Home / Home

Minggu, 5 November 2023 - 20:32 WIT

Curi Star Kampanye Bawaslu Tidak Beri Ampun Dua Anak Kandung Gubernur Malut


Foto Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris

Foto Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris

Bawaslu Siap Tindak Lanjuti Proses Pelanggaran Kampanye

TOBELO-Mahabari. Com, Bawaslu Kabupaten Halmahera Utara (Halut), geram dengan tingakah Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Muhammad Thoriq Kasuba dan DPRD Provinsi Dapil Halut – Morotai Nazlatun Kasuba. Bawaslu bakal tidak memberi ampun kepada dua anak kandung Gubernur Malut.

Berdasarkan edaran Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam surat bernomor 774/PM/K1/10/2023 yang diteken 27 Oktober 2023. Menandaskan bahwa terhitung mulai tanggal 4-27 November 2023 merupakan waktu larangan kampanye peserta pemilu dan diimbau untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur kampanye pemilu, serta ajakan untuk memilih sebelum jadwal dan tahapan kampanye pemilu dimulai.

Baca Juga  Edisi 01

Meski edaran suda disebar, namun kedua anak kandung Gubernur Maluku Utara yang diusung Partai Gerindra yakni M. Thariq Kasuba Caleg DPR RI dan Nazla Kasuba caleg DPRD Provinsi Dapil Halut-Morotai justru mencuri start kampanye dengan menggelar pertemuan bersama ratusan warga Desa Gulo Kecamatan Kao Utara.

Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris mengatakan, pihak Bawaslu secara tegas menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua caleg Gerindra tersebut.

“Bukti video dugaan kampanye diluar jadwal sudah kita kantongi, secepatnya akan kita tindaklanjut, namun sebelum itu kita melakukan penelusuran terlebih dahulu bagaimana proses pelanggaran itu terjadi. Konstruksinya harus lengkap baru kemudian kita berkesimpulan itu kampanye diluar jadwal. Yang pasti proses penanganan dugaan pelanggaran akan kita tindaklajut.” Ujarnya via telepon seluler.

Baca Juga  Hari Kesaktian Pancasila, Komandan Kodim 1508 Tobelo Ajak Amalkan Pancasila

Lebih Lanjut, Ko mato sapaan akrabnya mengatakan akan meminta keterangan sejumlah pihak yang ada di tempat kampanye terutama Panwas Kao Utara untuk menjelaskan secara rinci dugaan pelanggaran tersebut.

“Sejumlah pihak akan kami mintai keterangan terutama Panwas Kao Utara, apakah dilakukan pengawasan atau tidak. Bahkan caleg yang ada divideo itupun akan kita panggil untuk memberikan klarifikasi. Yang jelas video itu bukti awal untuk kemudian kita kembangkan,nanti di akhir proses penanganan pelanggaran baru kita simpulkan.” Ujarnya.

Baca Juga  Bawaslu Halut Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu Tahun 2024

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada peserta pemilu untuk mematuhi regulasi yang sudah disepakati bersama partai politik dan caleg.

“Bawaslu menghimbau saat ini setelah penetapan DCT semua partai politik dan caleg agar menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan  yang mengandung unsur kampanye, kegiatan kampanye baru dapat dilakukan setelah masa jeda yaitu dimulai tanggal 28 November s/d 10  Februari 2024.” Akhirnya.

Peliput Jazman

Baca Juga

Home

https://mahabari.com/Slug URL

Home

Selama Menjabat AGK Lupa Bangun Wilayah Halut

Home

Gubernur Dan 6 Orang Ditetapkan Tersangka 1 Orang Diminta Serahkan Diri

Home

Mahasiswa Korban Tenggelam di Dorpedu, ditemukan

Headline

Kantor Pusat PW Muhammadiyah Malut Mulai Dibangun

Headline

Bawaslu Dinilai Masuk Angin Lambat Respon Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Home

Daftar Bacaleg Golkar, Hi. Samsul Bahri Umar Optimis Raih Kursi DPRD Provinsi Malut

Home

Kodim 1508 Tobelo Launching Kampung Pancasila di Desa Ta’aga Paca