Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Headline

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:56 WIT

Gelar Akreditasi RSUD Tobelo Optimis Dapat Skor Nilai Tinggi


Bagikan

TOBELO-Mahabari.Com, RSUD Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Rabu (25/10) gelar penilaian akteditasi. Agenda itu dinilai lansung Tim penilai Kareditasi selama dua hari 25  hingga 26 Oktober 2023. RSUD Optimis bisa meraih skor nilai tinggi usai hasil penilaian.

Agenda pembukaan peniliaian Akreditasi yang dinilai oleh LARS-DHP, dibuka lansung oleh Bupati Halut Ir Frans Manery, dihadiri Asisten II Setda Halut Bidang Administrasi Umum, dr. Devi Bitjoli, Tim Survei Re-Akreditasi, dr. Yusran Antonius, dr. Hesina Johanna Huliselan, seluruh dokter dan pegawai RSUD Tobelo serta para asesor Interal.

“Harapan kami secara institut RSUD tobelo dapat memperoleh akreditas paripurna,sesuai SOP RSUD suda terakreditasi. kami bakal  mempertahankan akreditas peripurna tahun ini.” Ujar Dirut RSUD Tobelo dr Janta.

“RSUD Tobelo kini sudah lulus di tingkat perdana sesuai dengan adanya survei akreditas, yang telah dilaksanakan pada tahun 2016, pada Tahun 2023 ini, kami akan mempertahankan kareditasi paripurna.” Katanya.

Baca Juga  Seorang Sipir Lapas Kelas IIA Ternate, Terlibat Peredaran Narkotika Di Malut

Direktur RSUD Tobelo dr Janta Bony mengatakan,  bahwa status akreditasi adalah wajib sesuai disyaratkan perundang-undangan atas status sebuah Rumah Sakit.

Akreditasi ini, terdapat banyak hal dinilai oleh tim penilaian akreditasi. Seperti  pelayanan, hak dan keselamatan pasien, sarana dan prasarana pendukung Rumah sakit. Termasuk kenyamanan pasien dan pekerja serta kepatuhan terhadap aturan.

“Kami tetap optimis perolehan Akreditasi Paripurna dapat kita raih. Seperti apa standar operasional prosedur (SOP) sebagai RSUD yang terakreditasi. Dan kami targetkan, RSUD tetap mempertahankan Akreditasi Paripurna,” harapnya.

Sementara Ketua tim Akreditasi Interal RSUD Tobelo, drg Suharyanto, mengatakan, kegiatan penilaian akreditas pada tahun 2023 ini, menjadi salah satu program pemerintah untuk pihak rumah sakit sebagai mutu  meningkatkan maupun keselamatan bagi masyarakat atau pasien.

Baca Juga  NHM Tegaskan Netralitas dan Junjung Tinggi Asas Luber Jurdil Pemilu 2024

“Penilaian yang di laksanakan pada tahun 2016 dan 2019, RSUD tobelo sudah mendapatkan penilaian akreditas paripurna bintang 5 dari KARS.”Cetusnya.

Lanjut Ia, Sebelum berjalanya kegaiatan , pihak LARS-DHP mempersiapan dari jau hari sejak 21 Oktober 2023 untuk menjadi penilaian akreditas. tim surveyor RSUD tobelo telah mempersiapkan dengan baik dari segi dokumen.

“pada tangal 25 oktober dapat melaksanakan penilaian secara luring maupun secara langsung,dan di siapkan beberapa Dokumen untuk menjadi penilaian apakah sesuai atau tidak,” Kantanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Proses akteditasi ini, terdapat dalam tiga bidang,  segi menejerial, kemudian dari segi medis dan Keperawatan.

“kegiatan ini harapan kita bahwa RSUD Tobelo mendapatkan status paripurna dengan baik dan hal yang paling terpenting dan diutamakan adalah pelayanan terhadap masyarakat.” Jelasnya.

Baca Juga  Ketua DWP Morotai Minta HUT DWP Ke-24 Dijadikan Bahan Evaluasi Dan Intropeksi

Sementara Bupati Halut Frans Manery mengatakan bahwa ,harapan besar RSUD tobelo dapat memiliki level yang lebih baik, dan dapat meningkatkan akreditas dengan baik.

“ Selaku Pemda Halut, tetap menjadikan RSUD sebagai tempat   untuk pelayanan terhadap masyarakat.” Ujarnya

Lanjut ia, Frans mengaku sejak tahun 2015, RSUD Tobelo belum mempunyai status, nanti di tahun 2016 dilakukan penilaian perdana, dan pada tahun 2019 dilakukan penilaian akreditasi sehingga memperoleh status paripurna bintang 5, Tipe C. RSUD Tobelo, sekarang ini menjadi rumah sakit rujukan dari kabupaten terdekat, seperti Morotai, Haltim,maupun Halteng.

” harapan besar  juga untuk RSUD Tobelo lebih khsusnya pada desain mengenai dengan infrastruktur yang lebih baik dan beberapa perlatan RSUD tobelo maupun manajemen yang lebih baik,agar dapat melayani masyarakat denga baik”katanya Bupati.

Peliput Vikri

Editor Jumar


Bagikan

Baca Juga

Headline

Bupati Haltim Lantik Kades PAW Desa Sidomulyo
UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan, Halmahera Selatan

Headline

UMMU Berdakwah di Fluk Obi Selatan Selama Ramadhan 1445 H/2024 M

Headline

NHM Menuju Beyond Compliance, Pakar Lingkungan Takjub Hijaunya Gosowong

Headline

Musdalub PD Tidar Malut Sukses Digelar

Headline

Optimis Raih Tambahan Kursi DPRD Gerindra Usung Kader Terbaik di Pilkada 2024

Headline

686 Kendaraan Pemda Halut Tunggak Pajak Rp 3 Miliar

Headline

Bawaslu Gandeng BEM se Halut Jadi Mitra Pengawasan Pemilu 2024

Headline

Siltap Tertunggak Enam Bulan Para Kades Ancam Lumpuhkan Pelayanan di Desa