya pun pernah adendum dengan denda 2 persen. Namun tidak diselesaikan dengan jangka waktu yang termaktub dalam adendum. Bahkan saat pengerjaan pagar terkesan amburadul prosesnya.


Bagikan

Baca Juga

Headline

Bawaslu Dinilai Masuk Angin Lambat Respon Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Headline

Kadishub Minta BP2RD Cetak Karcis Sesuai Perda Baru

Headline

PT NHM Penuhi Penanaman DAS di Galela Selatan

Headline

Jelang Natal Tahun Baru Harga Cabe Rawit Dan Keriting Melambung Tinggi

Headline

Siltap Tertunggak Enam Bulan Para Kades Ancam Lumpuhkan Pelayanan di Desa

Headline

CV TJK Diduga Kurangi Volume Pekerjaan Jalan Lingkar Desa Seki Galela Selatan

Headline

Bela Peduli, Bukber 1445 H, Dihadiri 1600 Kaum Duafa Dan Anak Yatim
UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan, Halmahera Selatan

Headline

UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan Selama Ramadhan 1445 H/2024 M