Home / Redaksi

Rabu, 5 Oktober 2022 - 16:50 WIT

KM Tatamailau Disiapkan PT Pelni Untuk Jadi Hotel Terapung Saat Sail Tidore 2022


MAHABARI, TIDORE- Dalam mensukseskan pelaksanaan Sail Tidore November mendatang, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus mempersiapkan terkait akomodasi penunjang Sail Tidore.

Hal tersebut dilihat pada rapat Koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Laut yang membahas terkait Kapal Pelni sebagai akomodasi terapung dalam mendukung Sail Tidore melalui zoom meeting, diruang rapat Wali Kota, Rabu (5/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Pihak PT Pelni Berryl mengatakan, PT Pelni sangat support atas rencana kegiatan Sail Tidore karena sebelumnya berdasarkan komunikasi dengan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditjenlala) bahwa telah disediakan tiga skema atas penggunaan kapal yang akan digunakan pada Sail Tidore, yakni KM Sinabung dengan kapasitas 2.000 orang , KM Tatamilaut dengan kapasitas 1.000 orang dan KM Saria dengan kapasitas 500 orang.

Baca Juga  Pembangunan Proyek Anjungan Makassar Timur Minta Tambahan Anggaran

“Namun dengan mengoptimalkan kapasitas kapal, kami dari PT Pelni merekomendasikan untuk menggunakan KM Tatamilaut dengan kapasitas 1.000 orang sehingga tidak terlalu besar ataupun untuk kapasitasnya sendiri bisa mencukupi secara akomodasi,” jelas Berryl

Dia menambahkan, KM Tatamilaut ini juga berlabu di Pelabuhan Trikora Kota Tidore secara operasional bisa memungkinkan untuk digunakan sebagai hotel terapung dalam mendukung pelaksanaan Sail Tidore.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan mengatakan, acara puncak Sail Tidore 2022 akan dilaksanakan pada 24-29 November mendatang, sehingga sesuai dengan surat Wali Kota kepada Dirjen Perhubungan Laut terkait dengan kapal Pelni sebagai akomodasi hotel terapung dalam mendukung pelaksanaan Sail Tidore.

Baca Juga  Gelar Jum'at Curhat, Kapolsek Galela Sampaikan Pesan Persatuan

“Kami panitia lokal Sail Tidore meminta kapal Pelni untuk dijadikan akomodasi terapung dengan kapasitas 2.000 GT, karena diperkirakan jelang sail Tidore yang hadir di lokasi Sail Tidore kisaran 2.000 pengunjung, namun kami juga menyesuaikan dengan keuangan Daerah,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, untuk petugas di pelabuhan Dinas Perhubungan akan bekerjasama dengan KUPP Syahbandar Soasio dengan petugas lokal Dishub Kota Tidore dan Dishub Provinsi Malut untuk mengatur terkait pengaturan mekanisme di atas kapal.

“Kami panitia lokal sangat setuju jika KM Tatamilaut akan hadir pada pelaksanaan Sail Tidore, namun kami Pemerintah Daerah sangat mengharapkan agar satu minggu atau empat hari sebelum pelaksanaan Sail Tidore, KM Tatamilaut sudah stay di Pelabuhan Trikora sebagai pendukung akomodasi hotel terapung pelaksanaan Sail Tidore, karena jarak antara Pelabuhan Trikora ke lokasi Sail hanya berjarak sekitar 300 atau 400 meter,” terang Daud.

Baca Juga  Pemuda Muhammadiyah Haltim Panen Jagung

Dia mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah berterima kasih dan bersyukur atas bantuan Menteri Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jendral Perhubungan laut dan pihak PT Pelni atas kerjasama dalam menghadirkan kapal Pelni sebagai akomodasi hotel terapung dalam mendukung Sail Tidore.

“Mudah- mudahan ini dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat khususnya para pengunjung Sail Tidore serta dapat membantu Pemerintah Kota Tidore untuk mensukseskan Sail Tidore,” kata Daud.

Peliput: Kru
Editor: ZI

Baca Juga

Hukum

Polres Ternate Lakukan Apel Siaga Pengamanan Aksi Kenaikan Harga BBM

Lokal

Penandatangan MOU Walikota Ternate dan AMPUH. Dalam Percepatan Pembangunan Dermaga Pulau Hiri 2023

Redaksi

DPD IMM Maluku Utara Periode 2022- 2024 Resmi Dilantik

Ekonomi

Gagal Atur Pedagang, DPRD Kota Ternate Nilai Disperindag Tidak Tegas

Redaksi

Kodim 1508/Tobelo Lakukan Pembinaan Lingkungan Hidup di Pantai Tanjung Pilawang

Kata Mereka

DPP KNPI Minta Presiden Jokowi Segera Pecat Luhut dari Jabatan Menko Marves

Lokal

4 Bulan Gaji Pemdes Belum Dibayar, Sejumlah Kades Ancam Demo Pemda Halut

Redaksi

Kepala DP3A Malut: R.A Kartini Merupakan Semangat Juang Perempuan Indonesia