Kadishub Kota Ternate
Nurjaya Hi Ibrahim

Home / Pendidikan

Kamis, 24 Maret 2022 - 19:07 WIT

Dorong Pengembangan Penelitian dan SDM, UT Ternate Jalin Kerjasama BALITBANGDA Maluku Utara


Bagikan

Sofifi (24/03/2022), Dalam Rangka Penyelenggaraan Kerjasama Program Penelitian dan Pengembangan daerahMaluku Utara, telah dilaksanakannya kegiatan Penandatangan Perjanjian Kerjasama BALITBANGDA Maluku Utaradengan Universitas Terbuka Ternate tentang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di ruang rapat kantor gubernur propinsi Maluku Utara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Samsuddin Abdul Kadir (Sekda propinsi Maluku Utara), Mulyadi Wowor (Kaban Balikbangda), Effendi (Direktur UT Ternate), dan 37 peserta yang mewakili SKPD di lingkup kantor gubernur Maluku Utara. Dalam pembukaan kegiatan yang dibuka oleh Samsuddin Abdul Kadir, Sekda Maluku Utara mengatakan Universitas Terbuka (UT) merupakan universitas pelopor pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi komunikasi. Ketika dimasa sekarang universitas lainnya baru memulai pembelajaran online, dan UT sudah memulai sejak dulu, sehingga dengan begitu UT menjadi contoh terbaik.

Apalagi melalui kerjasama ini maka diharapkan peran UT dapat mengembangkan kualitas SDM di propinsi Maluku Utara, terutama pada bidang penelitian dan pengembangan daerah Maluku Utara. Mulyadi Wowor Kaban Balitbangda juga memberikan pendapat bahwa bidang Balitbangda khususnya pemerintah daerah provinsi Maluku Utara pada umumnya berharap bahwa kerjasama yang hari ini kita tandatangani ini akan bisa memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di provinsi Maluku Utara khususnya bagi ASN dan adanya kesempatan kita dalam penelitian kolaborasi Pemda dengan Universitas Terbuka Ternate, kemudian dalam pengabdian masyarakat.

Baca Juga  Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unkhair Ternate Gelar Bincang Puisi

Menurut saya hal-hal ini yang sangat dibutuhkan saat ini peran dan kolaborasi kebersamaan antara UniversitasTerbuka atau perguruan tinggi yang ada di Maluku Utara dengan pemerintah daerah karena di satu sisi kami dari pemerintah daerah juga membutuhkan kepakaran atau orang-orang yang profesional dalam keilmuan yaitu ada di perguruan tinggi berdasarkan hasil-hasil kajian penelitian yang dapat diimplementasikan pada kebijakan pemerintah daerah. Salah atunya yang telah dilakukan oleh Universits Terbuka, sehingga bagi saya sangat strategis hari ini kita tandatangani kerjasama dalam rangka bagaimana sinergi Universitas Terbuka dengan Balikbangda mendukung pencapaian visi misi gubernur provinsi Maluku Utara dan kesejahteraan negeri ini. Effendi Direktur UT Ternate juga menuturkan pendatanganan kerjsama ini antara Universitas Terbuka dengan Balitbangda provisi ini sudah sangat tepat, karena ini sesuai dengan visi dan misi Universitas terbuka di mana UT tetap berpedoman pada pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ketiganya ini sudah relevan dan signifikan sekali jika kerjasama ini diselenggarakan dilaksanakan oleh kedua belah pihak yaitu Balikbanda dan UT Ternate.

Baca Juga  Rektor UMMU Lepas 10 Mahasiswa KKS dan Magang Internasional

Meskipun pada intinya kerjasama ini lebih menitikberatkan pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Maluku Utara namun ada beberapa hal yang penting untuk ditindaklanjuti dari kerjasama ini yaitu pertamanya dalam penelitian dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat mengapa penelitian karena lembaganya sendiri juga yang sifatnya apa di penelitian dan pengembangansama persis dengan melaksanakan penelitian kemudian kajian-kajian temuan hasil penelitian untuk didesiminasikan oleh sebab itu semoga kedepan setelah adanya perjanjian kerjasama ini ASN di wilayah provinsi Maluku Utara khususnya yang telah beralih jabatan dari struktural ke jabatan fungsional itu itu bisa memenuhi persyaratan untuk kenaikan jabatan. PKS ini berlangsung dengan lancar dan pemberian cendramata dari Pemda Maluku Utara yang diwakilkan oleh Sekda Propinsi Maluku Utara kepada Direktur Universitas Terbuka Ternate, dan begitupula sebaliknya pemberian cendramata dari Universitas Terbuka kepada Pemda Propinsi Maluku Utara.

Baca Juga  LLDIKTI Wilayah XII Buat Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian di UMMU Ternate

Bagikan

Baca Juga

Pendidikan

UMMU Ternate Kembali Kirim Mahasiswa Pada Program Internasional di Thailand

Pendidikan

Tuduhan Pungli di SMA Negeri 5 Ternate Tidak Benar, Itu Inisiatif Wali Kelas Yang Minta Partisipasi

Pendidikan

HMTI UMMU Ternate Gelar Milad Ke- 19 Bersama Alumni

Lokal

Orang Tua Murid dan Guru Madrasah Protes Surat Edaran Dari Disdikbud Halut

Pendidikan

902 Siswa SMA DAN SMK Sederajat Di Halmahera Timur Ikuti Ujian Sekolah

Home

UT Ternate bersama SMA 10 Ternate gelar Ramadan To School

Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mulai Dilaksanakan di Haltim
Foto Siswa SMP Dan SMA Di Mobil Pick Up Satpol PP

Hedline

Terciduk Nongkrong Di Cafe, 12 Pelajar Diamankan Satpol PP Kota Ternate