Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Redaksi

Kamis, 10 November 2022 - 10:59 WIT

Komisi III DPRD Kota Ternate Mepertanyakan Kualitas Jalan Hotmix Yang Sudah Berlubang


Bagikan

MAHABARI TERNATE – Terkait jalan Hotmix yang sudah berlubang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate minta Dinas PUPR untuk panggil Kontraktor jalan agar di evaluasi. Hal ini disampaikan Angota Komisi III Fahri Bachdar kamis (10/11/2022).

Fahri saat di wawancara Mahabari.com mengatakan, pekerjaan jalan hotmix yang mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang tertuang dalam APBD Kota Ternate kalau sudah ada yang rusak maka harus segera di perbaiki. Kerusakan jalan, baik itu ringan atau berat sebelum waktu di yang di tentukan, maka kontraktor jalan itu yang bertanggungjawab hal tersebut.

Baca Juga  Kadis PUPR Kota Ternate Akui Beberapa Titik Jalan Hotmix Sudah Mulai Berlubang

Hal ini juga menjadi bahan evaluasi buat Dinas PUPR. Karena secara pengawasan teknis itu harus intens dari Dinas terkait dan harus turun langsung ke lokasi, agar supaya dilihat bagaiman kualitas jalan yang di kerjakan tersebut. Karena Dinas PUPR sebagai penanggungjawab.

Kenapa jalan tersebut yang di kerjakan itu gampang rusak sementara waktu pekerjaan jalan belum lama. Apakah pekerjaan tidak yang di kerjakan itu tidak memenuhi standar yang, di tetapkan, sehingga kualitas jalan itu bisa cepat rusak ataukah ada hal lain.

“Kata Fahri Ini harus menjadi catatan penting buat Dinas PUPR. Sehingga pekerjaan jalan yang belum lama tapi sudah rusak ini tidak terjadi lagi dan jalan hotmix di beberapa titik yang rusak itu segera di perbaiki.

Baca Juga  Sebanyak 159 Mahasiswa Universitas Terbuka Ternate Ikut Wisuda

Karena kontraktol jalan itu di dalam pelaksanaan fisik selesai, maka ada masa pemeliharaan 180 hari atau 6 bulan. Jadi dalam masa itu ketika ada jalan yang rusak maka kontraktor itu yang harus memperbaikinya.

Menurutnya, yang terpenting di dalam pekerjaan jalan hotmix ini adalah harus mendapat pengawasan yang baik oleh Dinas PUPR. Sehingga mutu pekerjaan jalan hotmix tersebut ini kualitasnya bisa di pertanggungjawabkan, menimal hasil jalanya bagus dan berkulitas.

“Dari komisi III DPRD kota ternate, kalau terkait dengan hal ini insya Allah, ada ruang tertentu kami akan turun ke lokasi untuk mengkroscek langsung ke ruas jalan hotmix yang rusak, yang terjadi di beberapa titik itu.

Baca Juga  Rahmat D. Bassai Resmi Pimpin IMM Cabang Sula Periode 2022-2023

Kalau memang benar terjadi kerusakan, maka Komisi III akan mengundang Dinas PUPR dan kontraktor pelaksana untuk melakukan rapat bersama dalam rangka mengevaluasi dan mencari solusi bersama terhadap pekerjaan jalan hotmix tersebut. Ucapanya

“Harapanya terhadap pekarjaan jalan hotmix ini harus ada pengawasan yang intens dari Dinas PUPR, sehingga mutu atau kualitas dari jalan itu benar-benar bisa di jamin dan memiliki daya tahan yang lama terhadap jalan tersebut.

Peliput : Fahrun


Bagikan

Baca Juga

Redaksi

Sebanyak 215 Calon Anggota Panwascam di Halut Lolos Verifikasi Administrasi

Kata Mereka

DPP KNPI Minta Presiden Jokowi Segera Pecat Luhut dari Jabatan Menko Marves

Lokal

Proyek Jalan Hotmix di Kota Ternate Senilai 1,2 Milyar Sudah Berlubang

Lokal

Ketua DPRD Kota Ternate Sesalkan Kenaikan Secara Sepihak Tarif Angkutan Umum

Redaksi

IMM Sula Angkat Bicara Terkait Penanganan Pemerintah Paska Banjir Desa Baleha

Redaksi

Lurah Moya Berharap Dapat Bantuan Kendaraan Pengangkut Sampah

Kesehatan

Dinkes Kota Ternate Masih Tunggu Inspeksi BPOM di Apotik Terkait Kasus Gagal Ginjal di Sejumlah Daerah

Lokal

Bupati Ubaid Letakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Kibaid Jemaat Buli