Home / Politik

Selasa, 24 Mei 2022 - 21:01 WIT

Bawaslu Malut Gelar Diskusi Publik Bersama Ormas dan OKP


MAHABARI, TERNATE- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar diskusi publik, bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), terkait dengan kepemiluan.

Hal ini disampaikan, Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin mengungkapkan, dalam diskusi ini yang diinginkan adalah adanya tanggapan dan masukan terkait dengan sosialisasi pengawasan pemilu parsitipatif yang akan di gelar di tahun 2024 nanti.

Baca Juga  Kembalikan Suara Partai, Bawaslu Malut Gunakan Tiga Jalur

“Kita harus menyerap aspirasi publik, khususnya teman-teman Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda (OKP) dan Non Governmnet Organization (NJO) yang bergerak di bidang pemilu untuk menyampaikan tanggapan, saran kepada Bawaslu untuk menghadapi pemilu 2024,” ungkap Muksin.

Lanjutnya, ini hal yang sangat komple sehingga penting bagi Bawaslu untuk meminta pandangan publik untuk menjadi masukan dalam rangka perbaikan regulasi kedepan, kareka kalau berbicara efektivitas pemilu salah satunya elektroral jastis atau keadilan pemilu.

Baca Juga  Bawaslu Malut Minta, KPU Malut Fasilitasi Hadirkan Form D Hasil Saat Rapat Pleno

“Kegiatan ini alhamdulillah sukses dilakukan, sehingga nantinya kita akan menyampaikan ke Bawaslu RI sebagai pengambil kebijakan tertinggi untuk menata kembali peraturan Bawaslu dalam rangka memperbaiki manajemen tata kelola kepemiluan ke depan,” tutur Ketua Bawaslu Malut.

Dirinya juga berharap, pada seleksi Bawaslu Provinsi yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini, mampu melahirkan anggota Bawaslu yang kompetibel, berintregritas dan memiliki tingkat pemahaman kepemiluannya yang memenuhi standar akademik kepemiluan.

Baca Juga  Timsel Bawaslu Malut Gencar Lakukan Sosialisasi

Dia meminta, agar Tim Seleksi Bawaslu juga harus menghindari tekanan politik dari luar, bekerja secara independen sehingga melahirkan Anggota Bawaslu yang kompetibel.

“Karena pemilu yang berintregritas itu tolak ukurnya ada di penyelenggara pemilu,” terang Muksin Amri.

Peliput: Fahrun
Editor: ZI

Baca Juga

Bersama Ketua DPD Gerindra Sahril Taher (kiri), Walikota Ternate M. Tauhid Soleman (tengah), DPRD Provinsi Terpilih Periode 2024-2029 Machmud Esa (kanan), Juga Sebagai Calon Walikota Ternate Dari Partai Gerindra

Politik

Pilwako: Gerindra Usung Kader Partai. Machmud Esa Siap Bertarung 

Lokal

Komisi II DPRD Ternate Minta Inspektorat Audit Pengelola Gedung Duafa Center

Ekonomi

DPRD Kota Ternate Minta Tim Satgas Intens Lakukan Pengawasan BBM Eceran

Politik

Malik: Tidak Penuhi Panggilan, Fraksi PKB DPRD Kota Ternate Akan Diberi Sanksi

Politik

Kuker ke Malut, Komisi VI DPR RI Minta BUMN Perkuat Industri Baterai

Lokal

Mendaftar di Menit Terakhir, Golkar Halut Siap Gaspol Jelang Pileg 2024

Politik

Ketua KPU Kota Ternate Minta Masyarakat Aktif Kawal Tahapan Pemilu 2024

Politik

Partai Gerindra Baru Berkoalisi Dengan PKB, Partai Lain Masih Sebatas Silaturahmi