Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Headline

Jumat, 8 September 2023 - 15:55 WIT

DPRD Halut Bakal Sasar Tambang Tidak Aktif


Foto Ketua DPRD Janlis G Kitong

Foto Ketua DPRD Janlis G Kitong

Bagikan

Janlis : Jika Ada Perusahan Galian C Tak Miliki Izin Siap di Proses Hukum

TOBELO-Mahabari.Com, Sejumlah Perusahan Tambang di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) disenyalir suda tidak aktif beroperasi. Hal itu mendapat perhatian khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halut. Tak lama lagi, DPRD bakal menyasar dengan memanggil seluruh perusahaan yang suda tidak aktif.

Pasalnya tidak beroperasinya sejumlah Perusahan itu, dapat merugikan Pemerintah Daerah (Pemda) Halut. Tak segan segan Ketua DPRD Halut Janlis G Kitong bakal bertindak tegas menyasar sejumlah Perusahan tidak aktif.

Baca Juga  GMKI Tobelo Ketemu Sekda Hering Bahas Tuntutan Aksi

” Kita sudah agendakan, pekan depan memanggil perusahan-perusahan yang ada di Halut,” kata Ketua DPRD Halmagera Utara, Janlis Gihanua Kitong, Jumat (08/09/2023).

Menurut Janlis, pemanggilan itu untuk dimintai keterangan terkait dengan keberadaan perusahan di Halut yang belum beroperasi,” Kami ingin tahu, apakah perusahan tersebut izinnya sudah kadaluarsa atau ada permasalahan lain sehingga sampai saat ini belum juga beroperasi,” ujarnya.

Lanjut Janlis bahwa, Perusahan tidak lagi beroperasi seperti PT. Emeralad Ferrochromium Industry (EFI) yang berlokasi di desa Gulo kecamatan Kao Utara dan PT. Capitol Kasagro (CSO) di Kecamatan Galela, yang dikabarkan telah memberhentikan operasinya. ” Nah Perusahan ini, sudah tidak ada kabar sama sekali, padahal sudah membangun kantor dan melakukan pembebasan lahan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Jelang Natal Tahun Baru Harga Cabe Rawit Dan Keriting Melambung Tinggi

Lebih lanjut Janlis, pihaknya juga akan memanggil perusahaan pertambangan galian C yang beroperasi di wilayah Kabupaten Halut yang tidak mengantongi izin,” Semuanya kita panggil, agar mengetahui apakah mereka melaksanakan pertambangan di Halut telah mengantongi izin atau tidak, ” jelasnya.

Janlis mengecam dalam rapat nanti pihaknya juga melibatkan instansi terkait seperti Kejaksaan, dan Kepolisian, agar nanti jika terdapat pelanggaran hukum baik itu perdata maupun pidana, maka akan direkomendasi ke pihak berwajib, ” Kami akan rekomendasikan ke pihak berwajib jika ditemukan dugaan penyalahgunaan izin atau lainnya,” tegasnya.

Baca Juga  Wartawan Dipersulit Liput Paripurna DPRD

Lebih lanjut Janlis tindakan DPRD itu, untuk kepentingan daerah, sebab menurutnya banyak potensi-potensi daerah yang sudah dikelola, namun hasilnya tidak masuk ke daerah, ” Untuk diketahui, kami DPRD juga mendorong untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), banyak sekali potensi daerah yang belum maksimal di kelola oleh instansi terkait,” Akhirinya.

Peliput Kibo.


Bagikan

Baca Juga

Headline

Ketua DPRD Bantah Tudingan Abner Nones
IPEMI Cabang Ternate Lakukan Foto Bersama Anak-anak Pondok Pesantren Hafiz Qur'an Gambesi.

Headline

Jelang Idul Fitri, IPEMI Kota Ternate Salurkan Peket Sembako Ke Panti Asuhan Dan Pondok Pesantren

Headline

Seleksi Calon Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten Resmi Dibuka

Headline

Firman Mhudfar Sjha Siap Bertarung Di Pilwako Kota Ternate

Headline

Tim Lingkungan dan Masyarakat Kao Kembali Menanam 1000 Bibit Mangrove di Desa Kao

Headline

Rivaldo Djini Siap Hadang Empat Calon Ketua di Konfrensi Askab Halut

Headline

Kepala UPT PLN Darub Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Jelang Nataru

Headline

Bupati Diminta Copot Kadisnaker Halut