Home / Pendidikan

Senin, 6 Juni 2022 - 17:39 WIT

LLDIKTI Wilayah XII Buat Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian di UMMU Ternate


MAHABARI, TERNATE- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII membuat pelatihan pendampingan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se- Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 – 7 Juni 2022 di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate dan menghadirkan Pemateri Prof. Apriana Toding, ST., MEngSE., PhD dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

Apriana Toding saat dikonfirmasi mahabari.com mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan animo dari para dosen dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII untuk mengajukan proposal.

Baca Juga  UMMU Ternate Sikapi Tuntutan Kesejahteraan Dosen dan Pegawai

“Memang di tahun ini, para dosen banyak mengajukan proposal tetapi banyak yang tidak lolos, sehingga kita berharap dengan ada pendampingan ini semua proposal yang tidak lolos, bisa menjadi lolos di tahun depan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dosen yang telah mengikuti kegiatan pada hari ini, bisa menyusun proposal yang baik dan benar dengan mengikuti tahapan dalam pengisian subtansi, sehingga dapat terbiasa melakukan penelitian.

Baca Juga  Seorang Mahasiswa IAIN Ternate Dipukul Oknum Security Kampus

Kata Apriana, dalam pengajuan kali ini masih sedikit yang masuk Klaster Madya dan lebih banyak yang Binaan, artinya bahwa di Maluku Utara ini peluang untuk mengajukan penelitian dosen pemula itu banyak.

Sehingga dana stimulus dari pemerintah itu bisa diambil semua oleh dosen yang memang mengajukan penelitian sebagai dosen pemula.

“Karena dana untuk dosen pemula itu stimulus, karena bagi dosen yang mau belajar untuk melakukan penelitian, skema penelitian dasar dosen pemula, ini yang bisa diajukan dan itu juga bisa menghasilkan luaran publikasi nantinya,” ungkap dia.

Baca Juga  Dorong Pengembangan Penelitian dan SDM, UT Ternate Jalin Kerjasama BALITBANGDA Maluku Utara

Lanjutnya, jika sudah menghasilkan luaran publikasi, berarti persiapan dosen untuk mendapatkan dana hibah yang lebih besar dari Dikti, sebab targetnya adalah dana dari Riset Dikti yang namanya DRTPM.

Kalau dosen dapat melakukan penelitian, maka itu sudah secara langsung melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, artinya bahwa telah melakukan pengajaran, penelitian, pengabdian dan itu memang yang harus di lakukan oleh para dosen, ungkapnya.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI

Baca Juga

Budaya

Ikatan Alumni Univeritas Terbuka Beri Bantuan Suku Togutil
Foto Siswa SMP Dan SMA Di Mobil Pick Up Satpol PP

Hedline

Terciduk Nongkrong Di Cafe, 12 Pelajar Diamankan Satpol PP Kota Ternate

Home

Ini Empat Prodi Di UMMU Ternate Yang Paling Diminati Camaba

Pendidikan

Calon Wisudawan Fakultas Teknik Demo Terkait Penundaan Wisuda UMMU Ternate

Pendidikan

Sebanyak 159 Mahasiswa Universitas Terbuka Ternate Ikut Wisuda

Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan di Haltim

Pendidikan

Prodi Ilmu Pemerintahan UMMU Ternate Gelar Kuliah Birokrasi di Era 4.0

Pendidikan

Dorong Pengembangan Penelitian dan SDM, UT Ternate Jalin Kerjasama BALITBANGDA Maluku Utara