Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Hedline

Jumat, 22 September 2023 - 18:43 WIT

Kasdim 1501 Ternate Beri Materi Peningkatan Kapasitas ke Pemdes dan BPD


Foto Kasdim 1501 Ternate berikan materi di Hotel Grand Majang Ternate

Foto Kasdim 1501 Ternate berikan materi di Hotel Grand Majang Ternate

Bagikan

TERNATE- Mahabari.Com, Kasdim 1501 Ternate, Letkol Inf Robi Manuel, menjadi pemateri dalam acara pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan Badan permusyawaratan desa (BPD), Jumat (22/09/2023). Bertempat di hotel Grand Majang.

Pelatihan tersebut diperuntukkan untuk Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari berbagai daerah di Provinsi Maluku utara.

Pada kesempatan itu, materi yang dipaparkan oleh Kasdim 1501/Ternate Letkol Inf Robi Manuel, S. Sos menjelaskan tantangan kepemimpinan di desa dan apa arti kepemimpinan.

“Tantangan kepemimpinan di desa itu mencakupi 3 aspek, yaitu pengelolaan pemerintahan dan pembangunan desa semakin kompleks, dana desa semakin besar membutuhkan pengelolaan yang bertanggung jawab dan perkembangan teknologi informasi membawa dampak positif dan negatif di desa,” terang Kasdim.

Baca Juga  Musdalub PD Tidar Malut Sukses Digelar

Dibutuhkan kepemimpinan yang berintegritas, inovatif, efektif dan konstruktif di desa. Selanjutnya, kepemimpinan itu berakar pada kearifan lokal.

“Kearifan lokal itu adalah pandangan hidup suatu masyarakat diwilayah atau lingkungan alam tempat mereka tinggal yang sudah menjadi kebiasaan dan kepercayaan turun menurun,” jelasnya.

Transformasi kearifan lokal dalam kepemimpinan Indonesia dapat dilihat dengan nilai – nilai kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Baca Juga  FAKEP dan IAKL Kecam Dugaan Pelecehan Oknum Perawat RSUD Chasan Boesorie

Untuk itu, melalui pelatihan ini diharapkan setiap kepala desa dan BPD agar meningkatkan dalam manajemen pemerintahan desa.

“Saat ini, desa dituntut untuk mampu mengelola anggaran yang cukup besar, sehingga Kades, perangkat desa dan BPD harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan. Rajin berdiskusi dan membaca aturan, manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan dalam menjalankan pembangunan di desa masing-masing,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kasdim menjelaskan tentang tantangan kepemimpinan desa di era digital dimana perkembangan teknologi informasi dapat mempengaruhi perilaku masyarakat desa, dibutuhkan pemimpin yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam memperkuat pemerintahan desa dan pembangunan desa dipahami dan kompetisi dalam pembangunan semakin ketat, sehingga dibutuhkan pemimpin yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga  Kepsek SMP-N 1 Ternate Akui 8 Siswanya Bolos Saat Jam Belajar

“Pada kesempatan ini kami selaku pemerintah desa menyampaikan banyak terimakasih kepada Bapak Kasdim Letkol Inf Robi Manuel, S.Sos, yang telah memberikan materi pelatihan peningkatan ke pemimpinan aparatur Desa dan bisa mewujudkan perkembangan kemajuan Desa kami.” Akhirinya.

Peliput M Faisal

Editor Kibo


Bagikan

Baca Juga

Foto Surat Suara Yang Tidak Ditandatangani KPPS Sehingga Dinyatakan Tidak Sah

Hedline

Fatal Surat Suara Sebanyak 222 Di TPS 08 Kel Tabona Dinyatakan Tidak Sah

Hedline

Bakar Sampah Dihalaman, Satu Unti Rumah Sewaan Ludes Dilahap Api

Hedline

FAKEP dan IAKL Kecam Dugaan Pelecehan Oknum Perawat RSUD Chasan Boesorie
Foto Hitung Ulang Surat Suara Yang Terdapat Kesalahan Angka Pada From C Palno

Hedline

PPK Selatan Kejar Deadline, Dua Kelurahan Belum Selesai

Hedline

Walikota Ternate Minta Hentikan Pekerjaan Pemerataan CV Dragon

Hedline

Golkar Target Ketua DPRD Kota Ternate Pada Pileg 2024

Hedline

Bawaslu Malut Belum Pastikan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anak Kandung Gubernur

Headline

Kios dan Rumah Milik Warga Kao Ludes Terbakar